Ikuti Kami

Ibadah

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

doa nuzulul quran diamalkan
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Nuzulul Quran terukir sebagai momentum penting  bagi umat Islam karena disebut sebagai malam turunnya Alquran.  Meski banyak ikhtilaf atau perbedaan pendapat terkait kevalidan tanggalnya, namun tak sedikit dalil shahih yang mengarah pada malam  17 Ramadhan.  Meski ada beberapa perbedaan terkait tanggalnya, kita disunnahkan untuk memperbanyak doa pada malam tersebut. Ada beberapa pilihan doa Nuzulul Quran yang bisa diamalkan. 

Adapun dalil terkait keterangan yang terjadi pada 17 Ramadhan atau turunnya Alquran, disinggung dalam surat Al-anfal ayat 41:

وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: Ketahuilah, sesungguhnya apa pun yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlimanya untuk Allah, Rasul, kerabat (Rasul), anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan ibnusabil, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Nabi Muhammad) pada hari al-furqān (pembeda), yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ayat tersebut dikuatkan oleh riwayat yang mengatakan bahwa hari tersebut adalah hari pertempuran kaum muslimin dan musyrikin pada perang badar. Yang mana peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriah. Bersamaan dengan itu pula, datang malaikat jibril kepada Nabi Muhammad. Yang kemudian turun surat pertama Alquran, yakni surat al-Alaq.

Perbedaan pendapat juga muncul pada cara turunnya Alquran. Namun riwayat populer mengatakan bahwa penurunan Alquran terlebih dahulu secara langsung di Baitul Izzah lalu kemudian berangsur turun ke dunia. Dan tepatnya pertama kali diterima oleh Rasul pada malam ke-17 Ramadhan. Itulah sebabnya umat muslim menyebutnya sebagai malam turunnya Alquran.

Baca Juga:  Lelaki Dewasa Menyentuh Anak Perempuan, Batalkah Wudhunya?

Terlepas dari dalil dan sejarah, masyarakat menghidupkan malam Nuzulul Quran ini dengan tujuan memperbanyak ibadah kepada Allah Swt.,  seperti  membaca doa-doa, mengkhatamkan Alquran, beri’tikaf, istighotsah, dan zikir lainnya. Selain menentramkan hati, keutamaan beribadah pada malam Nuzulul Quran (dan lebih umum bulan suci Ramadhan) bahkan telah Allah janjikan dengan pahala yang berlipat ganda.

Adapun doa dan amalan lainnya sebagai bentuk usaha kita sebagai seorang hamba, untuk memperkuat keenam rukum iman yang telah terpatri dalam diri kita. Terutama iman kepada Allah, Nabi Allah, dan kitab suci-Nya.

Lafaz Doa Nuzulul Quran 

Adapun doa atau zikir yang dilafalkan saat nuzulul quran sendiri, tidak secara eksplisit dianjurkan pada doa tertentu. Namun bisa tergantung pada hajat dan amalan masing-masing individu. Berikut lafaz doa berbahasa Arab yang dapat menjadi  rujukan saat malam Nuzulul Quran:

للَّهُمَّ نَوِّرْ قَلْبِيْ بِنُوْرِ هِدَايَتِكَ كَمَا نَوَّرْتَ ﭐلأَرْضِ بِنُوْرِ شَمْسِكَ أَبَدًا بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Alquran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Alquran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’atnya”

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Alquran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.”

Baca Juga:  Taubat Adalah Kunci Dari Setiap Ibadah

اللَّهُمَّ اهْدِنَا بِهِدَايَةِ الْقُرْأَنِ وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ بِكَرَمَة الْقُرْأَنِ وَارْفَعْ دَرَجَاتِنَا بِبَرَكَةِ الْقُرْأَنِ وَادْخِلْنَا الْجَنَّةَ بِشَفَاعَةِ الْقُرْأَنِ. وَاغْفِرْ لِأَحْيَاءِنَا وَأَمْوَاتِنَا بِتِلَاوَةِ الْقُرْأَنِ وَاقْضِ حَاجَاتِنَا بِفَضِيْلَةِ الْقُرْأَنِ

Artinya : Wahai Allah! berilah kami hidayah dengan hidayah Alquran, selamatkanlah kami dari api neraka dengan kemuliaan Alquran, angkatlah derajat kami dengan keberkahan Al Qur’an, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Alquran, ampunilah orang-orang yang hidup dan mati diantara kami dengan pembacaan Alquran, dan tunaikanlah segala hajatnya dengan 

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha pemaaf dan engkau menyukai ampunan maka ampunilah aku.”

Demikian doa Nuzulul Quran yang bisa diamalkan pada malam ini karena bertepatan dengan tanggal 17 Ramadhan.

Rekomendasi

Peran Perempuan Turunnya Alquran Peran Perempuan Turunnya Alquran

Peran Perempuan dalam Peristiwa Turunnya Alquran

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Apa yang Dimaksud dengan Nuzulul Quran?

Hadis tentang Nuzulul Quran Hadis tentang Nuzulul Quran

7 Hadis tentang Nuzulul Quran

perintah shalawat turun sya'ban perintah shalawat turun sya'ban

Perintah Shalawat Turun di Bulan Sya’ban

Ditulis oleh

Mahasiwi Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Mahasantriwati Pesantren Luhur Sabilussalam.

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect