Ikuti Kami

Muslimah Daily

Tujuh Wasiat dari Rasulullah agar Menjadi Wonderful Muslimah

kisah yahudi maulid nabi
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Hampir semua perempuan di dunia menginginkan untuk sukses, bahagia dan menang dalam kehidupannya. Mereka ingin meraih setiap mimpi dan harapan untuk mencapai prestasi yang luar biasa dan mendapat penghargaan. Berbagai upaya dan tip untuk meraihnya dipelajari, mulai dari membaca beragam buku motivasi hingga menyimak sekian banyak kata-kata para motivator.

Padahal jauh-jauh hari, teladan kehidupan bagi kita yakni nabi besar Muhammad SAW telah mewasiatkan pesan berharga yang hingga akhir zaman insha Allah masih sangat layak untuk diamalkan. Tentu wasiat yang jika kita lakukan tidak hanya sukses di dunia, melainkan juga sukses di akhirat. Wasiat berharga ini dikutip dari sabda beliau yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

Dari Abu Dzar ra, ia berkata: “Kekasihku (Rasulullah) shallallahu’alaihiwa sallam berwasiat kepadaku dengan tujuh hal: “Supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka, beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku. Beliau memerintahkan agar aku menyambung silaturahmiku meskipun mereka berpaling kepadaku, aku dianjurkan agar memperbanyak ucapan la haula wala quwwata illa billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah). Aku diperintah untuk mengatakan kebenaran meskipun pahit, beliau berwasiat agar aku tidak takut celaan orang yang mencela dalam membela agama Allah, dan beliau melarang aku agar tidak meminta-minta sesuatu pun kepada manusia.”

Yuk, kita coba gali satu per satu wasiat cinta dari Rasulullah SAW yang dijelaskan Agus Ariwibowo dan Fidayani dalam buku wonderful muslimah, di antaranya:

1. Mencintai kaum miskin dan dekat dengan mereka

Wasiat pertama dari Rasulullah SAW adalah agar kita mencintai kaum miskin dan dekat dengan mereka. Dengan mencintai orang-orang yang belum mendapat keberuntungan dari segi rezeki dibanding dengan yang Allah berikan pada kita, tentu akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Tidak merasa kekurangan dan tidak lagi mudah mengeluh.

Baca Juga:  Pentingnya Pencegahan Gangguan Menstruasi

Dekat dengan orang-orang miskin, membantu mereka melalui zakat, sedekah, dan sejenisnya tentu akan membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Selain itu, kedekatan juga bermakna agar kita bisa mengayomi mereka, memberikan motivasi, dan mengajarkan mereka suatu keahlian dengan tujuan lambat laun kehidupan mereka dapat menjadi lebih baik.

2. Melihat orang yang berada di bawah kita dan jangan melihat orang yang berada di atas kita

Terkadang kita mudah silau melihat orang-orang yang jauh lebih berhasil kehidupannya dibanding dengan diri kita. Dengan melihat ke atas, kita akan cenderung membuat perbandingan dengan diri kita. Kalau tidak berlomba-lomba mengejar kehidupan duniawi, kita juga kufur nikmat, merasa tidak cukup, merasa Allah tidak adil, dan pilih kasih. Namun jika melihat ke atas dengan niat agar termotivasi dengan kebaikan-kebaikan yang diberikannya, tentu tidak masalah.

3. Menyambung silaturahmi meskipun mereka berpaling (berlaku kasar) kepada kita

Wasiat yang ketiga ialah tentang memperbaiki hubungan dengan karib kerabat atau bersilaturahmi dengan orang-orang yang memiliki hubungan darah perkawinan atau senasab. Melihat kondisi mereka dan memberikan pertolongan kepada mereka meskipun karib kerabat tersebut berlaku kasar kepada kita. Maka Rasulullah mewasiatkan agar kita tetap membangun hubungan baik dengan mereka. Rasulullah juga berpesan bahwa silaturahmi itu memudahkan rezeki dan memanjangkan umur.

 

4. Memperbanyak ucapan la haula wala quwwata illa billah (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah)

ucapan la haula wala quwwata illa billah adalah ucapan penyerahan diri seorang hamba kepada Allah. Meyakini bahwa kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Hanya Allah yang mampu memberikan pertolongan kepada kita, jika kita berada dalam kesulitan dan kesempitan. Jika pun kita meraih keberhasilan dan kesuksesan, itu pun semata-mata karena pertolongan dari Allah.

Baca Juga:  Popularitas dan Relasi Kuasa: Pemicu Munculnya Predator Kekerasan Seksual

5. Mengatakan kebenaran meskipun pahit

Mengatakan kebenaran adalah benar walaupun memang ujian tersendiri, bagi orang yang memegang jabatan sebagai pemimpin, hakim, dan sejenisnya. Namun mengatakan kebenaran tetap benar, tidak hanya bagi mereka yang berstatus tertentu namun juga kewajiban bagi setiap muslim. Kita semua harus menyampaikan kebenaran meskipun itu pahit.

6. Agar tidak takut celaan orang yang mencela dalam membela agama Allah

Menyampaikan kebenaran islam dan membela agama Allah bukan hanya tugas orang-orang yang dipanggil ustaz atau yang diberi gelar sebagai ulama, syekh atau kiai. Akan tetapi membela agama Allah adalah tugas dan kewajiban bagi setiap umat muslim. Maka sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk membelanya. Sebagaimana karakter jalan perjuangan agama Allah, tentu banyak halangan dan rintangan. Salah satunya ialah celaan dari kaum pencela, oleh sebab itu Rasulullah mewasiatkan agar kita tidak takut pada orang-orang yang mencela tersebut.

7. Jangan meminta-minta sesuatu pada manusia

Meminta-minta adalah salah satu sifat tercela yang Rasulullah larang. Bahkan dalam sebuah hadisnya, Rasulullah mengatakan bahwa tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Wasiat ketujuh ini, memiliki hubungan dengan wasiat yang pertama. Dengan adanya kesadaran untuk saling membantu dari orang-orang yang mampu kepada orang-orang yang kurang mampu tentu aktivitas meminta-minta ini bisa dihindari.

Itulah tujuh wasiat dari Rasulullah SAW yang mana jika diamalkan akan menjadi salah satu penyebab bagi kita meraih kemenangan dalam hidup ini. Menjadi jalan bagi setiap muslimah untuk menjadi wonderful muslimah.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

Komentari

Komentari

Terbaru

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect