Ikuti Kami

Subscribe

Tak Berkategori

Sekolah Hadis di Tengah Pandemi bersama el-Bukhari Institute

sekolah Hadis el-Bukhari Institute

BincangMuslimah.Com – Ahad, 1 Agustus 2021 Sekolah Hadis el-Bukhari Institute telah merampungkan salah satu program unggulannya; Kelas Metode Memahami Sunnah. Kelas ini dibimbing oleh Ustadz M. Khairul Huda, Lc. MA. pada empat pertemuan pertama dan Ustadz Mujiburrahman Lc., MA pada empat pertemuan terakhir.

Ustadz Huda dan Ustadz Mujib merupakan lulusan S1 Tafsir Hadis UIN Syarif  Hidayatullah Jakarta dan S2 Sekolah Pasca Sarjana di Universitas yang sama. Sementara, gelar Lc didapatkan keduanya di Darus Sunnah International Institute for Hadith Sciences Ciputat Tangerang Selatan. Sebuah pesantren Mahasiswa khusus belajar hadis dan ilmu hadis yang didirikan oleh Alm. KH. Ali Mustafa Ya’qub.

Ada 9 peserta yang mendaftar pada kelas ini. Mereka berasal dari berbagai kota di Indonesia. Ada yang sedang berada di Pasuruan, Bogor, Jakarta, dan Makassar. Bahkan, ada salah satu peserta berkebangsaan Indonesia yang sedang berada di Inggris mengikuti program ini.

Para peserta belajar setiap hari Sabtu dan Ahad pukul 16.00 WIB selama satu bulan dengan total 8 kali pertemuan. Setiap peserta mendapatkan buku “Ilmu Matan Hadis” karya Ustadz Huda sebagai bahan bacaan. Meskipun demikian, setiap pertemuan para peserta juga mendapatkan ppt (power point) materi sesuai silabus Sekolah Hadis yang diambil dari kitab At-Thuruq Ash-Shahihah fi Fahm As-Sunnah An-Nabawiyyah karya KH. Ali Mustafa Ya’qub.

Pada kelas ini, para peserta diantarkan pada berbagai metode dalam memahami hadis-hadis Nabi agar dapat dipahami secara proposional. Di antaranya adalah metode ikhtilaful hadis. Bagaimana sikap kita ketika mendapati hadis-hadis yang secara zahirnya saling bertentangan, padahal sama-sama memiliki kualitas yang shahih.

Sementara Kelas Ilmu Hadis Dasar selesai pada hari Selasa 3 Agustus 2021. Kelas ini diikuti 11 peserta. 9 di antaranya adalah peserta yang sama dengan kelas Metode Memahami Sunnah. Mereka dibimbing oleh Ustadzah Annisa Nurul Hasanah Lc. S.Ag alumni S1 Tafsir Hadis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Darus Sunnah Ciputat.

Para peserta belajar setiap hari Senin dan Selasa pukul 16.00 WIB yang diawali dengan membaca Mandzumah Baiquniyah berjumlah 34 bait. Arti dan penjelasan Mandzumah tersebut telah diterbitkan dalam bentuk buku berjudul “Syarah Matan Baiquniyah” karya Abdul Karim Munthe MA; direktur el-Bukhari Institute.

Buku tersebut juga telah dimiliki setiap peserta sebagai buku pedoman. Namun, setiap pertemuan para peserta juga mendapatkan ppt materi sesuai silabus yang disusun dari kitab Taisir Mustalah Hadis karya Dr. Mahmud At-Thahhan sebagai bahan ajar utama.

Pada Kelas Ilmu Hadis Dasar, para peserta dikenalkan dengan beragam istilah-istilah yang ada pada kajian hadis. Mulai dari pengertian dari hadis itu sendiri, atsar, khabar, dan sunnah. Apa saja komponen yang ada pada suatu hadis dan lain sebagainya. Para peserta juga belajar macam-macam hadis berdasarkan kuantitas maupun kualitas sanad.

Selanjutnya, Kelas Takhrij Hadis berakhir pada hari Kamis 5 Agustus 2021. Kelas ini diikuti oleh 9 peserta yang juga mengikuti dua kelas sebelumnya. Mereka memang mendaftar sebagai anggota member Sekolah Hadis. Sehingga, meskipun sekolah hadis pada periode Juli ini telah berakhir, mereka dapat mengikuti sekolah hadis pada periode berikutnya selama setahun tanpa mendaftar lagi. Mereka juga dapat mengakses Sekolah Hadis Online via Hadispedia.

Selain itu, keuntungan yang didapatkan bagi peserta member Sekolah Hadis adalah mereka dapat mengukuti kajian kitab fiqh (Fathul Mu’in) setiap hari Jum’at, kitab hadis (Bulughul Maram) setiap hari Ahad, dan kitab ilmu hadis (Taisir Musthalah Hadis) setiap hari Rabu. Masing-masing diadakan mulai dari pukul 19.30 – 20.30 WIB. Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti kajian secara langsung, mereka akan mendapat video rekamannya yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Kelas Takhrij Hadis dibimbing oleh Ustadzah Izza Farhatin Ilmi, Lc. SS.i. Beliau merupakan kandidat Master di Sekolah Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Konsentrasi Hadis dan Tradisi Kenabian. Para peserta mengikuti kelas ini setiap hari Rabu dan Kamis pukul 16.00 WIB.

Pada kelas ini, mereka dikenalkan pengertian takhrij hadis, berbagai macam metode takhrij hadis baik metode klasik maupun modern. Selain itu, mereka juga diajarkan membuat laporan penelitian takhrij hadis sederhana pada pertemuan keempat. Finalnya, pada pertemuan kedelapan, para peserta mempresentasikan hasil akhir dari penelitian sederhana mereka pada sebuah hadis. Apakah hadis itu bersambung sanadnya atau tidak dan bagaimana kualitas dari masing-masing perawinya.

Setelah selesai mengikuti Sekolah Hadis tersebut, para peserta diberikan soal Ujian Akhir Program (UAP) pada masing-masing kelas yang mereka ikuti. Ujian ini bertujuan untuk mengukur seberapa paham mereka pada materi-materi yang telah diberikan oleh Ustadz/Ustadzah. Bagi peserta yang telah mengerjakan UAP akan diberikan sertifikat beserta peringkat nilai yang didapatkannya dari panitia Sekolah Hadis.

Pak Andhy Arya Ekaputra (Dosen), salah satu peserta member Sekolah Hadis periode ini memberikan testimoninya, “Saya senang sekali selama di el-Bukhari Institute, terutama saat sesi tanya jawab. Para mentor menjawab dengan jelas dan sabar khususnya Ustz. Izza.” Selain itu, Ilham firmansyah (karyawan) salah satu peserta member juga berkata, “Saya senang sekali bisa ikut belajar di sekolah hadis el-bukhari, materi penyajiannya ringan dan mudah ditangkap.” Sementara Rida Roudotus Syarifah (Mahasiswi), yang mengikuti kelas ilmu hadis dasar berkata, “Tutor berkompeten.”

Sekolah Hadis el-Bukhari Institute ini pada mulanya hanya diadakan secara offline sejak tahun 2016 yang bertempat di kantor el-Bukhari Institute di Ciputat. Namun sejak pandemi COVID 19, Sekolah Hadis el-Bukhari Institute akhirnya membuka kelas secara online via zoom meeting sejak bulan puasa tahun 2020. Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik. Bahkan dari berbagai kalangan dan backround yang berbeda sangat antusias mengikuti program ini. Semoga dengan adanya Sekolah Hadis ini dapat mengedukasi masyarakat luas seputar hadis dan ilmu hadis.

 

Rekomendasi

Sekolah Hadis El-Bukhari Institute Sekolah Hadis El-Bukhari Institute

Sekolah Hadis El-Bukhari Institute Membuka Pendaftaran Member Baru Periode Juli – Desember 2021  

Kuasai Tiga Ilmu Memahami Hadis di Sekolah Hadis El-Bukhari Institute

Redaksi
Ditulis oleh

Redaksi bincangmuslimah.com

Komentari

Komentari

Terbaru

cairan kuning setelah haid cairan kuning setelah haid

Menyikapi Cairan Kuning yang Keluar Setelah Haid

Kajian

Perbedaan Kata Membasuh mengusap Perbedaan Kata Membasuh mengusap

Perbedaan Kata Membasuh dan Mengusap pada Rukun Wudhu

Kajian

piagam madinah falsafah hidup piagam madinah falsafah hidup

Piagam Madinah, Falsafah Hidup Berbangsa dan Bernegara

Khazanah

Melaksanakan Pernikahan Bulan Shafar Melaksanakan Pernikahan Bulan Shafar

Melaksanakan Pernikahan di Bulan Shafar, Benarkah Tidak Boleh?

Kajian

aksi dokter sperma makanan aksi dokter sperma makanan

Aksi Dokter Campur Sperma ke Makanan; Kejahatan Seksual Terhadap Perempuan

Muslimah Talk

murtad wajib mengqadha shalat murtad wajib mengqadha shalat

Murtad Lalu Beriman Lagi, Wajib Mengqadha Shalat?

Kajian

koma wajibkah menqadha shalatnya koma wajibkah menqadha shalatnya

Pasien Covid-19 Koma, Wajibkah Ia Mengqadha Shalat Setelah Sembuh?

Kajian

hadis perempuan penduduk neraka hadis perempuan penduduk neraka

Bincang Hadis, Perempuan Penduduk Neraka Terbanyak

Kajian

Trending

makna sekufu dalam pernikahan makna sekufu dalam pernikahan

Memilih Pasangan; Ikhtiar Menuju Pernikahan

Keluarga

anak menolong orang tuanya anak menolong orang tuanya

Bisakah Seorang Anak Menolong Orang Tuanya di Akhirat?

Keluarga

Pakaian di Masa Rasulullah Pakaian di Masa Rasulullah

Pakaian di Masa Rasulullah (2)

Kajian

Perundungan perempuan pengalaman biologis Perundungan perempuan pengalaman biologis

Perundungan Terhadap Perempuan karena Pengalaman Biologis

Muslimah Talk

mahram mertua cerai pasangan mahram mertua cerai pasangan

Status Mahram Mertua Pasca Cerai dari Pasangan

Keluarga

Bagaimana Islam Memandang Konsep Childfree?

Kajian

Menentukan Kriteria Sekufu pernikahan Menentukan Kriteria Sekufu pernikahan

Bagaimana Seharusnya Menentukan Kriteria Sekufu dalam Pernikahan?

Kajian

janda stigma negatif melekat janda stigma negatif melekat

Janda dan Stigma Negatif yang Melekat

Muslimah Talk

Connect