Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Ibnu Khaldun dan Karl Marx Peran Pemikirannya dalam Perkembangan Pola Gerak Sejarah

BincangMuslimah.Com – Filsafat merupakan ilmu yang sangat menarik untuk dikaji dan terus diulas, salah satu cabang filsafat yang menarik untuk kita kaji di dalam artikel ini adalah tentang filsafat sejarah yaitu bagaimana cara seorang filsuf mengkaji sejarah secara filosofis.

Di Dalam filsafat sejarah sendiri, ada yang disebut sebagai pola gerak sejarah. Sejarah didalamnya mencakup tentang waktu, tempat dan ide yang kesemuanya adalah kesadaran dari manusia. Pada tulisan dari Derek Sayer, dalam tesisnya some issues of historical materialism mengatakan bahwa artinya penemuan yang terdapat kesadaran didalamnya dan termanifestasi setelah manusia hidup. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pandangan pola pikir tentang pola gerak sejarah antara pemikir dari filsafat Barat yaitu Karl Marx dan pemikir dari filsafat Islam yaitu Ibnu Khaldun. 

Pola gerak sejarah dalam pandangan Karl Marx, yang menjadi faktornya adalah aktivitas ekonomi dari masyarakatnya. Menurut Marx pola dari gerak sejarah terjadi karena adanya pertentangan kelas di dalam sosial masyarakat. Kelas sosial tersebut merupakan pola gerak sejarah menurut Karl Marx. Menurut pendapat Marx, metode yang digunakan dalam gerak sejarahnya adalah menggunakan metode historis yang terdiri dari heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi.

Dari sini Marx menjelaskan bahwa manusia yang beraktivitas dan bekerja dengan mengubah alam disekelilingnya untuk menjadikan sebagai penopang kehidupan manusia yang terus menerus bergerak. Sejarah terjadi karena adanya pergerakan karena aktivitas yang dilakukan oleh manusia. 

Jadi, pola gerak sejarah dari Karl Marx adalah seputar tentang masalah poros perekonomian. Dari faktor ekonomi yang kemudian sejarah bergerak merubah struktur lama dari sebuah masyarakat. Bagi Karl Marx, ekonomi menjadi basis dalam sejarah dan perubahan masyarakat. Masyarakat adalah yang didalamnya terdapat norma, aturan, agama, hukum dan struktur. Ketika ekonomi yang menjadi porosnya maka kemanapun ekonomi bergerak struktur di bawahnya akan mengikuti arah ekonomi.

Hadiwijono menarik kesimpulan dari pola gerak sejarah oleh Karl Marx adalah sejarah pasti bergerak dan gerak sejarah tersebut digerakkan oleh manusia itu sendiri. Akan tetapi menurut para filsuf yang menjadi penggerak utama sejarah berbeda-beda. Pandangan Karl Marx yang menjadi penggerak sejarah adalah adanya pertentangan kelas. Kajian Franz Magnis Suseno dalam bukunya berfilsafat dari konteks tentang teori gerak sejarah Karl Marx adalah teori siklus artinya tidak akan ada akhir tetapi hanya ada pengulangan.

Sebelum menjelaskan tentang pola gerak sejarahnya Ibnu Khaldun melihat dari pengertian sejarah itu sendiri terlebih dahulu yaitu ia berpendapat sejarah gerakan berakar dalam filsafat karena itu pantas dipandang sebagai bagian dari filsafat itu sendiri, ini menurut catatan dari Moeflih Hasbullah dan Dedi Supriyadi, dalam bukunya filsafat sejarah. Pola gerak sejarah oleh Ibnu Khaldun adalah fenomena-fenomena sosial. Di mana yang menjadi kajiannya adalah sama seperti Karl Marx yaitu tentang ekonomi. Menurut Ibnu Khaldun menafsirkan pola gerak sejarah adalah secara materialistis dan menguraikan fenomena-fenomena sosial secara ekonomis dan merujukkan setiap perubahan yang ada dalam masyarakat dengan fenomena-fenomenanya pada faktor ekonomi. 

Sebagai contoh pada suatu kelompok masyarakat pasti ada yang memiliki kedudukan tertinggi, pada kelompok yang memiliki kedudukan lebih rendah maka akan mengikuti yang diatasnya baik dalam segi tradisi, slogan, dan gaya hidupnya. Dapat diambil kesimpulan, menurut Adi Susilo Jahja tentang mengenai kontribusi Ibnu Khaldun terhadap pemikiran ekonomi bahwa pola gerak sejarah dalam masyarakat dibangun atas dasar kontribusi kolektif kekuatan setiap individu yang diubah menjadi kepada suatu perubahan.

Pada pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pandangan dari Karl Marx dan Ibnu tentang pola gerak sejarah sedikit memiliki kesamaan yaitu sama-sama melihat dari fenomena-fenomena dan kelas sosial dalam masyarakat dari faktor ekonomi. Dimana jika ada pihak yang memiliki kedudukan lebih tinggi maka pihak yang lainnya akan mengikuti, seperti itulah pola gerak sejarah bergerak dalam kehidupan masyarakat menurut pandangan dari Karl Marx dan Ibnu Khaldun.

Rekomendasi

kesempurnaan manusia imam al-ghazali kesempurnaan manusia imam al-ghazali

Kesempurnaan Manusia Dan Cara Mencapai Tujuan Akhir Hidup dalam Pandangan Imam Al-Ghazali

setiap orang itu berfilsafat setiap orang itu berfilsafat

Sebenarnya, Setiap Orang Itu Berfilsafat

Perempuan Filsafat dan Posthumanisme Perempuan Filsafat dan Posthumanisme

Perempuan, Filsafat, dan Posthumanisme

pembelaan al-Qur'an terhadap perempuan, Fathimah dari Nisyapur: Ahli Makrifat Terbesar   pembelaan al-Qur'an terhadap perempuan, Fathimah dari Nisyapur: Ahli Makrifat Terbesar  

Perempuan dalam Perspektif Filsafat Islam

Dwi Ayu Anggraini
Ditulis oleh

Penulis merupakan Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Komentari

Komentari

Terbaru

amalan shalat ashar jumat amalan shalat ashar jumat

Amalan Nabi Khidir Setelah Shalat Ashar di Hari Jumat

Ibadah

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Ajarkan Kesetaraan Pada Anak Laki-Laki dan Perempuan

Kajian

fans k-pop larangan fanatik fans k-pop larangan fanatik

Ramai Kegaduhan Fans K-POP di Space Twitter, Ini Larangan Fanatik dalam Islam

Kajian

UU PRT Harus Disahkan UU PRT Harus Disahkan

Alasan Kenapa UU PRT Harus Segera Disahkan

Muslimah Talk

Film KKN Desa Penari Film KKN Desa Penari

Film KKN Desa Penari; Begini Penjelasan Buya Syakur tentang Ruh Orang yang Meninggal Karena Santet atau Sihir

Kajian

Ayah Alami Postpartum Blues Ayah Alami Postpartum Blues

Tidak Hanya Ibu Hamil, Ayah Juga Bisa Mengalami Postpartum Blues

Muslimah Talk

Kehidupan Manusia Setelah Kematian Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Dalil Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Kajian

penembakan wartawan palestina shireen penembakan wartawan palestina shireen

Mengutuk Aksi Penembakan Terhadap Wartawan Palestina, Shireen Abu Akleh

Muslimah Talk

Trending

kepemilikan aset kripto dizakati kepemilikan aset kripto dizakati

Apakah Kepemilikan Aset Kripto Harus Dizakati?

Kajian

memberi zakat meninggalkan shalat memberi zakat meninggalkan shalat

Hukum Memberi Zakat Pada Orang yang Meninggalkan Shalat, Bolehkah?

Kajian

UU TPKS Telah Disahkan UU TPKS Telah Disahkan

UU TPKS Telah Disahkan, Masih Ada Tugas Lain yang Menanti

Muslimah Talk

laki-laki jadi korban kdrt laki-laki jadi korban kdrt

Tidak Hanya Pada Perempuan, Laki-Laki Pun Bisa Jadi Korban KDRT

Kajian

anggota keluarga menggantikan puasa anggota keluarga menggantikan puasa

Apakah Anggota Keluarga Bisa Menggantikan Puasa Kerabat yang Sudah Wafat?

Kajian

tata cara membayar fidyah tata cara membayar fidyah

Tata Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan

Kajian

pekerja berat membatalkan puasa pekerja berat membatalkan puasa

6 Syarat Pekerja Berat Boleh Membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan

Kajian

kesempurnaan manusia imam al-ghazali kesempurnaan manusia imam al-ghazali

Kesempurnaan Manusia Dan Cara Mencapai Tujuan Akhir Hidup dalam Pandangan Imam Al-Ghazali

Kajian

Connect