Ikuti Kami

Khazanah

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan
Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

BincangMuslimah.Com – Zainab Fawwaz, seorang sastrawan perempuan Mesir yang lahir di sebuah desa Tebnin, Libanon tahun 1850 M. Zainab lahir dari kalangan keluarga miskin. Tapi ia tumbuh menjadi perempuan yang cerdas bahkan sejak usianya masih belia. Maka Sayyidah Fathimah al-Khalil, istri dari Ali al-As’ad yang merupakan seorang hakim di negaranya pada saat itu, mengambil Zainab dan mengasuhnya. Isa Futuh menuliskan biografinya lengkap dalam Adiibat ‘Arabiyyat.

Di bawah pengasuhan Sayyidah Fathimah dan suaminya, Zainab belajar ilmu baca-tulis. Ia juga menghapalkan Alquran dan mengkaji isinya. Zainab beruntung, sebab pada masa itu ia hidup di zaman akses ilmu pengetahuan belum luas. Juga masih banyak yang belum memiliki kemampuan baca-tulis, terutama di kalangan penduduk Lebanon bagian selatan. Di masa berikutnya, Zainab terbentuk menjadi seorang orator, penulis, dan penyair.

Zainab lalu menikah dengan Khalil As’ad, saudara laki-laki Fathimah. Namun sayangnya, pernikahan keduanya tak bertahan lama sebab tak menemukan keserasian antara keduanya. Selepas perpisahan dengan suaminya, Zainab bertolak ke Beirut. Di sana ia mengabdi di salah satu keluarga bangsawan berkebangsaan Mesir, keluarga Yusuf Hamdi. Akhirnya Zainab pun turut dibawa ke Iskandariyah.

Di Iskandariyah, Zainab menarik perhatian Ustaz Hasan Husni at-Tuwayrani yang merupakan sahabat dari Yusuf Hamdi dan juga seorang penyair Mesir. Ustaz Hasan juga merupakan redaktur koran an-Nail. Maka darinya, Zainab belajar ilmu linguistik Arab (sharf, bayan, ‘arudh) dan sejarah. Zainab juga belajar secara praksis ilmu menulis dengan Syekh Muhyiddin an-Nabhani.

Proses belajarnya selama di Mesir membentuk Zainab sebagai seorang yang cakap dalam bidang sastra dan literasi. Namanya populer saat ia mengisi beberapa kolom di koran dengan karyanya, seperti koran an-Nail, Lisanul Hal, al-Mu`ayyad, al-Ittihad al-Mishriyy, Anis al-Jalis. Biasanya Zainab menulis bertemakan sosial dan feminisme. Tulisannya berkarakter dan kuat.

Baca Juga:  Sosok Pembawa Ajaran Penyembah Berhala ke Mekkah

Karirnya sebagai pengisi kolom mengantarkan namanya pada seorang penulis dan sastrawan Damaskus. Ia mengagumi gaya penulisan Zainab lalu mengirimkan surat kepadanya. Sampai akhirnya mereka saling berkirim surat bahkan gambar. Rupanya, hubungan keduanya semakin dekat dan akhirnya menikah. Setelah menikah, keduanya tinggal bersama di Iskandariyah. Namun ternyata kehidupannya tak berjalan baik, hingga akhirnya keduanya memutuskan pindah ke tanah kelahiran sang suami, Damaskus. Kehidupan rumah tangganya ternyata tidak seberuntung nasib karirnya. Untuk kedua kalinya, Zainab bercerai dengan suaminya setelah tiga tahun membina rumah tangga. Zainab pun kembali ke Mesir.

Selain Zainab, pada masanya juga tumbuh penulis-penulis perempuan yang mumpuni dan berbakat, seperti Aisyah Attaymuriyah dan Wardah al-Baziji. Mereka adalah perempuan-perempuan hebat yang tumbuh menjadi seorang penulis tanpa menempuh sekolah formal. Mereka dianggap sebagai sosok yang langka, sebuah keajaiban sebab lahir di peradaban yang terbelakang.

Zainab melahirkan karya tulis salah satunya berupa esai yang menyuarakan kesetaraan gender, kebebasan perempuan Arab. Sebab merekalah, orang-orang tergerak untuk memperjuangkan hal yang sama bahkan memperluas gerakannya. Di waktu yang sama, tak sedikit juga yang melakukan penolakan dan pemberontakan terhadap ide dan gagasannya.

Karya-karya Zainab Fawwaz

Selama hidupnya, Zainab melahirkan karya sastra novel, teks drama, biografi, dan puisi klasik. Dalam bidang novel, ia telah menulis dua novel yang berjudul Husnu al-‘Awaqib aw Ghodatu az-Zahiroh yang rilis pada tahun 1895 M. Di dalamnya bercerita tentang rentetan peristiwa antara kdua tokoh bernama Syakib dan Tamir yang bertikai sebab mencintai orang yang sama bernama Farighoh.

Gaya penuturannya pun unik, di dalamnya Zainab juga menyajikan sajak-sajak puisi. Sajak puisi yang dihadirkan beraliran sajak romanse. Plot ceritanya juga sangat kompleks dan kuat. Menurut beberapa kritiku sastra, gaya penulisannya menyerupai Salim al-Bustani seorang penulis dari Lebanon.

Baca Juga:  Walladah binti al-Mustakfi, Penyair Terkenal Masa Kekhalifahan di Andalusia

Novel yang kedua berjudul Cyrush Malik al-Fars yang dinobatkan sebagai salah satu novel terbaik pada masa itu. Di dalamnya memuat sejarah, kisah asmara, lelucon, bahkan keburukan cara beribadah pemeluk agama majusi. Novel sejarah ini mengungkap sejarah Persia dan pamor Cyrush sebagai penguasa tahta kerajaan pada masa itu.

Sedangkan dalam karya naskah drama ia menulis al-Hawa wa al-Wafa` yang tersusun menjadi empat bab. Ini adalah satu-satunya karya Zainab yang tidak dicetak dan disebarluaskan tetapi hanya berupa manuskrip hingga saat ini.

Lalu beranjak ke karya biografi, Zainab menulis ad-Dar al-Mantsur fi Thabaqat Ribbat al-Khudur yang berisi kumpulan biografi perempuan terkenal. Di antaranya terdapa Sayyidah Fathimah al-Khalil al-As’ad, ibu asuhnya yang mengantarkan dirinya pada titik ini. Zainab menulis 40 perempuan berpengaruh dalam buku itu.

Lalu dalam karya puisi klasik, alias nazom, Zainab telah menulis banyak. Puisi-puisinya berisi tentang kisah cinta, keluarga, kritik atas pemerintahan, dan lain-lain. Salah satu contoh syiirnya mengenai pujiannya pada dunia timur dibandingkan dunia barat:

للشرق فضل في البرية أنه # يأتي الوجود بكل حسن معجب

والغرب أظلم ما يكون لأننا # نشقي بفرقة شمسنا في المغرب

Penduduk bangsa timur lebih unggul

Sebab keberadaannya selalu menghadirkan hal-hal baik dan menakjubkan

Sedangkan bangsa barat terbelakang

Sebab kami tidak bahagia atas perpisahan dengan matahari di sebelah barat

 

Menurut penulis, syiir ini bermakna peradaban dan nilai-nilai kemanusiaan jauh lebih unggul dibandingkan dunia barat. Hingga Zainab mengumpamakan matahari sebagai nilai-nilai kebaikan yang dirusak oleh bangsa barat.

Ada banyak karya Zainab yang tidak sempat dibukukan. Tidak diketahui persis apa sebabnya, tapi perang dunia I berpengaruh pada saat itu yang terjadi di tahun kematiannya pada tahun 1914 M.

Rekomendasi

mamah dedeh pendakwah perempuan mamah dedeh pendakwah perempuan

Mamah Dedeh, Pendakwah Legendaris Perempuan

walladah penyair terkenal andalusia walladah penyair terkenal andalusia

Walladah binti al-Mustakfi, Penyair Terkenal Masa Kekhalifahan di Andalusia

nyai ageng pinatih majapahit nyai ageng pinatih majapahit

Nyai Ageng Pinatih, Saudagar Kaya era Majapahit

single mom ulama besar single mom ulama besar

Kisah Ibu dari Rabi’ah Ar-Ra’yi, Single Mom yang Didik Anaknya Jadi Ulama Besar

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect