Ikuti Kami

Kajian

Pengertian dan Urgensi Filsafat Islam

Pengertian Urgensi Filsafat Islam
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Filsafat, mungkin kata ini menjadi momok bagi sebagian orang. Ada yang bilang terlarang dalam agama (Islam), ada yang bilang susah dimengerti, bahkan ada yang bilang tindakan yang sia-sia. Mungkin bagi sebagian orang justru tidak mengerti dan menganggap filsafat hanya ada di kalangan terpelajar saja. Maka dari itu kita perlu mengenal pengertian dan urgensi filsafat Islam bagi kehidupan.

Filsafat berasal dari bahasa Yunani ‘Philo’ dan ‘Sophia’ yang artinya cinta akan kebijaksanaan. Filsafat merupakan bentuk upaya manusia untuk memahami secara radikal (mendalam sampai ke akar) dan universal mengenai alam (kosmos), manusia (antropos) dan Tuhan (Theos). Dan masih banyak sekali pengertian lain filsafat yang dapat ditemui di berbagai literatur.

Filsafat sering kali digunakan untuk menemukan kebenaran yang sesungguhnya atau kebenaran yang hakiki dengan cara memikirkannya secara mendalam sampai ke akar-akarnya. Dengan berpikir semacam ini akan menumbuhkan kesadaran diri akan makna kehidupan, sehingga filsafat bisa dijadikan sebagai pandangan hidup. Lantas bagaimana dengan pengertian dan urgensi filsafat Islam?

Pengertian filsafat Islam adalah filsafat yang bercorak Islami yang berkembang dalam peradaban Islam. Tokoh-tokoh filsafat Islam diantaranya ada al-Kindi (790-873 M), Ibn Sina (980-1037), al-Farabi (870-950), Fakhruddin al-Razi, Syihab al-Din Suhrawardi, Ibn Arabi, Ibn Rusyd (1126-1198), Mulla Shadra, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang dibahas dalam filsafat Islam ialah mengenai metode pembuktian kebenaran dan aspek ontologi atau hakikat suatu realitas suatu hal, salah satunya yang berhubungan dengan ke-Tuhan-an. Mungkin inilah yang membuat sebagian orang merasa filsafat justru menyesatkan orang yang beriman, karena mereka mengira bahwa segala sesuatu harus rasional dan empiris dalam filsafat, sedangkan keberadaan Tuhan tidak bisa dijangkau rasio manusia. 

Baca Juga:  Peristiwa dan Keutamaan Bulan Sya'ban Menurut Sayyid Muhammad

Menurut Shaharir mengutip dari Darwis A. Soelaiman (2019), jika filsafat dengan pemikiran rasionalnya melahirkan para rasionalis yang menuhankan akal, maka rasionalisme dalam filsafat Islam melahirkan rasionalis yang yakin akan keterbatasan akal. Jadi, kesesatan dalam iman bukanlah kesalahan belajar filsafat melainkan tergantung bagaimana seseorang itu memahami dan menggunakan filsafat, baik secara keseluruhan atau sebagian saja.

Para filsuf muslim terdahulu mempelajari filsafat bermaksud untuk membela agama Islam serta memelihara kemurnian tauhid sebagai respon terhadap aliran-aliran yang menyimpang. Contohnya Ibn Arabi, beliau seorang Ahlussunah, dengan rasionalisasi filsafat beliau melawan penyelewengan kaum Muktazilah yang menanggap Alquran adalah “baru” dan menganggap Alquran sebagai makhluk.

Urgensi Filsafat

Selanjutnya, yang perlu kita ketahui adalah urgensi filsafat. Yang jelas dari pengertian filsafat sebelumnya, kita mengetahui bahwa lewat metodologi berpikir filsafat yang ketat dan penuh pertimbangan untuk mencapai kebenaran, mengajarkan kepada kita untuk meneliti, mendiskusikan, dan menguji kebenaran dan validitas setiap gagasan dan pikiran akan menjadikan semua itu bisa dipertanggungjawabkan. 

Ditambah adanya krisis modernitas dan banyaknya perkembangan ilmu pengetahuan membuat orang-orang di masa ini mengalami kehampaan spiritual, krisis makna, dan legitimasi hidup, serta mengalami kehilangan visi hidup dan keterasingan, tidak mengenal diri sendiri. Membuat filsafat Islam harus dinaikkan lagi dalam masyarakat Islam.

Selain urgensi filsafat Islam di atas, setidaknya ada tiga manfaat mempelajari dan mengembangkan wacana filsafat dalam kehidupan menurut Haidar Bagir dalam Buku Saku Filsafat Islam (2006). Pertama, dengan filsafat dapat membekali kita untuk memajukan sikap kritis dalam melihat fenomena masyarakat yang ada sekarang ini.

Kedua, dengan filsafat bisa mendorong kaum Muslim agar benar benar memahami kompleksitas persoalan dalam upayanya membangun tatanan kehidupan Islami. Ketiga, dengan menguasai isu-isu filosofis manusia secara umum bisa ikut berpartisipasi dalam upaya mencari tatanan kehidupan terbaik bagi kepentingan semua orang.

Baca Juga:  Hukum Bermazhab dalam Perspektif Alquran dan Hadis

Dengan mengetahui pengertian filsafat Islam, urgensi filsafat Islam, dan manfaat filsafat Islam kita diharapkan bisa lebih menyadari, mengapresiasi dan utamanya lebih tertarik untuk mempelajarinya. Karena sesungguhnya urgensi terbesar filsafat Islam adalah demi mengubah dunia menjadi lebih baik.

Rekomendasi

Perempuan Filsafat dan Posthumanisme Perempuan Filsafat dan Posthumanisme

Perempuan, Filsafat, dan Posthumanisme

ibnu rusyd metode berfilsafat ibnu rusyd metode berfilsafat

Metode Pembuktian Kebenaran Milik Ibnu Rusyd

Imam Abu al-Hasan Muktazilah Imam Abu al-Hasan Muktazilah

Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari; dari Muktazilah Hingga Kemunculan Mazhab Asy’ari

Imam Abul Hasan al-Asy’ari Imam Abul Hasan al-Asy’ari

Sepuluh Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Membaca Teks Filsafat

Ditulis oleh

Mahasiswa Strata Satu di UIN Sunan Kalijaga, Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam.

Komentari

Komentari

Terbaru

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect