Ikuti Kami

Muslimah Talk

Nyai Umroh Mahfudzoh; Perempuan di Balik Berdirinya IPPNU

Nyai Umroh Mahfudzoh

BincangMuslimah.Com – Pada hakikatnya, Islam memberikan hak yang sama bagi laki-laki dan perempuan termasuk dalam hal organisasi dan politik. Sebab perempuan juga memiliki hak untuk menyampaikan pendapat dan mengemukakan aspirasinya. Nyai Umroh Mahfudzoh Wahib atau Umroh Mahfudzoh Tolchah Mansoer contohnya, salah satu perempuan yang aktif dalam dunia organisasi maupun politik. 

Nyai Umroh adalah perempuan kelahiran Gresik, 04 Februari 1936. Beliau merupakan putri sulung dari K.H. Wahib Wahab dan Nyai Hj. Siti Channah. Dari silsilah keluarga besarnya, Nyai Umroh merupakan cucu perempuan pertama K.H. Wahab Hasbullah, salah satu pendiri Organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). 

Karena terlahir dari keluarga yang religius, menjadikan Nyai Umroh tumbuh dan mendapatkan pendidikan di lingkungan pesantren sejak kecil khususnya pesantren Tambakberas, Jombang yang merupakan tanah kelahiran sang ayah.

Nyai Umroh muda memulai pendidikan di daerah kelahirannya yang kemudian dilanjutkan ke Madrasah Ibtidaiyah NU, Boto Putih, Surabaya, meski sebelumnya sempat berhenti sekolah. Kegigihannya untuk belajar membuatnya tidak menyerah hingga keinginannya untuk merantau terwujud saat diterima sebagai siswa Sekolah Guru Agama (SGA), Surakarta.

Ketika di SGA, beliau mulai terjun ke dalam dunia organisasi dan juga politik. Salah satunya dengan bergabung ke dalam salah satu organisasi yang berafiliasi dengan SGA yakni organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) sebagai seksi keputrian pada tahun 50-an. 

Pada tahun 1952, Nyai Umroh mulai aktif dalam organisasi di lingkungan NU. Seperti terlibat sebagai wakil ketua Fatayat NU cabang Surakarta, di samping mengajar di Perguruan Tinggi Islam Cokro dan nyantri di pesantren al-Masyhudiyah Keprabon, Solo. 

Banyaknya pengalaman dan semangat beliau akan pendidikan dan kerja sama dalam organisasi membuat Nyai Umroh sadar akan pentingnya organisasi khusus yang akan menaungi para pelajar. Setelah diskusi panjang atas pemikiran pembentukan organisasi pelajar tersebut, sebagai manifestasinya, terbentuklah sebuah organisasi khususnya bagi pelajar perempuan yang dinamakan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) pada tanggal 2 Maret 1955. 

Baca Juga:  Apa Pentingnya Menanyakan Agama Seseorang?

Selain dalam organisasi NU, Nyai Umroh juga aktif berpolitik. Karir politik beliau dimulai sejak beliau menjadi juru kampanye Partai NU pada tahun 50-an dan menjadi bendahara Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP). Keterlibatannya dalam partai PPP ini mengantarkannya terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) D.I. Yogyakarta periode 1982-1987. Karir politiknya terus meningkat dari Wakil Ketua menjadi Pjs. Ketua DPW PPP D.I. Yogyakarta hingga terpilih sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Persatuan Pembangunan selama dua periode. 

Setelah perjalanan panjangnya di dunia politik ini, beliau pernah menikmati masa pensiun pasca pemilu 1997. Namun, tidak selang lama, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang didirikan oleh tokoh-tokoh NU mengajak Nyai Umroh kembali terjun ke dunia politik sebagai salah satu anggota DPR RI hasil pemilu 1999 dari Fraksi Kebangkitan Bangsa.

Meskipun Nyai Umroh memiliki kesibukan yang sangat padat di dunia organisasi dan politik, ia tidak kehilangan karakternya sebagai perempuan yang penyayang dan peduli terhadap keluarga. Beliau merupakan ibu dari tujuh anak dari hasil pernikahannya dengan Tolchah Mansoer yang merupakan pendiri Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). 

Setelah perjuangan panjangnya dalam memperjuangkan aspirasi perempuan melalui organisasi dan politik, Nyai Umroh Mahfuzhoh menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Jum’at , 6 November 2009 di usia ke-73 tahun. Beliau dimakamkan di pemakaman komplek Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Tempelsari, Yogyakarta.

Sepeninggalan beliau, Nyai Umroh dikenal sebagai perempuan yang sangat inspiratif karena beliau adalah perempuan yang gigih dan pantang menyerah. Salah satunya dibuktikan dengan berdirinya organisasi IPPNU sebagai salah satu badan otonom organisasi Islam terbesar di Indonesia (NU) dengan memperjuangkan aspirasi perempuan khususnya para pelajar yang menjadi generasi penerus agama dan bangsa. 

Rekomendasi

Biografi Nyai Iffatul Umniati Biografi Nyai Iffatul Umniati

Biografi Nyai Iffatul Umniati: Figur Ulama Perempuan Seribu Peran

sayyidah nafisah guru syafi'i sayyidah nafisah guru syafi'i

Biografi Singkat Sayyidah Nafisah, Cicit Rasulullah yang menjadi Guru Imam Syafi’i

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

sheila hasina influencer fikih sheila hasina influencer fikih

Ning Sheila Hasina, Influencer Fikih Perempuan

Ditulis oleh

Alumnus Ponpes As'ad Jambi dan Mahad Ali Situbondo. Tertarik pada kajian perempuan dan keislaman.

Komentari

Komentari

Terbaru

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Mengenal Lebih Jauh Macam-macam Pendekatan Gender

Kajian

Kisah cinta Zainab binti Rasulullah Kisah cinta Zainab binti Rasulullah

Kisah Cinta Sayyidah Zainab binti Rasulullah

Muslimah Talk

Hukum kremasi jenazah mualaf Hukum kremasi jenazah mualaf

Hukum Kremasi Jenazah Mualaf

Kajian

Rembuk Ide Rembuk Ide

El-Bukhari Institute Gelar Rembuk Ide, Bahas Moderasi Beragama untuk Gen Z

Berita

Bincang Thaharah; Wudhu Tidak Berurutan, Apakah Tetap Sah?

Video

Perbedaan Haji dan Umrah Perbedaan Haji dan Umrah

Tiga Perbedaan Haji dan Umrah

Ibadah

Syarat-syarat dikabulkannya doa Syarat-syarat dikabulkannya doa

Fungsi dan Syarat-syarat Dikabulkannya Doa  

Ibadah

Larangan bagi Perempuan Haid Larangan bagi Perempuan Haid

Larangan bagi Perempuan Istihadhah

Kajian

Trending

Doa keguguran Doa keguguran

Kehilangan Buah Hati Akibat Keguguran, Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah Ini

Ibadah

masa iddah hadis keutamaan menikah masa iddah hadis keutamaan menikah

10 Hadis Tentang Keutamaan Menikah

Kajian

Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat

Doa agar Terhindar dari Prasangka Buruk pada Allah

Ibadah

Mengenal Rufaidah al-Aslamiyah: Perawat Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam

Muslimah Talk

Mandi junub dan haid Mandi junub dan haid

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Resensi Buku Pernah Tenggelam Resensi Buku Pernah Tenggelam

Resensi Buku Pernah Tenggelam: Halu Berlebihan Menenggelamkan Keimanan?

Diari

Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah

Kisah Bulan Madu Rasul dengan Shafiyah binti Huyay

Muslimah Talk

muslimah mencukur habis rambutnya muslimah mencukur habis rambutnya

Bolehkah Muslimah Mencukur Habis Rambutnya?

Kajian

Connect