Ikuti Kami

Kajian

Memotong Kuku dalam Islam; Dalil dan Tata Cara yang Dianjurkan

Memotong Kuku dalam Islam; Dalil dan Tata Cara yang Dianjurkan
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Dalam Islam, kebersihan dan perawatan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu aspek perawatan tubuh yang paling penting tetapi sering diabaikan adalah memotong kuku. Padahal, terdapat beberapa kesunnahan ketika memotong kuku dalam Islam.

Di antara dalil yang membahas kesunnahan memotong kuku adalah hadis yang berbunyi:

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

Artinya: “(Sunnah) fitrah ada lima, yaitu: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain yang diriwayatkan dari Aisyah r.a. bahwa memotong kuku juga termasuk dalam 10 perkara fitrah. Rasulullah saw. bersabda:

AlloFresh x Bincang Muslimah

عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ زَكَرِيَّاءُ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ

Artinya: “Terdapat sepuluh perkara yang termasuk fitrah, yaitu menggunting (menipiskan) kumis, memelihara (memanjangkan) jenggot, bersiwak (menggosok gigi), istinsyak (memasukkan air ke hidung ketika berwudhu), memotong kuku, membasuh sela-sela jari (Barajim), mencabut (mencukur) bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, dan bersuci dengan menghemat air. Zakariya mengatakan bahwa Mus’ab berkata, ‘Saya lupa yang ke sepuluh, kalau tidak salah berkumur.” (HR Muslim).

Dalil-dalil ini menunjukkan bahwa pemotongan kuku adalah bagian dari tindakan fitrah atau tindakan alami yang dianjurkan dalam Islam. Tindakan fitrah adalah tindakan yang mendekatkan seorang hamba kepada Allah Swt.

Hadis-hadis di atas juga membuktikan bahwa ajaran Islam sangat memperhatikan kebersihan manusia. Lalu apakah Rasulullah saw. sebagai seorang utusan Allah juga memberikan tata cara memotong kuku yang baik dan benar?

Imam Ibnu Hajar dalam Kitab Fathul Bari menyebutkan bahwa tidak ada satupun hadis shahih yang menerangkan secara detail tentang urutan dalam memotong kuku. Dengan kata lain, tidak ada tuntunan rinci dari Rasulullah saw. mengenai tata cara memotong kuku.

Meski demikian, Rasulullah saw. pernah mencontohkan memulai segala kegiatannya dari tangan kanan karena Rasulullah saw. sangat menyukai segala sesuatu yang indah dari kanan. Istri Rasulullah saw, Aisyah r.a. berkata dalam suatu hadis:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ، وَتَرَجُّلِهِ، وَطُهُورِهِ، وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ.

Artinya: “Dulu, Nabi Muhammad SAW memulai sesuatu dari kanan, (seperti) memakai sandal, menyisir, bersuci, dan semua perbuatan lainnya.” (HR Bukhari).

Kegiatan indah yang selalu dimulai oleh Rasulullah saw. dari yang kanan tersebut sudah sepatutnya dicontoh oleh kaum muslimin. Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan untuk memotong kuku di hari Jumat.

Abdullah bin Zaid berkata bahwa Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang ingin memotong kuku maka hendaklah ia memotongnya pada hari Jumat serta tidak memotongnya saat berada di dalam toilet.” (HR. Abu Daud dan An-Nasa’i).

Dalam hadis ini, Rasulullah mengingatkan agar kita tidak memotong kuku saat berada di dalam toilet serta menganjurkan melakukan pemotongan kuku di hari Jumat kecuali jika tidak ada pilihan lain.

Meski tidak ada urutan yang detail mengenai cara memotong kuku, Imam Nawawi dalam kitab al-Minhaj Syarh Shahih Muslim pernah merinci urutan dalam memotong kuku menurut Islam. Menurut beliau, urutan memotong kuku dimulai dari kuku jari telunjuk kanan, lalu jari tengah, jari manis, jari kelingking, dan jari jempol. Kemudian dilanjutkan tangan kiri dengan dimulai dari jari kelingking, jari manis sampai semuanya selesai.

Namun, terdapat pendapat lain jug dalam kitab Syarh Riyadhus Shalihin Jilid II yang ditulis oleh Syaikh Muhammad al-Utsaimin bahwa memotong kuku jari tangan kanan dimulai dari jempol sampai jari kelingking.

Sementara tata cara memotong kuku jari kaki tidak jauh berbeda dengan cara memotong kuku jari tangan. Urutan memotong kuku jari kaki menurut Islam diawali dari jari kelingking kaki kanan hingga berakhir di kelingking kaki kiri secara berurutan.

Memotong kuku merupakan kesunnahan dalam Islam yang dianjurkan oleh Rasulullah sebagai bagian dari fitrah manusia. Dalil-dalil di atas menunjukkan pentingnya pemotongan kuku dalam agama Islam. Selain itu, tata cara yang dianjurkan dalam memotong kuku juga merupakan bagian dari praktik sunnah. Dengan mematuhi tata cara ini, umat Islam dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat, bersih serta sesuai dengan ajaran agama mereka.

Kalian bisa kolaborasi buat bantu BincangMuslimah.com terus menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan berbelanja minimal 150.000 di Allofresh. Dapatkan rangkaian cashback dengan download aplikasinya disini dan masukan kode AFBS12 saat berbelanja

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasantri Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah Situbondo.Pegiat kajian Tafsir dan Fikih Perempuan.

Komentari

Komentari

Terbaru

amalan meringankan sakaratul maut amalan meringankan sakaratul maut

Amalan untuk Meringankan Penderitaan Sakaratul Maut

Ibadah

Frugal living Rasulullah Frugal living Rasulullah

Frugal Living ala Rasulullah

Khazanah

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam

Lima Perbedaan Lelaki dan Perempuan dalam Shalat

Ibadah

krisis lingkungan krisis lingkungan

Aktivis Lingkungan Berbasis Agama Serukan Pemerintah Serius Atasi Krisis Lingkungan

Berita

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan

Ibadah

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

Khazanah

Trending

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Ibadah

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

Kajian

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

angin vagina membatalkan wudhu angin vagina membatalkan wudhu

Apakah Angin yang Keluar dari Vagina Dapat Membatalkan Wudhu?

Ibadah

doa menjelang persalinan rasulullah doa menjelang persalinan rasulullah

Doa Menjelang Persalinan dari Rasulullah untuk Fatimah

Ibadah

Makna aurat buya syakur Makna aurat buya syakur

Empat Makna Aurat Menurut Buya Syakur Yasin

Kajian

Masa iddah perempuan hamil Masa iddah perempuan hamil

Masa Iddah Perempuan Hamil yang Cerai Kemudian Keguguran

Kajian

Connect