Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Komunitas Bincang Muslimah Adakan Pelatihan Menulis untuk Rayakan Harlah Pertama

BincangMuslimah.Com – Dalam rangka memperingati harlah pertama, Komunitas Bincang Muslimah mengadakan acara Pelatihan Menulis Keislaman dengan tema “Islam dan Gender”. Acara tersebut berlangsung mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 via zoom meeting pada Sabtu, (29/08/20).

Acara ini dimoderatori oleh saudari Unaesah Rahmah yang menjabat sebagai penanggung jawab konten Podcast Bincang Muslimah. Adapun peserta yang hadir sekitar 31 orang. Mereka terdiri dari redaktur tetap, kontributor, serta peserta yang mendaftar kepada panitia dengan menyetorkan tulisan terlebih dahulu.

Acara dibuka dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Abdul Karim Munte. Ia adalah Direktur el-Bukhari Institute; lembaga yang menaungi Bincang Muslimah. Ia berharap agar ikhtiar dan tujuan berdirinya Bincang Muslimah ini dapat tercapai. Yakni perbedaan antara perempuan dan laki-laki di ruang publik bisa diminimalisir dengan konten-konten yang dibuat oleh Bincang Muslimah.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh penanggung jawab Website BincangMuslima.Com; Neneng Magfiro. Neneng menjelaskan bahwa Bincang Muslimah hadir untuk mengisi kekosongan publik dari konten-konten Islam yang ramah terhadap perempuan. Sehingga, ia mengharapkan kepada perempuan-perempuan muslimah untuk dapat mengeluarkan idenya lewat website BincangMuslimah. Neneng juga berharap dengan acara penulisan ini dapat menambah wawasan dan memperkaya prespektif tentang Islam dan Gender.

Adapun narasumber yang dihadirkan oleh Bincang Muslimah adalah Bapak Imam Nahe’i; Komisioner Komnas Perempuan 2020-2024. Beliau menyampaikan terkait dengan ketimpangan Gender dan Hak Asasi Perempuan yang Terabaikan di Indonesia.

Pembicara kedua adalah ibu Mustafsirah Marcoes atau lebih dikenal dengan nama Lies Marcoes Natsir. Ia adalah Pakar Kajian dan Gender dari Rumah Kita Bersama. Ia mengisi terkait dengan Konsep Dasar Gender dan Konstruksi Agama. Selain itu, Bu Lies juga mengajarkan tentang Teknik Menulis Feminis. Insya Allah notulensi dari kedua pemateri tersebut akan ditulis dalam satu tulisan tersendiri.

Output dari acara ini adalah para peserta dapat langsung mempratekkan menulis dengan berbasis keadilan gender. Oleh sebab itu, setelah acara inti dari para pemateri, panitia mengadakan acara praktek menulis. Para peserta diwajibkan menulis selama kurang lebih satu jam lalu dipresentasikan dan dikomentari oleh para redaktur tetap Bincang Muslimah.

Sebagai pemanis dari acara ini, panitia Bincang Muslimah mengadakan give away untuk penanya, penulis artikel, dan caption storygram terbaik. Penanya terbaik diraih oleh saudari Sofwatul Ummah. Penulis artikel terbaik diraih oleh Zahrotun Nafisah dengan judul Kehadiran Al-Qur’an Memuliakan Perempuan Menstruasi. Sedangkan pemenang caption storygram terbaik adalah Auniya F. Fajry.

Thanks to @bincangmuslimahdotcom for providing us very useful writing workshop. Saya ingin ajak teman-teman untuk mengingat ini; jalan perjuangan kesetaraan gender masih panjang. Jadi, jangan ragu untuk tuangkan argumen dan gagasanmu dengan menulis. Sebab menulis membuat idemu kekal abadi,” ujar Auniya  di dalam storygramnya.

Respon positif pun disampaikan oleh para peserta. Di antaranya sebagaimana disampaikan oleh @Agi_oktaa di dalam kolom komentar Ig @bincangmuslimahdotcom.

“Training menarik dan luar biasa. Baru kali ini training dari jam 9 sampai 14 tapi nggak berasa lelah melainkan terus semangat. ^-^ ^-^ Suka sekali dengan narasumber-narasumber yang dihadirkan. Terima kasih atas kesempatannya. Semoga bisa menjadi kontributor di bincangmuslimah.com. Sukses selalu @bincangmuslimahdotcom,” ucap Agidia.

Rekomendasi

Annisa Nurul Hasanah
Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

menggugurkan kandungan hasil perkosaan menggugurkan kandungan hasil perkosaan

Bolehkah Menggugurkan Kandungan Hasil Perkosaan?

Kajian

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

diamnya gadis dikhitbah setuju diamnya gadis dikhitbah setuju

Apakah Diamnya Seorang Gadis Saat Dikhitbah Berarti Setuju?

Kajian

akikah perempuan setengah laki akikah perempuan setengah laki

Benarkah Akikah Perempuan Memiliki Nilai Setengah dari Laki-Laki?

Kajian

kesejahteraan guru belum tercapai kesejahteraan guru belum tercapai

Pandangan Islam akan Kesejahteraan Guru yang Belum Tercapai

Kajian

sosok ajaran penyembah berhala sosok ajaran penyembah berhala

Sosok Pembawa Ajaran Penyembah Berhala ke Mekkah

Khazanah

perempuan mel shalat jenazah perempuan mel shalat jenazah

Perempuan Melakukan Shalat Jenazah, Benarkah Tidak Boleh?

Kajian

Kyai Kholil Bangkalan Sang Maha Guru

Khazanah

Trending

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Doa Agar Diberikan Jodoh yang Shalih

Ibadah

perempuan berdua sopir taksi perempuan berdua sopir taksi

Perempuan hanya Berdua dengan Sopir Taksi, Apakah Disebut Khalwat?

Kajian

Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga

Belajar dari Film ‘Maid’; Mengenal Kekerasan Psikis dalam Rumah Tangga

Muslimah Talk

mentoring poligami meraup keuntungan mentoring poligami meraup keuntungan

Trend Mentoring Poligami, Kedok Meraup Keuntungan

Kajian

hari anti kekerasan perempuan hari anti kekerasan perempuan

Begal Payudara di Duren Sawit; Stop Menyalahkan Pakaian yang Dikenakan Korban Pelecehan Seksual

Muslimah Talk

Hukum Memutus Silaturrahim Ulama Hukum Memutus Silaturrahim Ulama

Hukum Memutus Silaturrahim Menurut Ulama

Kajian

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Baca Doa Ini Jika Rindu pada Seseorang yang Kamu Sayang

Kajian

suami perlu rida istri suami perlu rida istri

Suami Pun Perlu Mengejar Rida dari Istri

Kajian

Connect