Ikuti Kami

Ibadah

Apa Saja Hikmah Menyusui Bagi Seorang Ibu?  

syarat bayi anak susuan

BincangMuslimah.Com – Menyusui bisa didefinisikan sebagai proses pemberian susu kepada bayi atau anak kecil dengan Air Susu Ibu (ASI) yang bersumber dari payudara ibu. Bayi yang diberikan susu menggunakan refleks menghisap untuk menelan susu. Apa saja sebenarnya hikmah menyusui bagi seorang ibu?

World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa air susu ibu adalah gizi terbaik untuk bayi. Seorang bayi bisa disusui oleh ibunya sendiri atau oleh perempuan lain. ASI yang diberikan juga bisa diperah dan diberikan untuk bayi melalui alat menyusui lain seperti botol susu, cangkir, sendok, atau pipet.

Selain ASI, susu formula juga tersedia untuk para ibu yang secara kesehatan tidak bisa atau memilih untuk tidak menyusui. Tapi, para ahli sepakat bahwa kualitas susu formula tidak sebaik ASI.

Menyusui dinyatakan sebagai metode terbaik untuk pemberian gizi bayi, setidaknya tahun pertama dan bahkan lebih lama lagi. Pernyataan ini bersumber dari WHO, Akademi Dokter Anak Amerika (American Academy of Pediatrics), dan Departemen Kesehatan Indonesia.

Berhasil melahirkan buah hati ke dunia dengan selamat dan memberikan ASI eksklusif adalah pengalaman paling berharga bagi setiap ibu di dunia, salah satu bentuk dari hikmah menyusui bagi seorang ibu. Sebab, ASI adalah makanan terbaik bagi bayi sebab kandungannya yang kaya nutrisi sehingga sangat baik bagi buah hati. ASI juga bisa mempererat ikatan batin antara bayi dan ibunya.

Allah Swt. memerintahkan kepada para ibu untuk menyusui anak-anaknya dan memberi batas hingga dua tahun penuh bukan tanpa alasan. Bayi, terutama yang baru lahir sampai usia dua tahun, masih sangat memerlukan ASI. Setelah berusia dua tahun ke atas, ia akan mulai merasakan makanan dan minuman lainnya.

Baca Juga:  Ketentuan Shalat bagi Perempuan yang Mengalami Keguguran

Kandungan ASI tidak bisa dibandingkan dengan air susu lainnya. Sebab, ASI adalah makanan anak terbaik sebagaimana dikemukakan oleh para ahli kedokteran. Dengan ASI, seorang anak bisa membentuk dirinya dari darah seorang ibu.

Darah tersebut kemudian beralih menjadi susu, dan susu itulah yang menjadi makanan pokok bayi. Pemberian ASI inilah yang bisa membantu anak dalam masa pertumbuhan dan memulai kehidupannya dengan baik.

Di sinilah hikmah menyusui bagi seorang ibu, bahwa ASI adalah asupan yang sangat cocok untuk anak, sesuai dengan tingkatan umur anak. Oleh sebab itu, apabila seorang anak disusui oleh orang lain, maka kesehatan sang ibu yang akan menyusui mesti dicek terlebih dahulu.

Sewaktu sedang menyusui anak, sesungguhnya seorang ibu tidak sekadar menyusui, tapi seorang ibu melakukannya dengan penuh perasaan kelembutan, kasih sayang dan belaian cinta. Perasaan sayang itulah yang akan tumbuh pada diri seorang anak, disertai dengan rasa cinta dan kebaikan.

Muhammad ‘Ali Al-Shabuniy dalam Rawâi’ Al-Bayân Tafsîr Âyât min Al-Qur’ân menyatakan bahwa pakar pendidikan telah mengadakan penelitian terhadap masyarakat yang moralitasnya tinggi.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa di antara sebab masyarakat dengan moral yang tinggi adalah karena para istri-istri Kaisar yang menyusui anak-anaknya sendiri. Para istri Kaisar tidak mau menyerahkan anak-anak mereka kepada perempuan lain untuk menyusukannya.

Semua penjelasan di atas adalah hal yang mengagumkan. Apabila syariat menyusui dipelajari, dipahami dan direnungkan dengan hati dan pikiran yang jernih, maka kita akan menemukan keagungan Allah Swt. (Baca juga: Menyusui Lebih dari Dua Tahun, Apakah Diwajibkan?)

Allah Swt. memang tidak menciptakan segala sesuatu yang sia-sia, nilai yang sesuai dengan apa yang tercantum dalam Qur’an Surat Ali ‘Imran Ayat 191:

Baca Juga:  Ibu dan Gangguan Psikis yang Berujung Depresi

 ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَٰطِلًا سُبْحَٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”” (QS. Ali ‘Imran: 191)

Hikmah menyusui bagi seorang ibu tidak hanya terjadi saat menyusui sampai umur dua tahun tapi juga saat anak tumbuh besar. Kasih saying seorang ibu menjadi semakin kuat dan tak tergantikan. Salah satu alasannya adalah karena proses menyusui yang baik.[]

Rekomendasi

mom war persaingan ibu mom war persaingan ibu

Fenomena Mom War, Persaingan antar Ibu yang Harus Dihentikan

syarat bayi anak susuan syarat bayi anak susuan

Ibu Menyusui dalam Pandangan Alquran

syarat bayi anak susuan syarat bayi anak susuan

Keistimewaan Ibu Menyusui dalam Islam

Hukum Sharenting dalam Islam Hukum Sharenting dalam Islam

Ibu dan Gangguan Psikis yang Berujung Depresi

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

keistimewaan umat nabi muhammad keistimewaan umat nabi muhammad

Delapan Keistimewaan Umat Nabi Muhammad

Kajian

Mencintai Saudara Sesama Muslim Mencintai Saudara Sesama Muslim

Pelajaran dari Kaum Anshar: Mencintai Saudara Sesama Muslim

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

tiga peneliti sufi perempuan tiga peneliti sufi perempuan

Kisah Tiga Peneliti tentang Sufi Perempuan  

Diari

Trending

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tafsir Al-Baqarah 187: Kiat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga menurut Islam

Kajian

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Yoga gerakan ibadah hindu Yoga gerakan ibadah hindu

Yoga Dianggap Menyerupai Gerakan Ibadah Hindu, Haramkah Menurut Islam?

Kajian

malaikat melaknat istri menolak malaikat melaknat istri menolak

Benarkah Malaikat Melaknat Istri yang Menolak Ajakan Suami untuk Berhubungan Badan?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

alasan fatimah julukan az-zahra alasan fatimah julukan az-zahra

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Connect