Ikuti Kami

Muslimah Daily

Mengenal Lima Jenis Bahan Hijab yang Nyaman untuk Dipakai Beraktifitas Seharian

BincangMuslimah.ComMuslimah dan hijab adalah satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Bahkan jaman sekarang sudah tersedia hijab untuk balita. Hal tersebut menunjukkan betapa urgennya sebuah edukasi dalam menurut aurat. Sebagian orang tua membiasakan memakai hijab dari kecil, meskipun tidak semuanya. Nah, para muslimah tentu perlu mengenal bahan-bahan hijab yang nyaman untuk dipakai beraktifitas di luar ruangan seharian, bukan?

Apalagi hijab merupakan salah satu icon dari perempuan muslim. Hal tersebut berdasarkan ajaran yang tersirat dalam QS An Nur ayat 31:

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖوَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖوَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ  …

Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka ….”

Hijab jaman sekarang banyak modelnya, banyak juga jenis bahannya. Untuk bisa nyaman dan aman saat menggunakan hijab, tak ada salahnya kita mengenal lima bahan hijab yang sering dijumpai di sekitar kita.

1. Bahan sifon, jenis bahan hijab yang perlu memakai ciput di dalamnya. Sebab bahan hijab ini memiliki sifat yang licin dan panas. Bahan ini terbuat dari campuran bahan kapas, sutra dan serat sentesis. Jenis hijab yang berbahan ini biasa dipakai saat acara semi formal, sebab hijab sifon ini terkesan dengan penampilan yang elegan.

2. Bahan sutra, jenis hijab kedua ini sesuai dengan bahan dasarnya sutra yang membuat tampilannya sangat lembut. Dingin dan lembut adalah rasa kan hadir ketika kita menggunakan hijab bahan sutra ini. Tidak heran jika harganya lebih mahal daripada hijab lainnya. Sama dengan baju sutra, hijab yang berbahan sutra ini juga butu perawatan yang sangat baik agar bisa bertahan lama. Sesuai dengan harga dan perawatannya, hijab jenis ini bisa memberikan kenyamanan yang maksimal di setiap acara.

Baca Juga:  SKB 3 Menteri Harus Dijalankan

3. Bahan spandex, jenis hijab yang mampu menyerap keringat dengan baik. Kelebihan itulah membuat jenis hijab ini banyak diminati orang, baik dari kalangan bawah maupun atas. Dan satu lagi kelebihannya, jenis hijab ini mudah dibentuk dan dimodif dengan berbagai macam gaya. Bahan spandex ini juga memerlukan perawatan yang baik agar tidak melar.

4. Bahan rayon, jenis hijab yang akan memberikan kesan penampilan yang casual. Adem dan nyaman ketika digunakan, namun nudah kusut. Untuk menggunakan bahan hijab yang jenis rayon ini, kita perlu memperhatikan kapan kita memakainya. Mengapa demikian? karena jenis hijab yang ini gampang sekali menyerap keringat, sehingga kadang membuat bau tak sedap

5. Bahan katun, jenis hijab yang pasti bersahabat di manapun dan acara apapun. Jenis hijab yang ini yang paling banyak digunakan untuk hijab keseharian. Bahannya halus, dingin, dan santai aja dibawa kemanapun. Jilbab ini mungkin banyak dikenal dengan “paris”, hijab yang harga dan pemakaiannya bikin nyaman dan aman. Tak salah jika sebagian besar muslimah menjatuhkan pilihannya pada hijab jenis ini.

Lima jenis bahan hijab di atas memiliki plus dan minusnya masing-masing. Kita bisa menentukan pilihan hijab yang mana yang hendak kita pakai sesuai selera saja. Yang terpenting adalah kenyamanan, sehingga tidak ada gangguan ketika kita memakainnya. Dan satu lagi, tolong perhatikan acara dan waktunya untuk mencocokkan hijab mana yang harus dipilih ya.

Rekomendasi

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Makna aurat buya syakur Makna aurat buya syakur

Empat Makna Aurat Menurut Buya Syakur Yasin

pakaian perempuan jahiliah pakaian perempuan jahiliah

Pakaian Perempuan Masa Jahiliah vs Masa Islam

Muslimah Harus Berhijab Panjang Muslimah Harus Berhijab Panjang

Tafsir An-Nur Ayat 31: Apakah Muslimah Harus Berhijab Panjang?

Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

3 Komentar

3 Comments

  1. Pingback: Ini Lima Bahan Hijab yang Nyaman untuk Muslimah - Bincang Syariah

  2. Pingback: Lima Resep Merawat Rambut untuk Muslimah yang Berhijab | Alhamdulillah Shollu Alan Nabi #JumatBerkah - Ajeng .Net

  3. Pingback: Mengenal Lima Jenis Bahan Hijab yang Nyaman untuk Dipakai Seharian | Alhamdulillah Shollu Alan Nabi #JumatBerkah - Ajeng .Net

Komentari

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect