Ikuti Kami

Muslimah Daily

Ghosting dalam Hubungan, Kenapa Lebih Menyakitkan daripada Putus?

Ghosting dalam Hubungan

BincangMuslimah.Com – Awal Maret lalu media sosial dihebohkan dengan cuitan akun Instagram, @meilia_lau, ibunda Felicia, mengunggah sebuah foto bersama putrinya dan Kaesang. Dia juga menuliskan Kaesang pernah berjanji menikahi anaknya pada Desember 2020.

Tapi ternyata Kaesang disebut menghilang pada Januari 2021. Menghilangnya Kaesang ini kemudian netizen menyebut ini Ghosting. Dalam bentuk yang paling klasik, ghosting dicontohkan dengan enggan bertemu kembali dengan sang mantan, seperti tidak membalas chat saat ia mengirim pesan juga bisa enggan bertemu kembali dengan sang mantan dengan tidak membukakan pintu saat ia datang.

Secara sederhana, ghosting bisa pula diartikan “ditinggal ketika sayang-sayangnya”. Kenapa istilah yang digunakan adalah ghosting? Alasannya sangat sederhana dikarenakan korban akan selslu merasa dihantui bayang-bayang mantan.

Sebenarnya apakah yang dimaksud ghosting? Dalam Collins English Dictionary disebutkan bahwa ghosting mirip “Caspering”. Istilah ini berarti memutus semua komunikasi namun dengan terlebih dahulu memberikan pemberitahuan. Secara umum ghosting dilakukan dengan memutuska hubungan (umumnya asmara) dengan memutus semua komunikasi tanpa peringatan serta alasan yang jelas.

Ghosting menjadi populer sejak adanya media sosial dan aplikasi kencan yang kerapa digunakan sebagai sarana baru menjalin hubungan. Seorang akademisi dari lllinois State University, Susan Sprecher dalam tulisannya berjudul Two Slides To the Breakup of Dating Relationship mennjelaskan bahwa putus hubungan dapat membuat seseorang stres, merasa kesepian, depresi hingga marah yang tak berkesudahan.

Bahkan Jennice Vilhauer dalam tulisan nya berjudul Psychology Today dalam kasus ghosting orang yang diputuskan dengan cara “dihantui” akan mengalami perasaan batin lebih dari yang lebih dari itu. Dalam tulisannya, Vilhauer menjabarkan beberapa cerita orang yang mnjadi korban ghosting.

“Aku merasa seperti orang idiot, aku kayak dijadikan badut, dan aku merasa tidak dihargai.” “Rasanya seperti kena pukul di lambung. Satu-satunya hal yang lebih parah ketimbang putus adalah menyadari ada seseorang yang menganggap kamu tak layak diputus dengan baik-baik.” . Ghosting itu salah satu bentuk siksaan paling kejam dalam hubungan kencan.

Baca Juga:  Lima Trik agar Poni Rambut Tidak Keluar Jilbab

Menurut Vilhauer, salah satu alasan terjadi ghosting adalah karena salah satu pihak ingin menghindari ketidaknyamanan emosional sendiri. Namun di sisi lain, pelaku ghosting tak berpikir bagaimana perasaan lawannya. Ghosting merupakan bentuk lanjutan dari sikap diam pasangan dan tindakan ini adalah kekejaman emosional.

Dalam “Ghosting and destiny: Implicit theories of relationships predict beliefs about ghosting” (2018), Gili Freedman menjelaskan ghosting terjadi karena komunikasi pasangan yang tidak nyambung. Ghosting biasa terjadi bagi mereka yang memulai hubungan melalui daring, seperti melalui Facebook bahkan Tinder.

Berhenti berhubungan dengan seseorang kamu cintai seperti berhenti berlangganan Spotify atau Netflix, yang terlihat berkonsekuensi kecil pada diri; tetapi, dalam ghosting berdampak besar bagi emosi seseorang. Lalu, kenapa ghosting kerap kali lebih terasa menyakitkan ketimbang diputus?

“Ghosting itu membuatmu bingung harus bereaksi apa. Apakah kamu harus khawatir? Bagaimana kalau mereka sakit dan masuk rumah sakit? Apakah kamu harus marah? Atau mungkin dia sedang amat sibuk, dan bakal menghubungi lagi dalam waktu dekat?” tulis Vilhauer.

Vilhauer, yang menulis buku Think Forward to Thrive: How to Use the Mind’s Power of Anticipation to Transcend Your Past and Transform Your Life, menyatakan salah satu aspek paling mengerikan dari ghosting adalah kamu tak hanya mempertanyakan tentang hubungan yang dia jalani, tapi juga meragukan dirimu sendiri.

Lalu bagaimana cara pulih dari ghosting? Tak ada cara yang paten maupun mujarab selain “membiarkan waktu yang menyembuhkan.” Bertemu dengan orang baru juga bisa menjadi cara kamu beranjak dari ghosting. Atau, melakukan hal-hal yang membuat perhatianmu teralih, mengerjakan kembali hobi-hobimu yang mungkin sempat terbengkalai.

Beberapa pakar psikologi juga menyarankan tindakan mencintai diri sendiri, semacam membaca mantra: dia tidak layak untukmu, biar saja dia hilang, kamu adalah orang baik dan akan selalu baik-baik saja. Seperti pesan Vilhauer: “Gunakan energimu untuk fokus ke hal-hal yang membuatmu bahagia.”

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

Komentari

Komentari

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect