Ikuti Kami

Diari

Pentingnya Self Love Bagi Perempuan Muslim

one asian muslim female headshot at wet market in the morning outdoor with positive emotion - gettyimages.com

BincangMuslimah.ComSelf-love adalah cara kita agar bisa mencintai dan memperlakukan diri kita dengan baik. Hal ini penting dilakukan untuk menjalani kehidupan dan menyelesaikan berbagai permasalahan, khusunya bagi perempuan muslim. Bentuk mencintai diri sendiri bukanlah tindakan yang egois, melainkan dengan mencintai diri sendiri, kita bisa menjalani hidup dengan lebih baik. Bahkan ketika seorang perempuan mampu mencintai dirinya sendiri, dia akan lebih percaya diri. Kepercayaan diri inilah yang akan memancar dan mampu dirasakan semua orang yang ada di sekitarnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencintai diri sendiri adalah dengan berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Karena sejatinya, kita sebagai perempuan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan buat diri kita tersiksa dengan mendengarkan opini orang lain terkait fisik, pemikiran dan lain-lain tentang kita. Jangan pernah menyiksa diri sendiri. Berikanlah waktu rehat untuk diri sendiri, seperti luangkan waktu untuk sekedar berjalan-jalan di taman, membaca buku yang bagus, atau menikmati makanan kesukaan. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan hubungan dengan diri sendiri, dan menciptakan perasaan lebih baik untuk memulai hari yang baru.

Sesungguhnya mencintai diri sendiri merupakan amanah dari Allah SWT. Mencintai diri kita sebagai perempuan muslim juga bisa dilakukan dengan cara menerima segala kekurangan yang ada dalam diri, dan mensyukuri kelebihan yang diberikan oleh Sang Pencipta. Marilah kita sebagai perempuan muslim menjadikan cinta kepada diri sendiri, untuk terus berusaha memperbaiki diri, merawat diri, dan senantiasa menjaga dan meningkatkan keimanan kita sebagai umat muslim.

Bahkan kita juga diperintahkan oleh Allah SWT untuk tidak hanya menyayangi diri kita sendiri, melainkan juga keluarga kita dengan berusaha menjaga dan merawatnya agar terhindar dari siksa api neraka, sebagaimana firman Allah dalam (QS al-Tahrim [66] ayat 6):

Baca Juga:  Tidak Perlu Insecure Karena Merasa Tertinggal dengan Orang Lain

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan” (QS al-Tahrim [66] ayat 6)

Dalam Tafsir Al-Mishbah, Muhammad Quraish Shihab menafsirkan ayat ini dan berkata “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah diri dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya terdiri atas manusia dan bebatuan. Yang menangani neraka itu dan yang menyiksa penghuninya adalah para malaikat yang kuat dan keras dalam menghadapi mereka. Para malaikat itu selalu menerima perintah Allah dan melaksanakannya tanpa lalai sedikit pun”.

Kemudian Quraish Shihab lebih merinci lagi menjelaskan bahwa ayat tersebut menggambarkan bahwa dakwah dan pendidikan bermula dari rumah. Walau secara redaksional ayat tersebut tertuju kepada kaum pria (ayah), itu bukan berarti hanya tertuju kepada mereka. Ayat tersebut juga tertuju kepada perempuan dan laki-laki (baik ibu maupun ayah). Misalnya sebagaimana ayat-ayat serupa seperti ayat yang memerintahkan berpuasa yang tertuju kepada laki-laki dan perempuan. Hal ini berarti kedua orang tua bertanggung jawab terhadap anak-anak dan juga pasangan masing-masing sebagaimana masing-masing bertanggung jawab atas kelakukaannya.

Oleh sebab itu, mulailah mencintai dirimu, serta jagalah keluargamu. Mencintai diri sendiri itu asalnya dari lubuk hati dan dari jiwa yang paling dalam dengan tulus tanpa pamrih. Mencintai diri sendiri juga bermaksud untuk terus mendukung diri kita agar senantiasa beribadah kepada Allah serta dapat bermanfaat bagi semua mahluk hidup.

Rekomendasi

insecure merasa tertinggal orang insecure merasa tertinggal orang

Tidak Perlu Insecure Karena Merasa Tertinggal dengan Orang Lain

anjuran healing dalam islam anjuran healing dalam islam

Anjuran Healing dalam Islam

islam melarang body shaming islam melarang body shaming

Islam Melarang Keras Perilaku Body Shaming

islam mencintai diri sendiri islam mencintai diri sendiri

Islam Mengajarkan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

Komentari

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect