Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Talk

Forum R20: Perkumpulan Pemimpin Agama dalam Mengatasi Konflik

Forum R20 Pemimpin Agama
Source: Kemenag.go.id

BincangMuslimah.com-Pada 2-3 November 2022 lalu, berlangsungnya perkumpulan penting dunia yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia. Forum R20 atau Religion 20 merupakan pertama kalinya dalam sejarah perkumpulan yang diikuti oleh pemimpin lintas agama yang tergabung dalam G20. Dalam G20, selain mengatasi problematika krisis ekonomi, setiap negara juga mempunyai problematika yang tidak kalah pentingnya, yaitu agama. 

Dalam suatu negara, konflik agama memang suatu hal yang tak terhindarkan. Seperti yang terjadi di negara kita, masih hangat di ingatan kita, konflik Papua yang terjadi 2018 silam, tuntutan persekutuan Gereja-gereja di Jayapura (PGGJ) menuntut untuk membongkar menara Masjid Al-Aqsa. Hal tersebut dikarenakan menara tersebut menghalangi pemandangan gereja di sampingnya. 

Pada akhir Juni 2022, India dihebohkan oleh mantan juru bicara Perdana Menteri (PM) yang diduga telah melakukan penghinaan terhadap Nabi Muhammad. Kejadian tersebut yang mengakibatkan berbuntut panjang. Beberapa oknum tidak terima akan hal tersebut berakhir untuk menghabisi nyawa orang-orang yang tak bersalah. Hal tersebut berakibat memicu amarah banyak orang. Ratusan orang berkumpul memprotes, meneriakkan slogan-slogan Hindu dan mengibarkan bendera saffron -warna agama Hindu- sebagai tanggapan atas pembunuhan tersebut.  

Di Amerika, 58% Masyarakat Amerika meyakini bahwa Muslim menghadapi banyak diskriminasi oleh lingkungan. Seperti yang kita lihat, para Muslimah sulit untuk mendapatkan lapangan pekerjaan dengan alasan menutup kepalanya dengan hijab. Masyarakat percaya bahwasannya hal tersebut akibat dari serangan teroris yang terjadi pada 2001. 

Konflik-konflik yang terjadi di atas adalah secuil  gambaran dari beberapa konflik yang tersebab oleh agama. Konflik ini tentu tidak bisa diselesaikan oleh pemerintah saja, mereka harus menggandeng kaum agamawan yang berpengaruh besar terhadap masyarakat mereka. Dalam komunitas muslim, NU (Nahdlatul Ulama) adalah representasi organisasi keagamaan yang memiliki anggota sekitar 120 juta jiwa atau lebih dari 40% populasi Indonesia. Selain itu, di komunitas Katolik terdapat Sri Paus Fransiskus yang menjadi pimpinan pusat gereja Katolik di dunia. Aliansi Evangelis Protestan sebagai perwakilan dari komunitas Kristen sebanyak 600 juta jiwa di 143 negara. Keberadaan mereka tentu sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan problematika deharmonisasi agama yang terjadi di masyarakat. 

Sebagai agama yang rahmah lil alamin, Islam mengajarkan umatnya untuk memberi rahmat bagi seluruh manusia. Baik berupa kedamaian dan kasih sayang terhadap umat manusia. Hal ini tertera dalam surah Al-Anbiya ayat 107.  Dari penggalan ayat tersebut, bahwasannya ajaran Islam jika dipahami dengan benar mendatangkan rahmat untuk umat manusia, baik Muslim maupun non-Muslim. Islam sangat keras melarang adanya diskriminasi, baik perbedaan agama, ras, suku dan bangsa. Dari perbedaan tersebut, Allah menciptakan manusia berbeda-beda, akan tetapi perbedaan bukan berarti sesuatu hal yang harus dihindari. Karena perbedaan adalah karunia. 

Tidak berbeda jauh dengan agama Islam, agama-agama lain juga mengajarkan kasih sayang terhadap umat manusia. Agama dibangun berdasarkan asas kasih sayang dan keharmonisan. Untuk R20 digadang sebagai jawaban atas problematika agama yang terjadi di dunia. 

Peran Islam Moderat

Kontribusi R20 dalam pertemuan ini sangat dinanti masyarakat dunia. Peran agama dalam masyarakat yaitu untuk meyakinkan kepada dunia bahwa agama berfungsi sebagai solusi sejati dan dinamis, bukan menjadi problematika di suatu negara. Perkumpulan R20 merupakan bentuk konkrit bagaimana dialog lintas agama dibangun untuk menjawab konflik global. 

Yahya Cholil Staquf, sebagai perwakilan dari NU mengatakan, bahwasannya dunia harus ada aliansi global untuk menampung aspirasi dari masyarakat dunia, karena pada dasarnya setiap orang mempunyai hak untuk mengutarakan pendapatnya. R20 juga diharapkan sebagai jembatan lintas agama untuk saling berbagi keluh kesah baik sosial, politik dan khususnya agama di berbagai negara. Dengan begitu diharapkan terciptanya tatanan agama yang harmonis dan dan mulia di setiap negara. Juga meminimalisir pertumpah darahan setiap umat manusia.

Terakhir, Yahya Cholil berharap bahwasannya forum R20 yang melibatkan para pemimpin lintas agama adalah langkah baru untuk tatanan dunia yang lebih terkendali. Untuk itu, R20 diharapkan akan terus berlanjut untuk menjawab problematika keagamaan.

Rekomendasi

anak muda mengarah ekstrimisme anak muda mengarah ekstrimisme

Fenomena Keagamaan Anak Muda yang Mengarah pada Ekstrimisme

nabi rumah non muslim nabi rumah non muslim

Wali Kota Cilegon Tanda Tangan Penolakan Gereja, Begini Sikap Sahabat Nabi Mengenai Rumah Ibadah Non Muslim

regulasi busana lingkungan pendidikan regulasi busana lingkungan pendidikan

Komnas Perempuan: Regulasi Busana Berdasar Ajaran Salah Satu Agama di Lingkungan Pendidikan

ibnu rusyd metode berfilsafat ibnu rusyd metode berfilsafat

Kisah Ibnu Rusyd yang Pernah Ditolong oleh Yahudi

Avatar
Ditulis oleh

Komentari

Komentari

Terbaru

cKeutamaan Membaca Ayat Kursi cKeutamaan Membaca Ayat Kursi

Keutamaan Membaca Ayat Kursi Menurut Hadis Nabi

Kajian

Karakteristik Moderat Agama Islam Karakteristik Moderat Agama Islam

Makna Karakteristik Moderat dalam Agama Islam

Kajian

Meneguhkan Peran Ulama Perempuan Meneguhkan Peran Ulama Perempuan

Meneguhkan Peran Ulama Perempuan di KUPI II, Kamaruddin Amin: Otoritas Keilmuan Perempuan Diakui dalam Islam

Kajian

Islam Mengusung Visi Perdamaian Islam Mengusung Visi Perdamaian

Islam Sejak Awal Mengusung Visi Perdamaian

Muslimah Talk

Hukum Merayakan Kemenangan Berpesta Hukum Merayakan Kemenangan Berpesta

Hukum Merayakan Kemenangan dengan Berpesta

Kajian

LGBT Piala Dunia Qatar LGBT Piala Dunia Qatar

Menyikapi Kontroversi LGBT Piala Dunia Qatar 2022

Kajian

Alif Iqra, Guru Al-Quran Eks HTI KUPI II Alif Iqra, Guru Al-Quran Eks HTI KUPI II

Berbincang dengan Salah Satu Eks HTI di KUPI II, Bu Sulis; Ekonomi Menjadi Salah Satu Faktornya

Wawancara

kupi ii 8 rekomendasi kupi ii 8 rekomendasi

Musyawarah KUPI II Telah Berakhir, Berikut 8 Rekomendasi yang Dihasilkan

Berita

Trending

Doa Hendak Masuk Pasar Doa Hendak Masuk Pasar

Doa Saat Hendak Masuk Pasar

Ibadah

Bahaya Anal Seks Perspektif Hukum Islam dan Kesehatan Bahaya Anal Seks Perspektif Hukum Islam dan Kesehatan

Bahaya Anal Seks Perspektif Hukum Islam dan Kesehatan

Kajian

Amalan Sunnah Hari Jumat Amalan Sunnah Hari Jumat

3 Amalan Sunnah di Hari Jumat

Kajian

Hukum Meletakkan Al-Qur’an dalam Keadaan Terbuka Hukum Meletakkan Al-Qur’an dalam Keadaan Terbuka

Hukum Meletakkan Al-Qur’an dalam Keadaan Terbuka

Ibadah

Sujud Syukur Pemain Bola Sujud Syukur Pemain Bola

Hukum Sujud Syukur bagi Pemain Bola Setelah Mencetak Gol

Kajian

Berhubungan Badan Sebelum Mandi Berhubungan Badan Sebelum Mandi

Bolehkah Berhubungan Badan Sebelum Mandi Wajib Pasca Haid?

Kajian

Tuntunan Hidup Minimalis Al-Qur’an Tuntunan Hidup Minimalis Al-Qur’an

Tuntunan Hidup Minimalis dalam Al-Qur’an

Kajian

cara shalat gerhana bulan cara shalat gerhana bulan

Tata Cara Shalat Gerhana Bulan

Kajian

Connect