Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Bisakah Indonesia Menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia?  

BincangMuslimah.Com – Beberapa tahun belakangan, fashion busana muslim di tanah air mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Fenomena ini bahkan membuat banyak pengamat dunia fashion internasional yang membuat prediksi, Indonesia akan menjadi pusat produksi fashion muslim dunia hanya dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Bukti paling nyata adalah adanya penggunaan baju muslim yang sudah terlihat universal. Kini, busana muslim tidak hanya dikenakan pada saat acara keagamaan saja, tapi juga dalam aktivitas sehari-hari. Penggunanya sangat beragam, mulai dari ibu rumah tangga, pebisnis, pesohor tanah air hingga yang para muslimah yang bekerja di kantor.

Keadaan ini pun menaikkan pamor busana muslim sebab telah berhasil merebut hati semua kalangan, mulai dari kelas bawah, menengah, hingga kalangan menengah ke atas. Pangsa pasar yang sangat besar inilah yang tumbuh menjadi lahan subur bagi para desainer dan produsen. mereka mulai banyak bermunculan menunjukkan karyanya. Pemakaian baju muslim tidak lagi dikaitkan dengan hal-hal kuno sebab banyak model baru yang bermunculan.

Satu hal yang juga sangat menggembirakan, saat ini, para remaja Muslim Indonesia merasa jauh lebih percaya diri saat menggunakan busana yang sesuai dengan anjuran agama. Ini adalah hal yang menarik di dalam industri baju muslim. Produk yang dihasilkan tidak hanya bermuara pada satu titik saja. Segala usia dan kalangan menggunakannya.

Selain pakaian, ada banyak produk lain yang menarik perhatian para konsumen sebagai pendamping produk utama. Ada berbagai macam aksesoris atau pernak-pernik pemanis penampilan dalam berbusana Muslimah seperti jilbab dengan aneka inovasi, kaos kaki, kaos tangan, bros, handsock, bahkan cadar dan niqab.

Mayoritas penduduk Indonesia beragam Islam. Tak heran, baju muslim yang banyak diproduksi pun termasuk barang mudah untuk didapatkan baik di pasar, pusat perbelanjaan, toko biasa, butik, dan online shop. Desainnya pun selalu dinamis dan berubah dengan cepat dari musim ke musim. Seiring dengan perkembangan mode, beragam jenis serta banyak model baju muslim semakin beredar di pasaran.

Fenomena ini tak bisa lepas dari perkembangan tren dalam dunia mode Islam yang semakin inovatif. Munculnya peran aktif para desainer serta konsumen yang mayoritas beragama Islam membuat perkembangan mode busana muslim semakin cepat dan tak terbatas.

Satu hal lain yang perlu dicatat adalah adanya kesadaran tentang pentingnya menutup aurat dan berbusana dengan baik. Perkambangan fashion muslim di Indonesia ternyata bukan hanya sekedar mementingkan penampilan juga menjadi faktor pendorong lainnya.

Hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba, tapi melalui proses yang cukup panjang. Sejarah mencatat, pada era tahun 1900-an, kehadiran pakaian muslim di Indonesia terutama bagi perempuan sangat jarang di temukan penggunaannya. Jika pun digunakan di ruang publik, penggunanya akan dianggap terlalu fanatik dalam beragama.

Sejarah tersebut mendorong banyak muslimah saat ini menjadi merasa percaya diri mengenakan busana muslim khususnya jilbab atau saat ini lebih di kenal dengan hijab. Dulu, menggunakan hijab terkesan ketinggalan zaman sehingga membuat tidak banyak muslimah muda yang mau mengenakannya. Beruntungnya, hal tersebut kini sudah tidak terjadi lagi.

Prediksi para designer dunia bahwa Indonesia akan menjadi pusat fashion muslim dunia nampaknya akan segera terjadi. Hal ini terbukti dengan geliat fashion (mode) muslim di Indonesia terus mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Hal ini terbukti dengan perhelatan Muslim Fashion Festival (MuFFest) yang diselenggarakan hingga menginjak tahun ke-5 pada 2020. Perhelatan tersebut menghadirkan pertunjukan untuk memamerkan karya busana dari 100 desainer ini dari seluruh penjuru Indonesia.

Kompas bahkan melaporkan bahwa event busana yang diselenggarakan di Jakarta Convention Centre yang dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berhasil menggaet sekitar 800 eksibitor atau dua kali lipat lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, yakni tahun 2019.

Melihat perkembangan ke arah yang positif, nampaknya prediksi Indonesia menjadi pusat fashion muslim dunia bukan isapan jempol belaka. Fashion muslim bisa mendongkrak perekonomian dan mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara yang memiliki masa depan yang menjanjikan di dunia fashion. Kita tinggal menunggu waktu yang tepat untuk merayakan dan mensyukurinya.[]

Rekomendasi

Ayu Alfiah Jonas
Ditulis oleh

Pengabdi Gayo Wine, Penulis buku kumpulan cerita pendek Sebuah Kencan yang Baik (2017) dan novel Pelagra (2019).

Komentari

Komentari

Terbaru

Bolehkah Perempuan Didahului Menikah oleh Adiknya?

Kajian

Parenting Islami: Metode Nabi Muhammad dalam Mendidik Anak

Keluarga

Jender..

Diari

Pandangan Kiai Hussein Muhammad Mengenai Hak-hak Reproduksi Perempuan

Kajian

Fikih Mesin Cuci; Suci tidak Harus Boros Air

Ibadah

Cara Mengatasi Orang yang Nyinyir Menurut Imam Syafi’i

Muslimah Daily

Istri Menafkahi Suami, Dapatkah Pahala?

Muslimah Daily

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Video

Trending

Ketika Rasul Meminta Para Suami Perhatikan Kepuasan Seksual Istri

Kajian

Bagaimana Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan?

Ibadah

Cara Menghitung Masa Nifas saat Keguguran

Ibadah

Tafsir An-Nur Ayat 31 : Apakah Muslimah Harus Berhijab Panjang?

Kajian

Menjamak antara Dua Shalat bagi Perempuan Istihadhah

Ibadah

Hukum dan Hikmah Mencukur Rambut Ketiak Bagi Perempuan

Ibadah

mengulang pernikahan; Doa untuk Pengantin Baru mengulang pernikahan; Doa untuk Pengantin Baru

Lima Nasehat Pernikahan dari Gus Mus untuk Para Pengantin Baru

Muslimah Daily

Bolehkah Orang yang Sakit Menjamak Shalat?

Ibadah

Connect