Ikuti Kami

Muslimah Daily

Bisakah Indonesia Menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia?  

BincangMuslimah.Com – Beberapa tahun belakangan, fashion busana muslim di tanah air mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Fenomena ini bahkan membuat banyak pengamat dunia fashion internasional yang membuat prediksi, Indonesia akan menjadi pusat produksi fashion muslim dunia hanya dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Bukti paling nyata adalah adanya penggunaan baju muslim yang sudah terlihat universal. Kini, busana muslim tidak hanya dikenakan pada saat acara keagamaan saja, tapi juga dalam aktivitas sehari-hari. Penggunanya sangat beragam, mulai dari ibu rumah tangga, pebisnis, pesohor tanah air hingga yang para muslimah yang bekerja di kantor.

Keadaan ini pun menaikkan pamor busana muslim sebab telah berhasil merebut hati semua kalangan, mulai dari kelas bawah, menengah, hingga kalangan menengah ke atas. Pangsa pasar yang sangat besar inilah yang tumbuh menjadi lahan subur bagi para desainer dan produsen. mereka mulai banyak bermunculan menunjukkan karyanya. Pemakaian baju muslim tidak lagi dikaitkan dengan hal-hal kuno sebab banyak model baru yang bermunculan.

Satu hal yang juga sangat menggembirakan, saat ini, para remaja Muslim Indonesia merasa jauh lebih percaya diri saat menggunakan busana yang sesuai dengan anjuran agama. Ini adalah hal yang menarik di dalam industri baju muslim. Produk yang dihasilkan tidak hanya bermuara pada satu titik saja. Segala usia dan kalangan menggunakannya.

Selain pakaian, ada banyak produk lain yang menarik perhatian para konsumen sebagai pendamping produk utama. Ada berbagai macam aksesoris atau pernak-pernik pemanis penampilan dalam berbusana Muslimah seperti jilbab dengan aneka inovasi, kaos kaki, kaos tangan, bros, handsock, bahkan cadar dan niqab.

Mayoritas penduduk Indonesia beragam Islam. Tak heran, baju muslim yang banyak diproduksi pun termasuk barang mudah untuk didapatkan baik di pasar, pusat perbelanjaan, toko biasa, butik, dan online shop. Desainnya pun selalu dinamis dan berubah dengan cepat dari musim ke musim. Seiring dengan perkembangan mode, beragam jenis serta banyak model baju muslim semakin beredar di pasaran.

Baca Juga:  Islamic Virtual Festival 2020 Digelar, Nazaruddin Umar: Mari Selami Spirit Kenabian

Fenomena ini tak bisa lepas dari perkembangan tren dalam dunia mode Islam yang semakin inovatif. Munculnya peran aktif para desainer serta konsumen yang mayoritas beragama Islam membuat perkembangan mode busana muslim semakin cepat dan tak terbatas.

Satu hal lain yang perlu dicatat adalah adanya kesadaran tentang pentingnya menutup aurat dan berbusana dengan baik. Perkambangan fashion muslim di Indonesia ternyata bukan hanya sekedar mementingkan penampilan juga menjadi faktor pendorong lainnya.

Hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba, tapi melalui proses yang cukup panjang. Sejarah mencatat, pada era tahun 1900-an, kehadiran pakaian muslim di Indonesia terutama bagi perempuan sangat jarang di temukan penggunaannya. Jika pun digunakan di ruang publik, penggunanya akan dianggap terlalu fanatik dalam beragama.

Sejarah tersebut mendorong banyak muslimah saat ini menjadi merasa percaya diri mengenakan busana muslim khususnya jilbab atau saat ini lebih di kenal dengan hijab. Dulu, menggunakan hijab terkesan ketinggalan zaman sehingga membuat tidak banyak muslimah muda yang mau mengenakannya. Beruntungnya, hal tersebut kini sudah tidak terjadi lagi.

Prediksi para designer dunia bahwa Indonesia akan menjadi pusat fashion muslim dunia nampaknya akan segera terjadi. Hal ini terbukti dengan geliat fashion (mode) muslim di Indonesia terus mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Hal ini terbukti dengan perhelatan Muslim Fashion Festival (MuFFest) yang diselenggarakan hingga menginjak tahun ke-5 pada 2020. Perhelatan tersebut menghadirkan pertunjukan untuk memamerkan karya busana dari 100 desainer ini dari seluruh penjuru Indonesia.

Kompas bahkan melaporkan bahwa event busana yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berhasil menggaet sekitar 800 eksibitor atau dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, yakni tahun 2019.

Baca Juga:  Bolehkah Mengulang Hafalan Al-Quran saat Haid?

Melihat perkembangan ke arah yang positif, nampaknya prediksi Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia bukan isapan jempol belaka. Fashion muslim bisa mendongkrak perekonomian dan mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara yang memiliki masa depan yang menjanjikan di dunia fashion. Kita tinggal menunggu waktu yang tepat untuk merayakan dan mensyukurinya.[]

Rekomendasi

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect