Ikuti Kami

Muslimah Talk

Forum R20: Perkumpulan Pemimpin Agama dalam Mengatasi Konflik

Forum R20 Pemimpin Agama
Source: Kemenag.go.id

BincangMuslimah.com-Pada 2-3 November 2022 lalu, berlangsungnya perkumpulan penting dunia yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia. Forum R20 atau Religion 20 merupakan pertama kalinya dalam sejarah perkumpulan yang diikuti oleh pemimpin lintas agama yang tergabung dalam G20. Dalam G20, selain mengatasi problematika krisis ekonomi, setiap negara juga mempunyai problematika yang tidak kalah pentingnya, yaitu agama. 

Dalam suatu negara, konflik agama memang suatu hal yang tak terhindarkan. Seperti yang terjadi di negara kita, masih hangat di ingatan kita, konflik Papua yang terjadi 2018 silam, tuntutan persekutuan Gereja-gereja di Jayapura (PGGJ) menuntut untuk membongkar menara Masjid Al-Aqsa. Hal tersebut dikarenakan menara tersebut menghalangi pemandangan gereja di sampingnya. 

Pada akhir Juni 2022, India dihebohkan oleh mantan juru bicara Perdana Menteri (PM) yang diduga telah melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad. Kejadian tersebut yang mengakibatkan berbuntut panjang. Beberapa oknum tidak terima akan hal tersebut berakhir untuk menghabisi nyawa orang-orang yang tak bersalah. Hal tersebut berakibat memicu amarah banyak orang. Ratusan orang berkumpul memprotes, meneriakkan slogan-slogan Hindu dan mengibarkan bendera saffron -warna agama Hindu- sebagai tanggapan atas pembunuhan tersebut.  

Di Amerika, 58% Masyarakat Amerika meyakini bahwa Muslim menghadapi banyak diskriminasi oleh lingkungan. Seperti yang kita lihat, para Muslimah sulit untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dengan alasan menutup kepalanya dengan hijab. Masyarakat percaya bahwasannya hal tersebut akibat dari serangan teroris yang terjadi pada 2001. 

Konflik-konflik yang terjadi di atas adalah secuil  gambaran dari beberapa konflik yang tersebab oleh agama. Konflik ini tentu tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja, mereka harus menggandeng kaum agamawan yang berpengaruh besar terhadap masyarakat mereka. Dalam komunitas muslim, NU (Nahdlatul Ulama) adalah representasi organisasi keagamaan yang memiliki anggota sekitar 120 juta jiwa atau lebih dari 40% populasi Indonesia. Selain itu, di komunitas Katolik terdapat Sri Paus Fransiskus yang menjadi pimpinan pusat gereja Katolik di dunia. Aliansi Evangelis Protestan sebagai perwakilan dari komunitas Kristen sebanyak 600 juta jiwa di 143 negara. Keberadaan mereka tentu sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan problematika deharmonisasi agama yang terjadi di masyarakat. 

Baca Juga:  Clarence Seedorf, Legenda AC Milan Masuk Islam, Larangan Mencaci Maki Agama Lain

Sebagai agama yang rahmah lil alamin, Islam mengajarkan umatnya untuk memberi rahmat bagi seluruh manusia. Baik berupa kedamaian dan kasih sayang terhadap umat manusia. Hal ini tertera dalam surah Al-Anbiya ayat 107.  Dari penggalan ayat tersebut, bahwasannya ajaran Islam jika dipahami dengan benar mendatangkan rahmat untuk umat manusia, baik Muslim maupun non-Muslim. Islam sangat keras melarang adanya diskriminasi, baik perbedaan agama, ras, suku dan bangsa. Dari perbedaan tersebut, Allah menciptakan manusia berbeda-beda, akan tetapi perbedaan bukan berarti sesuatu hal yang harus dihindari. Karena perbedaan adalah karunia. 

Tidak berbeda jauh dengan agama Islam, agama-agama lain juga mengajarkan kasih sayang terhadap umat manusia. Agama dibangun berdasarkan asas kasih sayang dan keharmonisan. Untuk R20 digadang sebagai jawaban atas problematika agama yang terjadi di dunia. 

Peran Islam Moderat

Kontribusi R20 dalam pertemuan ini sangat dinanti masyarakat dunia. Peran agama dalam masyarakat yaitu untuk meyakinkan kepada dunia bahwa agama berfungsi sebagai solusi sejati dan dinamis, bukan menjadi problematika di suatu negara. Perkumpulan R20 merupakan bentuk konkrit bagaimana dialog lintas agama dibangun untuk menjawab konflik global. 

Yahya Cholil Staquf, sebagai perwakilan dari NU mengatakan, bahwasannya dunia harus ada aliansi global untuk menampung aspirasi dari masyarakat dunia, karena pada dasarnya setiap orang mempunyai hak untuk mengutarakan pendapatnya. R20 juga diharapkan sebagai jembatan lintas agama untuk saling berbagi keluh kesah baik sosial, politik dan khususnya agama di berbagai negara. Dengan begitu diharapkan terciptanya tatanan agama yang harmonis dan dan mulia di setiap negara. Juga meminimalisir pertumpah darahan setiap umat manusia.

Terakhir, Yahya Cholil berharap bahwasannya forum R20 yang melibatkan para pemimpin lintas agama adalah langkah baru untuk tatanan dunia yang lebih terkendali. Untuk itu, R20 diharapkan akan terus berlanjut untuk menjawab problematika keagamaan.

Rekomendasi

Ajaran Alquran tentang Toleransi Ajaran Alquran tentang Toleransi

Ajaran Alquran tentang Toleransi dalam Surat Yunus

Perempuan Hidup di Palestina Perempuan Hidup di Palestina

Nasib Perempuan yang Hidup di Palestina

toleransi perjumpaan Islam Nasrani toleransi perjumpaan Islam Nasrani

Toleransi: Perjumpaan Islam dengan Nasrani dan Romawi

Hukum Menghadiri Undangan Natal Hukum Menghadiri Undangan Natal

Hukum Menghadiri Undangan Natal yang Diadakan di Tempat Kerja

Ditulis oleh

Mahasiswi Universitas Al-Azhar, Kairo jurusan Akidah dan Filsafat.

2 Komentar

2 Comments

Komentari

Terbaru

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

kisah fatimah idul fitri kisah fatimah idul fitri

Kisah Sayyidah Fatimah Merayakan Idul Fitri

Khazanah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect