Ikuti Kami

Kajian

Syariat Islam Mengecam Keras Aksi Bullying 

Syariat Islam Mengecam Keras Aksi Bullying 
Students bullying a teenage red-haired fat girl. Bullying is the use of force, coercion, or threat, to abuse, aggressively dominate or intimidate. Vector illustration.

BincangMuslimah.Com – Zaman yang semakin berkembang ternyata tidak menjamin etika semakin maju. Informasi negatif yang tidak difilter ditambah kurangnya pendidikan akhlak membuat akhlak semakin menurun. Dari sini, tentu banyak hal negatif yang ditimbulkan. Salah satunya adalah bullying. Menyikapi hal ini, sebenarnya syariat Islam mengecam keras aksi bullying atau perundungan. 

Bullying sendiri merupakan salah satu tindakan tercela yang dapat merugikan kobannya, bahkan hingga mempengaruhi kesehatan psikisnya. Bullying dilakukan dalam segala bentuk penindasan atau kekerasan, baik dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat. Bisa juga dilakukan terhadap orang lain yang lebih lemah dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Bullying dapat terjadi dimanapun, bahkan tidak jarang aksi bullying juga terjadi di sekolah. Lantas bagaimana pandangan Islam tentang aksi bullying ini?

Islam adalah agama perdamaian. Tentu hal-hal yang melanggar aturan perdamaian apalagi merugikan ataupun menyakiti orang lain dilarang oleh Islam. Jangankan menyakiti secara fisik, menjelek-jelekkan secara lisan pun dilarang Islam. Sebagaimana firman Allah SWT di dalam QS. Al-Hujurat [49]:11

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا يَسۡخَرۡ قَوۡمٞ مِّن قَوۡمٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُونُواْ خَيۡرٗا مِّنۡهُمۡ وَلَا نِسَآءٞ مِّن نِّسَآءٍ عَسَىٰٓ أَن يَكُنَّ خَيۡرٗا مِّنۡهُنَّۖ وَلَا تَلۡمِزُوٓاْ أَنفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُواْ بِٱلۡأَلۡقَٰبِۖ بِئۡسَ ٱلِٱسۡمُ ٱلۡفُسُوقُ بَعۡدَ ٱلۡإِيمَٰنِۚ وَمَن لَّمۡ يَتُبۡ فَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلظَّٰلِمُونَ

AlloFresh x Bincang Muslimah

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan yang lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diperolok-olok) lebih baik daripada perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.”

Pada ayat di atas Allah melarang untuk saling mengolok-olok ataupun mencela orang lain. Karena bisa jadi orang yang diperolok-olok lebih baik daripada orang yang memperolok. Hal ini menunjukkan betapa Islam menjaga perdamaian. Karena saling mengolok ataupun mencela bisa menjadi faktor terbesar terjadinya kericuhan dan perpecahan. 

Rasulullah saw. juga bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Abu Dawud: 

الْمُسْتَبَّانِ مَا قَالَا فَعَلَى الْبَادِئِ، مَا لَمْ يَعْتَدِ الْمَظْلُومُ

Artinya: “Ketika ada dua orang yang saling mencela, maka dosanya akan diberikan kepada orang yang memulai mencela selama orang yang terzhalimi tidak membalas celaan tersebut.”

Selain melarang untuk saling mencela, hadis ini juga menganjurkan kepada orang yang dicela untuk tidak membalas celaan yang sama. Logikanya jika yang dicela ikut mencela maka tidak ada bedanya antara yang dicela dan yang mencela. Sehingga jika orang yang menjadi korban dizalimi dengan cara dicaci, hendaklah ia bersabar. Sedangkan jika bentuk penzaliman tersebut adalah penyiksaan terhadap fisik, si korban juga tidak perlu membalas perbuatan tersebut karena sudah ada hukum agama dan juga hukum negara yang akan membalas dan memberikan sanksi terhadap tindak kekerasan tersebut. 

Dengan demikian, aksi bullying adalah tindakan yang bukan hanya dilarang oleh negara, namun juga agama, syariat Islam sangat mengecam aksi bullying. Larangan ini mencakup tindakan bullying yang dilakukan dalam bentuk cacian dan kekerasan fisik. Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki hak asasi yang perlu dijaga. Sehingga tidak boleh diusik dengan segala sesuatu yang bisa merusaknya. Baik sesuatu yang dapat merusak fisik maupun mental.

Semoga bermanfaat.

 

Kalian bisa kolaborasi buat bantu BincangMuslimah.com terus menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan berbelanja minimal 150.000 di Allofresh. Dapatkan rangkaian cashback dengan download aplikasinya disini dan masukan kode AFBS12 saat berbelanja

Rekomendasi

Ditulis oleh

Alumni Pesantren As'ad Jambi dan Ma'had Aly Situbondo. Tertarik pada Kajian Perempuan dan Keislaman.

1 Komentar

1 Comment

    Komentari

    Terbaru

    amalan meringankan sakaratul maut amalan meringankan sakaratul maut

    Amalan untuk Meringankan Penderitaan Sakaratul Maut

    Ibadah

    Frugal living Rasulullah Frugal living Rasulullah

    Frugal Living ala Rasulullah

    Khazanah

    Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

    Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

    Ibadah

    Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam

    Lima Perbedaan Lelaki dan Perempuan dalam Shalat

    Ibadah

    krisis lingkungan krisis lingkungan

    Aktivis Lingkungan Berbasis Agama Serukan Pemerintah Serius Atasi Krisis Lingkungan

    Berita

    perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

    Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

    Kajian

    Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan

    Ibadah

    nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

    Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

    Khazanah

    Trending

    istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

    Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

    Ibadah

    perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

    Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

    Kajian

    diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

    Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

    Kajian

    Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

    Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

    Ibadah

    angin vagina membatalkan wudhu angin vagina membatalkan wudhu

    Apakah Angin yang Keluar dari Vagina Dapat Membatalkan Wudhu?

    Ibadah

    doa menjelang persalinan rasulullah doa menjelang persalinan rasulullah

    Doa Menjelang Persalinan dari Rasulullah untuk Fatimah

    Ibadah

    Makna aurat buya syakur Makna aurat buya syakur

    Empat Makna Aurat Menurut Buya Syakur Yasin

    Kajian

    Masa iddah perempuan hamil Masa iddah perempuan hamil

    Masa Iddah Perempuan Hamil yang Cerai Kemudian Keguguran

    Kajian

    Connect