Ikuti Kami

Subscribe

Tak Berkategori

Pandemi Covid-19: Beragam Hikmah Bagi Dunia Pendidikan di Indonesia

BincangMuslimah.Com – Selama masa pandemi Covid-19, pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar dari rumah bagi pelajar dan juga mahasiswa. Bahkan tidak hanya itu, kebijakan ini juga berlaku bagi para pekerja yang diharapkan dapat bekerja dari rumah atau work from home (WFH).  Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus tersebut dengan physical distancing atau menjaga jarak fisik dan mengurangi interaksi sosial di ruang publik.

Dengan adanya virus Covid-19 ini, memberikan dampak yang luar biasa bagi segala aspek kehidupan. Termasuk bagi dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini terlihat dari kegiatan belajar-mengajar yang diadakan secara daring (online). Menggunakan sistem pembelajaran daring seperti ini tentu membutuhkan adaptasi bagi para guru, pelajar dan juga orang tua. Terutama dalam membiasakan diri menggunakan teknologi.

Terlebih ada saja masalah yang muncul bagi para pelajar dan juga guru dalam proses belajar-mengajar secara daring, seperti materi pelajaran yang belum selesai disampaikan oleh guru, sehingga guru menggantinya dengan memberikan tugas. Guru juga harus membuat metode pembelajaran baru secara daring, agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami dengan baik. Selain itu, dengan menggunakan sistem media daring, akses informasi juga dapat terkendala oleh sinyal internet yang mengakibatkan lambatnya koneksi dalam mengakses informasi.

Namun, di balik berbagai masalah yang ada dalam proses pembelajaran dengan sistem media daring ini, ternyata terdapat pula berbagai hikmah bagi dunia pendidikan di Indonesia. Di antaranya, para guru dan pelajar diharuskan mampu menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran secara online. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi mereka yang mungkin belum terbiasa menggunakannya. Tuntutan untuk memahami dan menguasai teknologi digital ini, telah menjadi kebutuhan selama masa pandemi Covid-19. Diharapkan walau pembelajaran dilakukan secara daring, jangan sampai mengurangi kualitas materi pelajaran yang diberikan oleh para guru.

Dikutip dari portal berita Kompas.com, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim, hikmah pandemi Covid-19 akan sangat bermanfaat bagi para guru dan orang tua siswa. Karena Untuk pertama kalinya, guru-guru melakukan pembelajaran secara online menggunakan tools atau perangkat baru dan menyadari bahwa sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di mana pun. Sementara itu, bagi orang tua, mereka akan menyadari betapa sulitnya tugas guru dan tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif. Serta menimbulkan empati kepada para guru yang mungkin sebelumnya belum ada.

Selain itu, terdapat hikmah lainnya bagi para orang tua, yakni mereka bisa dengan mudah dapat membimbing dan membantu anak mereka dalam proses belajar di rumah. Hal tersebut juga akan menimbulkan komunikasi yang lebih intensif antara orang tua dan juga anak, serta dapat menciptakan kedekatan yang lebih erat selama berada di rumah. Karena sejatinya, pendidikan yang efektif tidak akan berhasil tanpa peran, guru, orang tua, dan siswa itu sendiri.

Rekomendasi

Crusita Maharani S
Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

Komentari

Komentari

Terbaru

Menggabungkan Puasa Syawal dengan Puasa Senin Kamis

Ibadah

Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak: Nasehat Nabi Kepada Ummi Athiyah

Keluarga

Melunasi Qadha Puasa Ramadhan Dulu atau Puasa Syawal Dulu?

Ibadah

Bolehkah Puasa Syawal pada Hari Jum’at?

Ibadah

Parenting Islami: Haruskah Memukul Anak Sebagai Bagian dari Pendidikan?  

Keluarga

Kenapa Puasa Syawal Enam Hari Disebut Seperti Puasa Setahun?

Ibadah

Hukum Menggabungkan Puasa Syawal dengan Puasa Qadha

Ibadah

Balaslah Kebaikan Meskipun Hanya Dengan Doa

Ibadah

Trending

Tata Cara I’tikaf di Rumah Selama Masa Pandemi Corona

Ibadah

qadha puasa qadha puasa

Enam Orang Ini, Harus Qadha Puasa Meski Tetap Puasa di Bulan Ramadhan

Video

Mengenal Tipe Kepribadian dari Cara Mengurus Rumah Tangga, Tipe Istri Seperti Apa Kamu?

Muslimah Daily

Mengapa Kita Harus Sahur? Ini Tiga Keutamaan Sahur dalam Sabda Nabi

Ibadah

Sunnah Baca Doa Ini di Akhir Witir Sebelum Salam

Ibadah

Pekerja Perempuan yang Belum Tuntas Haknya

Diari

Doa yang Diberikan Nabi pada Fatimah Az-Zahra saat Hadapi Kegelisahan

Ibadah

bersetubuh saat azan bersetubuh saat azan

Bolehkah Berhubungan Badan dengan Kondom saat Istri Haid?

Kajian

Connect