Ikuti Kami

Ibadah

Keutamaan Melaksanakan Shalat Dhuha Setiap Hari

Pembagian Waktu Shalat Ashar

BincangMuslimah.Com – Bagi umat Islam, shalat adalah bentuk ibadah yang paling utama. Sebagaimana yang diketahui, shalat ada dua macam yakni, shalat fardhu dan shalat sunnah. Shalat fardhu adalah ibadah shalat yang ditetapkan oleh Allah kepada manusia sebanyak lima kali sehari. Adapun shalat sunnah merupakan shalat yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya kepada manusia, tetapi bersifat sunnah, jika ditunaikan mendapat pahala dan ganjaran dan jika ditinggalkan tidak berdosa.

Salah satu shalat sunnah di antaranya ialah shalat Dhuha. Shalat Dhuha merupakan peluang emas bagi seorang muslim untuk menyandarkan ketidakberdayaan dan kelemahannya kepada Allah, serta meyakini bahwa Allah akan mendukung semua usahanya untuk meraih bahagia dan kesuksesan dunia akhirat. Sholat dhuha hukumnya sunnah muakkadah.

Shalat sunnah ini dapat dikerjakan pada waktu Dhuha, namanya diambil dari waktunya. Dhuha artinya waktu pagi menjelang siang antara pukul 7 pagi hingga 11 siang.

Terdapat keutamaan dalam melaksanakan shalat Dhuha terlebih jika dilaksanakan setiap hari. Seperti yang disebutkan dalam hadis riwayat At Tirmidzi dan Ibnu Majah yang berbunyi:

من حافظ على شفعة الضحى غفرت له ذنوبه وإن كانت مثل زبد البحر

Artinya: “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Namun, keutamaan shalat dhuha tidak hanya itu saja. Ada berbagai macam keutaman yang akan kamu dapatkan ketika melaksanakan sholat dhuha rutin setiap hari. Berikut penjelasannya.

Wajah Terlihat Lebih Bercahaya dan Awet Muda

Dengan melaksanakan shalat Dhuha rutin setiap hari, hal itu berarti kamu juga akan sering melakukan wudhu selama lebih dari 5 kali dalam sehari. Air wudhu tersebut akan menjadikan wajahmu lebih sehat dan bercahaya, karena wajahmu akan lebih sering disucikan dan dibasuh dengan menggunakan air agar minyak dan kotoran yang menempel pada wajah dapat menghilang. Selanjutnya, selain keajaiban dari air wudhu, sholat dhuha memang dapat membuat wajah orang yang rajin melaksanakannya terlihat lebih cerah dan nampak lebih teduh, sehingga banyak orang yang akan suka dan jatuh hati padanya.

Baca Juga:  Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Memiliki Rumah di Surga

Dengan rutin melaksanakan shalat Dhuha, nantinya kita bisa memiliki sebuah rumah nan indah saat di surga nanti. Siapa yang tidak menginginkan memiliki sebuah rumah saat berada di surga nanti? Jangankan memiliki sebuah rumah, manusia bahkan rela berlomba-lomba berbuat kebaikan agar mendapatkan ganjaran untuk masuk ke dalam surga.

Maka, bukankah begitu nyaman dan menyenangkan hati, apabila memiliki sebuah rumah di dalam surga nantinya. Sebuah tempat yang banyak diidam-idamkan oleh banyak umat muslim?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang (melaksanakan) shalat dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami’ No. 634)

Dengan melaksanakan shalat Dhuha yang rajin dan tentunya juga diiringi oleh perbuatan baik yang dicintai oleh Allah. Kita sebagai manusia akan dibangunkan sebuah rumah di surga nantinya. Sebagai bentuk imbalan karena terus mengingat Allah dan selalu taat beribadah selama hidup di dunia.

Pahala yang Sama dengan Sedekah

Sebagaimana yang disampaikan dalam Kitab Shalat al-Musafirin wa Qashruha, Bab Istihbab Shalat ad-Dhuha, no. 720 Dari Abu Dzar dari Nabi SAW, bahwa beliau telah bersabda, “Setiap hari bagi setiap persendian dari salah seorang di antara kalian terdapat kewajiban untuk bersedekah. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf nahi munkar adalah sedekah. Semua itu tercukupkan dengan dua rakaat shalat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (Hr. Muslim)

Dengan menjalankan ibadah shalat Dhuha setiap hari ternyata dapat menggantikan kewajiban bersedekah, karena memiliki perhitungan amal yang sama, sehingga jika kamu melakukan shalat Dhuha setiap hari. Hal itu juga berarti kamu mengeluarkan sedekah setiap harinya. Jadi, meskipun kamu tidak memiliki cukup uang, kamu tetap bisa bersedekah dengan melakukan sholat Dhuha. Sungguh Allah sangat mengerti dan mencintai makhluk-Nya.

Baca Juga:  Benarkah Shalat Dhuha Pembuka Pintu Rezeki?

Dilimpahan Rezeki dan Dicukupkan Hartanya

Setiap manusia pasti selalu berikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan rezeki dari Allah, selain melakukan hal tersebut, kita juga bisa melaksanakan shalat Dhuha sebagai salah satu shalat sunnah yang memiliki keutamaan mampu melancarkan turunnya rezeki dari Allah. Shalat Dhuha merupakan salah satu cara yang efektif bagi kita untuk mendapatkan limpahan rahmat, rezeki, dan dicukupkan hartanya.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam sebuah hadis yang artinya: “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Itulah rangkuman keutamaan serta manfaat shalat Dhuha yang perlu kamu ketahui terlebih jika dilaksanakan setiap hari. Ingatlah bahwa Allah tidak akan pernah mengingkari janjinya dan akan selalu mengabulkan seluruh permintaan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh di waktu yang tepat. Oleh sebab itu, mulailah melaksanakan shalat Dhuha dengan rajin setiap harinya agar mendapatkan keutamaan-keutamaan seperti yang disebutkan di atas.

Rekomendasi

pembagian waktu shalat dzuhur pembagian waktu shalat dzuhur

Benarkah Shalat Dhuha Pembuka Pintu Rezeki?

Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

Komentari

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect