Ikuti Kami

Kajian

Adab Mengantarkan Jenazah Menggunakan Mobil Ambulan

adab mengantarkan jenazah ambulan
Credit: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Dalam mengantar jenazah menuju tempat peristirahatan terakhir, beberapa orang menggunakan dua macam cara, dengan berjalan kaki dan menggunakan mobil jenazah. Seperti yang kita tahu, bahwasannya ketika zaman Rasulullah belum adanya kendaraan seperti mobil. Maka dari itu, pengantaran jenazah masih dengan berjalan kaki. 

Jika di masa sekarang, tak jarang kita mendapati mengantarkan jenazah dengan mobil ambulan. Hal ini tentu tidak bertentangan dengan apa yang Rasulullah ajarkan. Karena pada dasarnya fardhu mengantarkan jenazah menuju tempat peristirahatan terakhir. Lalu, bagaimana adab mengantarkan jenazah menggunakan mobil ambulan? 

Menurut Imam Ghazali, dalam bukunya, ‘Majmu’ah Rasail al-Imam Ghazali’, menyatakan bahwasanya dalam mengiringi jenazah ada beberapa adab tertentu yang harus diperhatikan. 

آداب المشي في الجنازة: دوام الخشوع وغض البصر وترك الحديث وملاحظة الميت بالاعتبار والتفكر فيما يجيب به من السؤال والعزم على المبادرة فيما يخاف به من المطالبة وخوف حسرة الفوت عند هجوم الموت  

Artinya: Adab dalam mengiringi jenazah yaitu, senantiasa khusyu’, menundukkan pandangan, tidak berbicara yang tidak perlu, mengambil pelajaran darinya, memikirkan pertanyaan kubur yang harus dijawab, menyegerakan bertaubat karena semua amal akan dipertanggungjawabkan karena takut akan kematian. 

Dari hadis di atas, merupakan adab mengiring jenazah dengan berjalan kaki. Lalu, berikut adalah penjelasan adab mengantarkan jenazah menggunakan ambulan. 

Pertama, khusyu’ 

Momentum mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir merupakan momentum sakral, yang mana bagi pelayat juga mengingat bahwasannya kematian tidak pandang umur, jenis kelamin, jabatan, juga sebagai bentuk intropeksi diri. Selain itu, sikap khusyu’ juga diupayakan demi menghormati perasaan duka bagi keluarga dan orang sekitar. 

Kedua, tertib dan tidak berkendara seperti pawai

Baca Juga:  Balasan Bagi Ibu yang Enggan Menyusui Anaknya

Ketika mengantar jenazah dengan mobil ambulan, tidak menutup kemungkinan bagi pelayat juga mengendarai kendaraan motor maupun mobil. Untuk itu, wajib bagi pelayat untuk tetap tertib dalam berkendara, karena demi kemaslahatan dan keselamatan bersama di jalan raya. 

Ketiga, tidak mengeraskan suara

Menghindari dari suara atau percakapan tidak perlu antar pelayat. Misalnya saja membunyikan klakson berkali-kali, karena mengantar jenazah harus khidmat dan khusyu’, untuk itu tidak membunyikan klakson berkali-kali. Selain menjaga suasana khidmat dan khusyu;, tidak membunyikan klakson juga salah satu cara agar tetap menjaga ketertiban lalu lintas. 

Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar, bahwa ketika beliau berjalan mengiringi jenazah, beliau mendengar seseorang bersuara keras, “Mintakan ampunan untuk mayit ini, semoga Allah Swt. mengampunimu.” Maka Ibnu Umar berkata,”Allah tidak mengampunimu, mungkar bila mengeraskan suara dan bertentang dari apa yang seharusnya dilakukan dalam suasana ini, seharusnya bertadabbur dan tafakkur dan mengambil pelajaran dari kematian”.

Keempat, melaju dengan kecepatan yang telah ditentukan

Seperti yang kita temui, bahwa beberapa mobil ambulan melaju dengan kecepatan di atas rata-rata untuk cepat sampai di tempat peristirahatan terakhir jenazah. Hal ini sering dipahami dengan hadis Rasulullah berikut, 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَسْرِعُوا بِالْجَنَازَةِ فَإِنْ تَكُ صَالِحَةً فَخَيْرٌ تُقَدِّمُونَهَا عَلَيْهِ وَإِنْ تَكُ سِوَى ذَلِكَ فَشَرٌّ تَضَعُونَهُ عَنْ رِقَابِكُمْ

Artinya: “Dari sahabat Abu Hurairah ra, dari Nabi Muhammad saw, beliau bersabda, ‘Segeralah terhadap jenazah. Jika ia orang saleh, maka itu kebaikan yang kalian lakukan terhadapnya. Tetapi jika selain itu (bukan orang baik), maka itu keburukan yang kalian letakkan dari bahu kalian,’” (HR Bukhari dan Muslim). 

Dari hadis di atas, sering dipahami beberapa orang. Pemaknaan masih ‘segera’ di sini dipahami dengan menggunakan kecepatan tinggi saat mengantarkan jenazah menggunakan mobil ambulan. Akan tetapi, makna ‘segera’ harus tetap mengindahkan keselamatan pada jenazah, pelayat dan pengguna jalan lainnya. Beberapa ulama memahami ‘segera’ dengan tidak menunda proses pemakaman jenazah.  

Baca Juga:  Tafsir An-Nisa Ayat 128: Ketika Al-Qur’an Menegur Suami yang Nusyuz

Ketika mengendarai mobil ambulan dengan kecepatan tinggi, yang dikhawatirkan menimbulkan mafsadat bagi orang lain. Tentunya hal ini tidak boleh terjadi dan harus dihindari. 

Demikian adab dalam mengantarkan jenazah menggunakan mobil ambulan. Wallahu’alam. 

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasiswi Universitas Al-Azhar, Kairo jurusan Akidah dan Filsafat.

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect