Ikuti Kami

Kajian

Ibnu Khaldun dan Karl Marx Peran Pemikirannya dalam Perkembangan Pola Gerak Sejarah

BincangMuslimah.Com – Filsafat merupakan ilmu yang sangat menarik untuk dikaji dan terus diulas, salah satu cabang filsafat yang menarik untuk kita kaji di dalam artikel ini adalah tentang filsafat sejarah yaitu bagaimana cara seorang filsuf mengkaji sejarah secara filosofis.

Di Dalam filsafat sejarah sendiri, ada yang disebut sebagai pola gerak sejarah. Sejarah didalamnya mencakup tentang waktu, tempat dan ide yang kesemuanya adalah kesadaran dari manusia. Pada tulisan dari Derek Sayer, dalam tesisnya some issues of historical materialism mengatakan bahwa artinya penemuan yang terdapat kesadaran didalamnya dan termanifestasi setelah manusia hidup. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pandangan pola pikir tentang pola gerak sejarah antara pemikir dari filsafat Barat yaitu Karl Marx dan pemikir dari filsafat Islam yaitu Ibnu Khaldun. 

Pola gerak sejarah dalam pandangan Karl Marx, yang menjadi faktornya adalah aktivitas ekonomi dari masyarakatnya. Menurut Marx pola dari gerak sejarah terjadi karena adanya pertentangan kelas di dalam sosial masyarakat. Kelas sosial tersebut merupakan pola gerak sejarah menurut Karl Marx. Menurut pendapat Marx, metode yang digunakan dalam gerak sejarahnya adalah menggunakan metode historis yang terdiri dari heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi.

Dari sini Marx menjelaskan bahwa manusia yang beraktivitas dan bekerja dengan mengubah alam disekelilingnya untuk menjadikan sebagai penopang kehidupan manusia yang terus menerus bergerak. Sejarah terjadi karena adanya pergerakan karena aktivitas yang dilakukan oleh manusia. 

Jadi, pola gerak sejarah dari Karl Marx adalah seputar tentang masalah poros perekonomian. Dari faktor ekonomi yang kemudian sejarah bergerak merubah struktur lama dari sebuah masyarakat. Bagi Karl Marx, ekonomi menjadi basis dalam sejarah dan perubahan masyarakat. Masyarakat adalah yang didalamnya terdapat norma, aturan, agama, hukum dan struktur. Ketika ekonomi yang menjadi porosnya maka kemanapun ekonomi bergerak struktur di bawahnya akan mengikuti arah ekonomi.

Baca Juga:  Kriteria Hewan Kurban dalam Islam

Hadiwijono menarik kesimpulan dari pola gerak sejarah oleh Karl Marx adalah sejarah pasti bergerak dan gerak sejarah tersebut digerakkan oleh manusia itu sendiri. Akan tetapi menurut para filsuf yang menjadi penggerak utama sejarah berbeda-beda. Pandangan Karl Marx yang menjadi penggerak sejarah adalah adanya pertentangan kelas. Kajian Franz Magnis Suseno dalam bukunya berfilsafat dari konteks tentang teori gerak sejarah Karl Marx adalah teori siklus artinya tidak akan ada akhir tetapi hanya ada pengulangan.

Sebelum menjelaskan tentang pola gerak sejarahnya Ibnu Khaldun melihat dari pengertian sejarah itu sendiri terlebih dahulu yaitu ia berpendapat sejarah gerakan berakar dalam filsafat karena itu pantas dipandang sebagai bagian dari filsafat itu sendiri, ini menurut catatan dari Moeflih Hasbullah dan Dedi Supriyadi, dalam bukunya filsafat sejarah. Pola gerak sejarah oleh Ibnu Khaldun adalah fenomena-fenomena sosial. Di mana yang menjadi kajiannya adalah sama seperti Karl Marx yaitu tentang ekonomi. Menurut Ibnu Khaldun menafsirkan pola gerak sejarah adalah secara materialistis dan menguraikan fenomena-fenomena sosial secara ekonomis dan merujukkan setiap perubahan yang ada dalam masyarakat dengan fenomena-fenomenanya pada faktor ekonomi. 

Sebagai contoh pada suatu kelompok masyarakat pasti ada yang memiliki kedudukan tertinggi, pada kelompok yang memiliki kedudukan lebih rendah maka akan mengikuti yang diatasnya baik dalam segi tradisi, slogan, dan gaya hidupnya. Dapat diambil kesimpulan, menurut Adi Susilo Jahja tentang mengenai kontribusi Ibnu Khaldun terhadap pemikiran ekonomi bahwa pola gerak sejarah dalam masyarakat dibangun atas dasar kontribusi kolektif kekuatan setiap individu yang diubah menjadi kepada suatu perubahan.

Pada pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pandangan dari Karl Marx dan Ibnu tentang pola gerak sejarah sedikit memiliki kesamaan yaitu sama-sama melihat dari fenomena-fenomena dan kelas sosial dalam masyarakat dari faktor ekonomi. Dimana jika ada pihak yang memiliki kedudukan lebih tinggi maka pihak yang lainnya akan mengikuti, seperti itulah pola gerak sejarah bergerak dalam kehidupan masyarakat menurut pandangan dari Karl Marx dan Ibnu Khaldun.

Rekomendasi

Perempuan Filsafat dan Posthumanisme Perempuan Filsafat dan Posthumanisme

Perempuan, Filsafat, dan Posthumanisme

berbisnis nonmuslim dalam islam berbisnis nonmuslim dalam islam

Akhlak Nabi: Amanah termasuk dengan Non-Muslim

Pengertian Urgensi Filsafat Islam Pengertian Urgensi Filsafat Islam

Pengertian dan Urgensi Filsafat Islam

ibnu rusyd metode berfilsafat ibnu rusyd metode berfilsafat

Metode Pembuktian Kebenaran Milik Ibnu Rusyd

Ditulis oleh

Penulis merupakan Mahasiswa Aqidah dan Filsafat Islam, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

3 Komentar

3 Comments

Komentari

Terbaru

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect