Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Bisakah Indonesia Menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia?  

BincangMuslimah.Com – Beberapa tahun belakangan, fashion busana muslim di tanah air mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Fenomena ini bahkan membuat banyak pengamat dunia fashion internasional yang membuat prediksi, Indonesia akan menjadi pusat produksi fashion muslim dunia hanya dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Bukti paling nyata adalah adanya penggunaan baju muslim yang sudah terlihat universal. Kini, busana muslim tidak hanya dikenakan pada saat acara keagamaan saja, tapi juga dalam aktivitas sehari-hari. Penggunanya sangat beragam, mulai dari ibu rumah tangga, pebisnis, pesohor tanah air hingga yang para muslimah yang bekerja di kantor.

Keadaan ini pun menaikkan pamor busana muslim sebab telah berhasil merebut hati semua kalangan, mulai dari kelas bawah, menengah, hingga kalangan menengah ke atas. Pangsa pasar yang sangat besar inilah yang tumbuh menjadi lahan subur bagi para desainer dan produsen. mereka mulai banyak bermunculan menunjukkan karyanya. Pemakaian baju muslim tidak lagi dikaitkan dengan hal-hal kuno sebab banyak model baru yang bermunculan.

Satu hal yang juga sangat menggembirakan, saat ini, para remaja Muslim Indonesia merasa jauh lebih percaya diri saat menggunakan busana yang sesuai dengan anjuran agama. Ini adalah hal yang menarik di dalam industri baju muslim. Produk yang dihasilkan tidak hanya bermuara pada satu titik saja. Segala usia dan kalangan menggunakannya.

Selain pakaian, ada banyak produk lain yang menarik perhatian para konsumen sebagai pendamping produk utama. Ada berbagai macam aksesoris atau pernak-pernik pemanis penampilan dalam berbusana Muslimah seperti jilbab dengan aneka inovasi, kaos kaki, kaos tangan, bros, handsock, bahkan cadar dan niqab.

Mayoritas penduduk Indonesia beragam Islam. Tak heran, baju muslim yang banyak diproduksi pun termasuk barang mudah untuk didapatkan baik di pasar, pusat perbelanjaan, toko biasa, butik, dan online shop. Desainnya pun selalu dinamis dan berubah dengan cepat dari musim ke musim. Seiring dengan perkembangan mode, beragam jenis serta banyak model baju muslim semakin beredar di pasaran.

Fenomena ini tak bisa lepas dari perkembangan tren dalam dunia mode Islam yang semakin inovatif. Munculnya peran aktif para desainer serta konsumen yang mayoritas beragama Islam membuat perkembangan mode busana muslim semakin cepat dan tak terbatas.

Satu hal lain yang perlu dicatat adalah adanya kesadaran tentang pentingnya menutup aurat dan berbusana dengan baik. Perkambangan fashion muslim di Indonesia ternyata bukan hanya sekedar mementingkan penampilan juga menjadi faktor pendorong lainnya.

Hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba, tapi melalui proses yang cukup panjang. Sejarah mencatat, pada era tahun 1900-an, kehadiran pakaian muslim di Indonesia terutama bagi perempuan sangat jarang di temukan penggunaannya. Jika pun digunakan di ruang publik, penggunanya akan dianggap terlalu fanatik dalam beragama.

Sejarah tersebut mendorong banyak muslimah saat ini menjadi merasa percaya diri mengenakan busana muslim khususnya jilbab atau saat ini lebih di kenal dengan hijab. Dulu, menggunakan hijab terkesan ketinggalan zaman sehingga membuat tidak banyak muslimah muda yang mau mengenakannya. Beruntungnya, hal tersebut kini sudah tidak terjadi lagi.

Prediksi para designer dunia bahwa Indonesia akan menjadi pusat fashion muslim dunia nampaknya akan segera terjadi. Hal ini terbukti dengan geliat fashion (mode) muslim di Indonesia terus mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Hal ini terbukti dengan perhelatan Muslim Fashion Festival (MuFFest) yang diselenggarakan hingga menginjak tahun ke-5 pada 2020. Perhelatan tersebut menghadirkan pertunjukan untuk memamerkan karya busana dari 100 desainer ini dari seluruh penjuru Indonesia.

Kompas bahkan melaporkan bahwa event busana yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berhasil menggaet sekitar 800 eksibitor atau dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, yakni tahun 2019.

Melihat perkembangan ke arah yang positif, nampaknya prediksi Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia bukan isapan jempol belaka. Fashion muslim bisa mendongkrak perekonomian dan mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara yang memiliki masa depan yang menjanjikan di dunia fashion. Kita tinggal menunggu waktu yang tepat untuk merayakan dan mensyukurinya.[]

Rekomendasi

Ayu Alfiah Jonas
Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

pendidikan prenatal ibu hamil pendidikan prenatal ibu hamil

Empat Pendidikan Prenatal yang Harus Ibu Hamil Tahu

Muslimah Daily

Resensi Buku: Kritik Terhadap Interpretasi Feminis pada Al-Qur’an (bag II)

Kajian

Poligami dan Dampaknya bagi Perempuan

Diari

Enam Pesan Syekh Abdul Qadir al-Jailani Agar Kita Menghargai Orang Lain

Muslimah Daily

Ini Surah-surah yang Sunah Dibaca Saat Shalat Qabliyah Shubuh

Ibadah

ruu-pks ruu-pks

Kawal Terus RUU-PKS Sampai Tuntas, Kekerasan Seksual Bukan Sekedar Angka Bukan?

Diari

poligami ajaran islam poligami ajaran islam

Poligami Bukanlah Ajaran yang Dibawa Islam

Kajian

Alasan Rasulullah Menolak Fatimah Dipoligami

Kajian

Trending

Shafiyah binti Huyay Shafiyah binti Huyay

Shafiyah binti Huyay, Putri Pembesar Yahudi yang Dinikahi Nabi Saw

Muslimah Talk

Beauty Previllege, Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

dalil puasa rajab dalil puasa rajab

Berapa Hari Kita Disunnahkan Puasa Rajab?

Ibadah

waktu berbulan madu waktu berbulan madu

Kapan Sebaiknya Waktu Berbulan Madu?

Ibadah

Skincare Aman bagi Muslimah Skincare Aman bagi Muslimah

Tips Memilih Kosmetik dan Skincare Aman Bagi Muslimah

Muslimah Daily

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Parenting Islami: Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

larangan meminta-minta larangan meminta-minta

Larangan Meminta-minta untuk Memperkaya Diri

Ibadah

Connect