Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Tiga Keutamaan Puasa Syawal

tiga keutamaan puasa syawal

BincangMuslimah.Com – Islam mensyariatkan puasa sunnah pada bulan Syawal selama enam hari. Para ulama di Indonesia melakukan dakwah tentang ajaran puasa sunnah ini sangat luar biasa. Ajarannya diakulturasikan dengan budaya di Indonesia. Oleh karena itu kita sering temukan tradisi lebaran ketupat di setiap daerah atau dengan sebutan yang lain untuk merayakan penyelesaian puasa Syawal.

Puasa Syawal memiliki fadilah atau keutamaan yang luar biasa, hingga beberapa ulama sangat gencar melakukan dakwah kepada masyarakat melalui pendekatan budaya. Keutamaan yang paling populer adalah karena puasa 6 hari setelah Hari Raya Idul Fitri dianggap sebagai puasa satu tahun penuh. Tapi apakah keutamaannya hanya sebatas itu? setidaknya ada tiga keutamaan dari melaksanakan puasa sunnah selama 6 hari di bulan Syawal.

Pertama, diganjar dengan pahala setara dengan puasa satu tahun. Keutamaan ini jelas tersurat dalam hadis Nabi dari sahabat Abu Ayyun al-Anshari R.a:

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ  مَنْ صَامَ رَمَضَانَ، ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالَ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ. رواه مسلم

Artinya: Dari Abu Ayyun Al-Anshari r.a., ia menceritakan kepadanya bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Siapa berpuasa Ramadhan, kemudian ia mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti puasa satu tahun penuh.” (H.R. Muslim)

Alasan mengapa pahalanya setara dengan puasa satu tahun penuh karena satu ibadah pahalanya dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Jika telah berpuasa 30 hari penuh pada bulan Ramadhan dan dilanjut 6 hari setelah hari raya, maka 36 dikali 10 menjadi 360 hari yang setara dengan puasa satu tahun.

Kedua, menyempurnakan puasa wajib yang telah dilaksanakan. Beberapa ibadah sunnah yang disyariatkan adalah demi melengkapi dan menunjang ibadah wajib yang barangkali tak sempurna. Sebagaimana dalam sebuah hadis menyebutkan:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: إن أول ما يحاسب به العبد يوم القيامة من عمله صلاته، فإن صلحت فقد أفلح وأنجح، وإن فسدت فقد خاب وخسر، فإن انتقص من فريضته شيئاً. قال الرب تبارك وتعالى: انظروا هل لعبدي من تطوع فيكمل بها ما انتقص من الفريضة، ثم يكون سائر عمله على ذلك

Artinya: dari Abu Hurairah R.a berkata, “aku mendengar Rasulullah Saw bersabda: sesungguhnya amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah amalan shalatnya. Jika shalatnya bagus maka beruntung dan berhasillah ia. Jika amalannya buruk maka merugilah ia, dan jika amalan wajibnya kurang maka Allahb akan berfirman, “lihatlah, apakah hambaKu mengerjakan ibadah sunnah, jika ia maka sempurnakan ibadah wajibnya dengan ibadah sunnah. Maka kemudian begitu juga ibadah-ibadah lainnya (akan disempurnakan dengan ibadah sunnah (HR. Tirmizi)

Puasa sunnah pada bulan Syawal menjadi pelengkap puasa wajib pada Ramadhan yang barangkali masih memiliki banyak kekurangan. Maka puasa sunnah pada Syawal sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Ketiga, menjaga keberlangsungan ibadah pada bulan Ramadhan. setelah 30 hari penuh melaksanakan ibadah puasa, kebanyakan dari kita seperti akan melakukan upaya balas dendam dengan makan sepuasnya. Terlebih saat hari raya makanan yang dihadirkan begitu banyak. Berkumpul bersama keluarga menjadi lengkap jika diisi dengan menyantap makanan.

Maka puasa sunnah pada bulan Syawal menjadi semacam keberlangsungan melanjutkan ibadah dan menjaga pola makan agar tetap teratur dan stabil. Sebab pada bulan Ramadhan kita telah membentuk pola makan dengan teratur yaitu pada sahur dan buka puasa di jam yang sama. Kebiasaan makan tersebut adalah juga untuk menciptakan waktu makan yang teratur.

Demikian tiga keutamaan puasa Syawal yang bisa kita peroleh jika melaksanakannya. Tidak hanya mendapatkan ganjaran, tapi juga kita akan mendapatkan manfaat kesehatan yang baik untuk pencernaan.

Rekomendasi

Zahrotun Nafisah
Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

shalat kursi roda tongkat shalat kursi roda tongkat

Tata Cara Shalat Penyandang Disabilitas yang Menggunakan Kursi Roda atau Tongkat

Kajian

cara bersuci penyandang disabilitas cara bersuci penyandang disabilitas

Tata Cara Bersuci bagi Penyandang Disabilitas

Kajian

islam mencintai diri sendiri islam mencintai diri sendiri

Islam Mengajarkan Pentingnya Mencintai Diri Sendiri

Muslimah Talk

pandangan fikih penyandang disabilitas pandangan fikih penyandang disabilitas

Pandangan Fikih Terhadap Penyandang Disabilitas

Kajian

menggugurkan kandungan hasil perkosaan menggugurkan kandungan hasil perkosaan

Bolehkah Menggugurkan Kandungan Hasil Perkosaan?

Kajian

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

menolak lamaran laki-laki baik menolak lamaran laki-laki baik

Apakah Diamnya Seorang Gadis Saat Dikhitbah Berarti Setuju?

Kajian

akikah perempuan setengah laki akikah perempuan setengah laki

Benarkah Akikah Perempuan Memiliki Nilai Setengah dari Laki-Laki?

Kajian

Trending

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Doa Agar Diberikan Jodoh yang Shalih

Ibadah

perempuan berdua sopir taksi perempuan berdua sopir taksi

Perempuan hanya Berdua dengan Sopir Taksi, Apakah Disebut Khalwat?

Kajian

Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga

Belajar dari Film ‘Maid’; Mengenal Kekerasan Psikis dalam Rumah Tangga

Muslimah Talk

cara bersuci penyandang disabilitas cara bersuci penyandang disabilitas

Tata Cara Bersuci bagi Penyandang Disabilitas

Kajian

suami perlu rida istri suami perlu rida istri

Suami Pun Perlu Mengejar Rida dari Istri

Kajian

mentoring poligami meraup keuntungan mentoring poligami meraup keuntungan

Trend Mentoring Poligami, Kedok Meraup Keuntungan

Kajian

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Baca Doa Ini Jika Rindu pada Seseorang yang Kamu Sayang

Kajian

kesejahteraan guru belum tercapai kesejahteraan guru belum tercapai

Pandangan Islam akan Kesejahteraan Guru yang Belum Tercapai

Kajian

Connect