Ikuti Kami

Muslimah Daily

Membangun Empati dan Toleransi antar Perempuan

Muslimah Harus Berhijab Panjang

BincangMuslimah.Com – Penulis menyinggung kata empati dan toleransi dengan perempuan sebagai subjeknya dan perempuan lainnya sebagai objeknya. Kenapa? Alasan pertama, penulis adalah seorang perempuan. Alasa kedua, membangun toleransi dan empati antar perempuan sendiri dirasa sangat penting dalam timeframe zaman now. Hal tersebut juga berkenaan dengan pentingnya peran para perempuan dalam membangun peradaban bangsa ini.

Berdasarkan survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015 bahwasanya jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2020, populasi penduduk Indonesia telah mencapai 269,6 juta jiwa. Berdasarkan Databoks tanggal 2 Januari 2020. Angka tersebut terdiri dari 135,34 juta laki-laki dan 134, 27 jiwa perempuan.

Badan Pusat Statistika (BPS) tahun 2020 menyebutkan bahwa jumlah usia produktif (15-64) sebanyak 185,34 juta Jiwa. Dan diproyeksikan bahwa jumlah penduduk perempuan mulai 2032 lebih banyak dari laki-laki. Dengan populasi perempuan yang lebih banyak dari laki-laki, otomatis peran perempuan terkait empati dan toleransi akan sangat berdampak besar bagi kehidupan.

Bagi perempuan yang masuk dalam usia produktif maka, kebanyakan telah mempunyai pola pemikiran yang sudah terasah dalam menentukan keputusan. Dimana keputusan tersebut sudah dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Proses pendewasaan diri akan berkembang pada usia ini. Sehingga diharapkan, para perempuan telah mempunyai sikap bijaksana, membawa aura yang menenangkan dan mendamaikan. Pada rentang usia produktif inilah antara perempuan satu dan lainnya banyak melakukan aksi dan interaksi. Oleh karena itu, perempuan akan membawa hasil dari aksi dan interaksinya tersebut. Atas dasar pengaruh untuk bertoleransi dan berempati dengan sesamanya.

Dalam timeframe jaman now, jaman digital, jaman medsos yang sekarang inilah kita para perempuan hidup. Terjebak dalam arus kekinian dan digitalisasi yang tak terelakkan. Terlebih biasanya akan ada ruang kosong antara perempuan perkotaan dan pedesaan. Dimana perempuan perkotaan sudah mengenyam pendidikan cukup tinggi dan sebaliknya dengan perempuan pedesaan.

Baca Juga:  Shalat Seorang Perempuan Ketika hendak Melahirkan

Media sosial telah berperan dalam mengungkapkan bahwa masih ada perdebatan yang terjadi antar ruang perempuan sendiri. Memperdebatkan antara memilih sebagai ibu rumah tangga atau perempuan karir. Atau tentang perempuan muslim yang berjihab dan tidak berhijab. Dan juga tentang pandangan perempuan yang sudah menikah dan single. Lagi-lagi hal tersebut dilontarkan bukan dari laki-laki kepada perempuan akan tetapi justru antar perempuan sendiri.

Inilah yang menjadikan empati dan toleransi antar perempuan sangatlah penting untuk ditumbuhkan. Hal yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa empati dan toleransi yakni saling membuka mindset, dan saling menghormati pendapat. Perempuan yang notabennya berpendidikan bisa memulai untuk menyuarakan empatinya serta tolerasinya. Memberikan contoh yang baik untuk membangun sinergitas antar perempuan. Sehingga diharapkan akan tumbuh rasa kasih sayang antar perempuan.

Para perempuan hendaknya mengetahui potensi dalam dirinya tanpa harus menjatuhkan perempuan lainnya. Tak ada yang tahu potensi diri selain diri kita sendiri. Maka, kepercayaan diri harus dibangun untuk meraih impian-impian.

“Kepercayaan diri adalah mengetahui impian masing-masing. Para perempuan yang gagal menghargai diri sendiri tak punya kesempatan kedua untuk menilai orang lain, apalagi menghakimi sesama perempuan. Perempuan harusnya saling bergandengan tangan. Bukan malah saling menjatuhkan.” dikutip dari Najwa Shihab dalam channel You Tube Najwa Shihab.

Pilihan perempuan sebagai ibu rumah tangga atau perempuan karir atau bahkan dua-duanya harus sama-sama kita dukung. Yang bekerja dengan sepenuh hatinya. Jangan sampai perempuan sendiri yang mendiskriminasi perempuan lainnya. Demikian dengan pilihan perempuan berhijab atau tidak, menikah atau single. Itu merupakan ranah pribadi seseorang. Dan wajib bagi kita untuk menghormati, bersikap toleransi, dan berempati atas keputusannya.

Dengan banyaknya jumlah produktif perempuan di Indonesia, maka saling membangun sinergitas, saling menumbuhkan toleransi serta empati antara satu perempuan dan perempuan lainnya akan menjadikan bangsa Indonesia mempunyai peradaban yang baik.

Baca Juga:  Toleransi: Perjumpaan Islam dengan Nasrani dan Romawi

Dalam wawancaranya bersama DAAI TV dalam channel You Tube Filantropi, Yenny Wahid (Direktur Wahid Foundation) menjelaskan pentingnya peran perempuan dalam sosial kemasyarakatan berbasis toleransi. Dengan adanya Peace Village (Desa damai), yang merupakan salah satu program Wahid Foundation diharapkan dapat menguatkan perempuan dalam kohesi sosial di masyarakat. Terlebih bagi perempuan di pedesaan. Salah satu kegiatannya yakni adanya pelatihan toleransi dan perdamaian bagi perempuan.

Hal ini adalah cerminan bahwa membangun empati serta toleransi antara perempuan memang sangatlah penting guna membangun perdamaian di tengah masyarakat. Setiap anggota perempuan yang terlibat harus berikrar untuk menanamkan rasa menghormati satu sama lain, tidak memandang latar belakang agama atau budaya, serta harus saling tolong menolong.

Kedua tokoh tersebut sudah cukup mewakili bahwa narasi tentang membangun potensi antar perempuan dalam ranah empati dan toleransi harus ditumbuhkan. Ini pula yang harus dipahami oleh para perempuan negeri ini, juga remaja-remaja putrinya, para penerus peradaban. Agar dapat membentuk kehidupan yang lebih baik di masa mendatang.

Rekomendasi

Citra Perempuan dalam alquran Citra Perempuan dalam alquran

Bagaimana Citra Perempuan Ideal dalam Alquran?

menghilangkan Stigma Negatif Janda menghilangkan Stigma Negatif Janda

Pentingnya Menghilangkan Stigma Negatif terhadap Janda

orangtua dan guru perempuan berprofesi guru orangtua dan guru perempuan berprofesi guru

Peran Ganda Perempuan yang Berprofesi Guru

Faktor-Faktor Psikologis Baby Blues Faktor-Faktor Psikologis Baby Blues

Faktor-faktor Psikologis yang Mempengaruhi Baby Blues

Ditulis oleh

Alumni MA Salafiyah Kajen yang menamatkan kuliah di Program Jurusan Fisika Univesitas Diponegoro. Saat ini sedang merintis perpustakaan dan hobi menulis. Pernah menyabet juara 1 lomba puisi nasional dan menjuarai beberapa Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Komentari

Komentari

Terbaru

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect