Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Pengertian dan Urgensi Filsafat Islam

Pengertian Urgensi Filsafat Islam
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Filsafat, mungkin kata ini menjadi momok bagi sebagian orang. Ada yang bilang terlarang dalam agama (Islam), ada yang bilang susah dimengerti, bahkan ada yang bilang tindakan yang sia-sia. Mungkin bagi sebagian orang justru tidak mengerti dan menganggap filsafat hanya ada di kalangan terpelajar saja. Maka dari itu kita perlu mengenal pengertian dan urgensi filsafat Islam bagi kehidupan.

Filsafat berasal dari bahasa Yunani ‘Philo’ dan ‘Sophia’ yang artinya cinta akan kebijaksanaan. Filsafat merupakan bentuk upaya manusia untuk memahami secara radikal (mendalam sampai ke akar) dan universal mengenai alam (kosmos), manusia (antropos) dan Tuhan (Theos). Dan masih banyak sekali pengertian lain filsafat yang dapat ditemui di berbagai literatur.

Filsafat sering kali digunakan untuk menemukan kebenaran yang sesungguhnya atau kebenaran yang hakiki dengan cara memikirkannya secara mendalam sampai ke akar-akarnya. Dengan berpikir semacam ini akan menumbuhkan kesadaran diri akan makna kehidupan, sehingga filsafat bisa dijadikan sebagai pandangan hidup. Lantas bagaimana dengan pengertian dan urgensi filsafat Islam?

Pengertian filsafat Islam adalah filsafat yang bercorak Islami yang berkembang dalam peradaban Islam. Tokoh-tokoh filsafat Islam diantaranya ada al-Kindi (790-873 M), Ibn Sina (980-1037), al-Farabi (870-950), Fakhruddin al-Razi, Syihab al-Din Suhrawardi, Ibn Arabi, Ibn Rusyd (1126-1198), Mulla Shadra, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang dibahas dalam filsafat Islam ialah mengenai metode pembuktian kebenaran dan aspek ontologi atau hakikat suatu realitas suatu hal, salah satunya yang berhubungan dengan ke-Tuhan-an. Mungkin inilah yang membuat sebagian orang merasa filsafat justru menyesatkan orang yang beriman, karena mereka mengira bahwa segala sesuatu harus rasional dan empiris dalam filsafat, sedangkan keberadaan Tuhan tidak bisa dijangkau rasio manusia. 

Menurut Shaharir mengutip dari Darwis A. Soelaiman (2019), jika filsafat dengan pemikiran rasionalnya melahirkan para rasionalis yang menuhankan akal, maka rasionalisme dalam filsafat Islam melahirkan rasionalis yang yakin akan keterbatasan akal. Jadi, kesesatan dalam iman bukanlah kesalahan belajar filsafat melainkan tergantung bagaimana seseorang itu memahami dan menggunakan filsafat, baik secara keseluruhan atau sebagian saja.

Para filsuf muslim terdahulu mempelajari filsafat bermaksud untuk membela agama Islam serta memelihara kemurnian tauhid sebagai respon terhadap aliran-aliran yang menyimpang. Contohnya Ibn Arabi, beliau seorang Ahlussunah, dengan rasionalisasi filsafat beliau melawan penyelewengan kaum Muktazilah yang menanggap Alquran adalah “baru” dan menganggap Alquran sebagai makhluk.

Urgensi Filsafat

Selanjutnya, yang perlu kita ketahui adalah urgensi filsafat. Yang jelas dari pengertian filsafat sebelumnya, kita mengetahui bahwa lewat metodologi berpikir filsafat yang ketat dan penuh pertimbangan untuk mencapai kebenaran, mengajarkan kepada kita untuk meneliti, mendiskusikan, dan menguji kebenaran dan validitas setiap gagasan dan pikiran akan menjadikan semua itu bisa dipertanggungjawabkan. 

Ditambah adanya krisis modernitas dan banyaknya perkembangan ilmu pengetahuan membuat orang-orang di masa ini mengalami kehampaan spiritual, krisis makna, dan legitimasi hidup, serta mengalami kehilangan visi hidup dan keterasingan, tidak mengenal diri sendiri. Membuat filsafat Islam harus dinaikkan lagi dalam masyarakat Islam.

Selain urgensi filsafat Islam di atas, setidaknya ada tiga manfaat mempelajari dan mengembangkan wacana filsafat dalam kehidupan menurut Haidar Bagir dalam Buku Saku Filsafat Islam (2006). Pertama, dengan filsafat dapat membekali kita untuk memajukan sikap kritis dalam melihat fenomena masyarakat yang ada sekarang ini.

Kedua, dengan filsafat bisa mendorong kaum Muslim agar benar benar memahami kompleksitas persoalan dalam upayanya membangun tatanan kehidupan Islami. Ketiga, dengan menguasai isu-isu filosofis manusia secara umum bisa ikut berpartisipasi dalam upaya mencari tatanan kehidupan terbaik bagi kepentingan semua orang.

Dengan mengetahui pengertian filsafat Islam, urgensi filsafat Islam, dan manfaat filsafat Islam kita diharapkan bisa lebih menyadari, mengapresiasi dan utamanya lebih tertarik untuk mempelajarinya. Karena sesungguhnya urgensi terbesar filsafat Islam adalah demi mengubah dunia menjadi lebih baik.

Rekomendasi

ibnu rusyd metode berfilsafat ibnu rusyd metode berfilsafat

Metode Pembuktian Kebenaran Milik Ibnu Rusyd

Imam Abu al-Hasan Muktazilah Imam Abu al-Hasan Muktazilah

Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari; dari Muktazilah Hingga Kemunculan Mazhab Asy’ari

Imam Abul Hasan al-Asy’ari Imam Abul Hasan al-Asy’ari

Sepuluh Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Membaca Teks Filsafat

Cemburu Ibnu Qoyyim Al-Jauzi Cemburu Ibnu Qoyyim Al-Jauzi

Tingkatan Cinta Menurut Ibnu Arabi

Avatar
Ditulis oleh

Mahasiswa Strata Satu di UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam.

Komentari

Komentari

Terbaru

Perempuan Menjadi Sumber Fitnah Perempuan Menjadi Sumber Fitnah

Benarkah Perempuan Menjadi Sumber Fitnah?

Kajian

stigma perempuan memilih bekerja stigma perempuan memilih bekerja

Stop Stigma Pada Perempuan yang Memilih untuk Bekerja

Muslimah Talk

aturan anjuran mengucap salam aturan anjuran mengucap salam

Anjuran dan Aturan Mengucap Salam dalam Islam

Kajian

bentuk kesetaraan gender islam bentuk kesetaraan gender islam

Bagaimana Bentuk Kesetaraan Gender dalam Islam?

Muslimah Talk

Keluar Darah Istihadhah difasakh Keluar Darah Istihadhah difasakh

Istri Keluar Darah Istihadhah, Bolehkan Difasakh?

Kajian

Keutamaan Menikahi Gadis ghazali Keutamaan Menikahi Gadis ghazali

Keutamaan Menikahi Gadis atau Orang yang Belum Pernah Menikah Menurut Imam Ghazali

Kajian

Kisah Cinta Perempuan Cerdas Kisah Cinta Perempuan Cerdas

Kisah Cinta Perempuan Cerdas dan Pemuda Takwa

Khazanah

bertahan kdrt ketaatan suami bertahan kdrt ketaatan suami

Apakah Bertahan dalam KDRT Merupakan Bentuk Ketaatan pada Suami?

Kajian

Trending

hukuman mendidik dalam islam hukuman mendidik dalam islam

Penerapan Hukuman yang Mendidik untuk Anak dalam Islam

Kajian

Arrijal Qowwamun 'alan Nisaa Arrijal Qowwamun 'alan Nisaa

Bagaimana Memahami Ayat “Arrijal Qowwamun ‘alan Nisaa”?

Kajian

kaki perempuan muslim aurat kaki perempuan muslim aurat

Apakah Kaki Perempuan Muslim Adalah Aurat?

Kajian

khadijah sahnun perempuan agama khadijah sahnun perempuan agama

Khadijah binti Sahnun, Perempuan Ahli Agama dan Politik

Khazanah

The Stoning of Soraya The Stoning of Soraya

Review Film “The Stoning of Soraya”; Suara Perempuan yang Dibungkam

Muslimah Talk

single mom ulama besar single mom ulama besar

Kisah Ibu dari Rabi’ah Ar-Ra’yi, Single Mom yang Didik Anaknya Jadi Ulama Besar

Khazanah

Kemuliaan Bulan Rajab ghazali Kemuliaan Bulan Rajab ghazali

Kemuliaan Bulan Rajab Menurut Imam Ghazali

Kajian

ulama perempuan kupi ii ulama perempuan kupi ii

Peran Ulama Perempuan dalam Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II

Kajian

Connect