Ikuti Kami

Muslimah Daily

Komunitas Bincang Muslimah Adakan Pelatihan Menulis untuk Rayakan Harlah Pertama

BincangMuslimah.Com – Dalam rangka memperingati harlah pertama, Komunitas Bincang Muslimah mengadakan acara Pelatihan Menulis Keislaman dengan tema “Islam dan Gender”. Acara tersebut berlangsung mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 via zoom meeting pada Sabtu, (29/08/20).

Acara ini dimoderatori oleh saudari Unaesah Rahmah yang menjabat sebagai penanggung jawab konten Podcast Bincang Muslimah. Adapun peserta yang hadir sekitar 31 orang. Mereka terdiri dari redaktur tetap, kontributor, serta peserta yang mendaftar kepada panitia dengan menyetorkan tulisan terlebih dahulu.

Acara dibuka dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Abdul Karim Munte. Ia adalah Direktur el-Bukhari Institute; lembaga yang menaungi Bincang Muslimah. Ia berharap agar ikhtiar dan tujuan berdirinya Bincang Muslimah ini dapat tercapai. Yakni perbedaan antara perempuan dan laki-laki di ruang publik bisa diminimalisir dengan konten-konten yang dibuat oleh Bincang Muslimah.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh penanggung jawab Website BincangMuslima.Com; Neneng Magfiro. Neneng menjelaskan bahwa Bincang Muslimah hadir untuk mengisi kekosongan publik dari konten-konten Islam yang ramah terhadap perempuan. Sehingga, ia mengharapkan kepada perempuan-perempuan muslimah untuk dapat mengeluarkan idenya lewat website BincangMuslimah. Neneng juga berharap dengan acara penulisan ini dapat menambah wawasan dan memperkaya prespektif tentang Islam dan Gender.

Adapun narasumber yang dihadirkan oleh Bincang Muslimah adalah Bapak Imam Nahe’i; Komisioner Komnas Perempuan 2020-2024. Beliau menyampaikan terkait dengan ketimpangan Gender dan Hak Asasi Perempuan yang Terabaikan di Indonesia.

Pembicara kedua adalah ibu Mustafsirah Marcoes atau lebih dikenal dengan nama Lies Marcoes Natsir. Ia adalah Pakar Kajian dan Gender dari Rumah Kita Bersama. Ia mengisi terkait dengan Konsep Dasar Gender dan Konstruksi Agama. Selain itu, Bu Lies juga mengajarkan tentang Teknik Menulis Feminis. Insya Allah notulensi dari kedua pemateri tersebut akan ditulis dalam satu tulisan tersendiri.

Baca Juga:  Sudahi Stigma dan Beri Dukungan Positif untuk Penderita Covid 19

Output dari acara ini adalah para peserta dapat langsung mempratekkan menulis dengan berbasis keadilan gender. Oleh sebab itu, setelah acara inti dari para pemateri, panitia mengadakan acara praktek menulis. Para peserta diwajibkan menulis selama kurang lebih satu jam lalu dipresentasikan dan dikomentari oleh para redaktur tetap Bincang Muslimah.

Sebagai pemanis dari acara ini, panitia Bincang Muslimah mengadakan give away untuk penanya, penulis artikel, dan caption storygram terbaik. Penanya terbaik diraih oleh saudari Sofwatul Ummah. Penulis artikel terbaik diraih oleh Zahrotun Nafisah dengan judul Kehadiran Al-Qur’an Memuliakan Perempuan Menstruasi. Sedangkan pemenang caption storygram terbaik adalah Auniya F. Fajry.

Thanks to @bincangmuslimahdotcom for providing us very useful writing workshop. Saya ingin ajak teman-teman untuk mengingat ini; jalan perjuangan kesetaraan gender masih panjang. Jadi, jangan ragu untuk tuangkan argumen dan gagasanmu dengan menulis. Sebab menulis membuat idemu kekal abadi,” ujar Auniya  di dalam storygramnya.

Respon positif pun disampaikan oleh para peserta. Di antaranya sebagaimana disampaikan oleh @Agi_oktaa di dalam kolom komentar Ig @bincangmuslimahdotcom.

“Training menarik dan luar biasa. Baru kali ini training dari jam 9 sampai 14 tapi nggak berasa lelah melainkan terus semangat. ^-^ ^-^ Suka sekali dengan narasumber-narasumber yang dihadirkan. Terima kasih atas kesempatannya. Semoga bisa menjadi kontributor di bincangmuslimah.com. Sukses selalu @bincangmuslimahdotcom,” ucap Agidia.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect