Ikuti Kami

Muslimah Talk

Mahsati Ganjavi: Perempuan Cemerlang yang Membangkitkan Muslim Azerbaijan

BincangMuslimah.Com – Penulis perempuan memiliki tempat penting dalam kesusastraan Azerbaijan di mana wilayah tersebut memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Mahsati Ganjavi, seorang perempuan penyair dan filsuf abad ke-12, tidak hanya dikenal di zamannya, tetapi juga di kemudian hari, hingga hari ini. Karya-karyanya dianggap sebagai contoh berharga Azerbaijan dan sastra dunia.

Penyair terbesar Azerbaijan Mahsati Ganjavi, yang hidup di akhir abad ke-11 – awal abad ke-12, adalah perwakilan cemerlang dari kebangkitan Muslim Azerbaijan. Ia disebut-sebut sebagai mutiara kesusastraan Timur dan terkenal dalam kesusastraan abad pertengahan Azerbaijan. Sebagai penyair wanita perempuan yang mencintai kebebasan dan ahli rubai atau syair, puisi atau syair puisi yang terdiri dari empat baris.

Ia menghabiskan masa-masa paling kreatifnya di istana Sultan Mahmud Saljugi dan Sultan Sanjar Saljugi. Lantaran memiliki bakat tak tertandingi dan pemikirannya yang bebas, kepribadian Mahsati Ganjavi memunculkan banyak mitos dan legenda di masyarakat.

Koleksi kuatrain paling lengkap ditemukan di Nozhat al-Majales. Terdapat sekitar 60 syairnya ditemukan di Nozhat al-Majales. Karya penyair adalah filosofis dan syair cinta (rubaiyat), memuliakan kegembiraan hidup dan kepenuhan cinta. Dia menggambarkan cinta sebagai perasaan alami yang rapuh, yang membuat ketenaran pria lebih tinggi.

Puisi-puisinya merefleksikan impian rakyat, terutama para perempuan tentang kehidupan yang bebas dan bahagia. Pikiran menentang obskurantisme juga memegang tempat utama dalam karyanya. Puisi Mahsati dibedakan oleh humanisme dan optimismenya.

Dia biasa menulis Rubai dalam bahasa Persia. Puisinya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Penyair perempuan ini menghabiskan masa-masa terpenting dalam hidupnya di kota Balkh, Marv, Nishapur, Herat dan Marva.

Selain menjadi penyair dan penulis, Mahsati juga berperan aktif dalam masyarakat, mengorganisir lingkaran sastra, dan mengumpulkan gadis-gadis muda di sekitarnya. Saat masih muda, Mahsati Ganjavi meninggalkan Ganja selama beberapa tahun. Dia kemudian kembali ke kampung halamannya dan tinggal di sana sampai akhir hayatnya.

Baca Juga:  Ruang Virtual Membuat Perempuan Tanpa Hambatan, Termasuk dalam Aksi Terorisme

Mahsati Ganjavi digambarkan mampu menyentuh jiwa dan menginspirasi banyak penulis dan penyair selama bertahun-tahun. Karen itulah peringatan 900 tahun karya Mahsati Ganjavi dirayakan oleh UNESCO pada 2013.

Aula yang dinamai penyair itu dibuka di Universitas Upper Alsace di Mulhouse melalui dukungan dari Yayasan Heydar Aliyev. Jalan, sekolah, lembaga akademik, museum, dan beberapa tempat lain dinamai menurut nama Mahsati Ganjavi. Patung Mahsati Ganjavi didirikan di kota Cognac, Prancis.

Untuk mempromosikan budaya Azerbaijan secara luas di seluruh dunia, Yayasan Haidar Aliyev telah mengatur serangkaian acara di Prancis dalam rangka proyek “Nizami Ganjavi dan Mahsati Ganjavi: Jembatan Abadi yang Menghubungkan Abad ke-12 dan ke-21” . Acara lain dari Yayasan ini adalah peresmian patung Mahsati Ganjavi.

Perayaan ulang tahun ke-900 karya Mahsati Ganjavi di UNESCO pada 2013, dan berfungsinya aula yang dinamai Mahsati Ganjavi di Universitas Mulhouse Upper Alsace, dengan dukungan dari Heydar Aliyev Foundation, menjadi perhatian. E. Amirbeyov berterima kasih atas penghormatan yang ditunjukkan terhadap memori penyair PEREMPUAN hebat Azerbaijan di Cognac.

Kemudian wakil walikota Cognac Jean-Francois Herouard, berbicara tentang kreativitas Mahsati Ganjavi, menceritakan salah satu rubaiyatsnya, diiringi musik. Hadirin acara tersebut mengucapkan terima kasih kepada penulis patung Mahsati Ganjavi – Salhab Mammadov dan Ali Ibadullayev – atas karya luar biasa ini. Setelah bertahun-tahun, penyair legendaris masih sangat dihormati karena puisinya yang berani.[]

Rekomendasi

Sutayta al-Mahamli Sutayta al-Mahamli

Sutayta al-Mahamli: Ahli Matematika Muslimah dari Irak

Fatimah binti Sa'd al-Khair Fatimah binti Sa'd al-Khair

Fatimah binti Sa’d al-Khair: Pakar Hadis Perempuan Asal Cina

Hannan Lahham: Mufassir Perempuan Ayat Kekerasan

Nyai Ahmad Dahlan Nyai Ahmad Dahlan

Nyai Ahmad Dahlan, Emansipator Pendidikan Indonesia

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Peran Perempuan Turunnya Alquran Peran Perempuan Turunnya Alquran

Peran Perempuan dalam Peristiwa Turunnya Alquran

Khazanah

suntik vitamin saat puasa suntik vitamin saat puasa

Hukum Suntik Vitamin, Gizi dan Infus saat Puasa?

Kajian

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

Kitab Manbaussa'adah bekal pernikahan Kitab Manbaussa'adah bekal pernikahan

Kitab Manbaussaadah: Bekal dan Persiapan Menuju Pernikahan

Keluarga

Connect