Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Review Buku 60 Hadis Hak-hak Perempuan dalam Islam

Judul Buku    : 60 Hadis Hak-hak Perempuan dalam Islam (Teks dan Interpretasi)

Penulis           : Dr. Faqihuddin Abdul Kodir

Kota Terbit    : Yogyakarta

Penerbit         : Umah Sinau Mubadalah bekerjasama AMAN Indonesia

Tahun Terbit  : 2017

Halaman        : xvii + 216

BincangMuslimah.Com – Sering kali Islam dianggap sebagai agama yang tidak ramah dengan perempuan. Anggapan ini bahkan bersumber pada hadis-hadis Nabi saw. Di antaranya adalah hadis tentang perempuan sebagai penghuni neraka terbanyak, kurang akal dan kurang agama, membatalkan shalat seseorang jika lewat di hadapannya, harus taat suami, dan hal-hal yang menitik beratkan pada kewajiban besar mereka untuk selalu melayani dan menyenangkan suami. Hadis-hadis tersebut dikenal juga dengan hadis misoginis (hadis yang secara literatur memandang rendah kaum wanita).

Melihat fenomena tersebut, Dr. Faqihuddin Abdul Kodir tergerak untuk menyusun buku yang berisikan hadis-hadis yang lebih fundamental yang seharusnya menjadi rujukan utama dibanding hadis dengan tema-tema yang ngepop di atas.

Melalui buku ini, Dr. Faqih ingin menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang ramah dengan perempuan. Bahkan hal ini telah diajarkan oleh Rasulullah saw. di dalam hadis-hadisnya yang jarang dikutip kebanyakan orang.

Buku ini terinspirasi dari karya besar Syaikh Abdul Halim Abu Syuqqah (1924-1995); tahrirul Mar’ah fi Asr ar-Risalah (Pembebasan pada Masa Kenabian) mengenai penguatan hak-hak perempuan dalam Islam dari teladan Nabi saw.

Berbeda dengan Syaikh Abu Syuqqah yang mengumpulkan sekitar 1900 teks hadis dalam 6 jilid, Dr. Faqih hanya mengumpulkan 60 teks hadis saja dengan penjelasan yang singkat dan padat. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan para pemula yang ingin mengenal hadis-hadis inti dalam isu relasi laki-laki perempuan yang lebih fundamental.

Secara metode penulisan, Dr. Faqih menyusunnya seperti kitab Al-Arbain An-Nawawiyyah. Jika kitab Arbain berisi 40 teks hadis mengenai prinsip-prinsip besar Islam dalam berbagai topik, buku ini hanya fokus pada isu relasi laki-laki dan perempuan.

Pada buku ini, Dr. Faqih membagi 60 teks hadis tersebut dalam 15 tema pokok. Di antaranya adalah tentang prinsip relasi laki-laki dan perempuan, martabat perempuan di mata Allah swt., posisi perempuan di ranah publik dan domestik, dan relasi suami istri.

Buku ini sangat penting dibaca untuk semua kalangan, khususnya untuk para guru, pendakwak, aktivis, pengkaji hadis, ibu rumah tangga, suami, dan siapapun yang ingin mengetahui tuntutan Nabi tentang relasi laki-laki dan perempuan. Buku ini juga dapat menjadi dalil untuk mematahkan pandangan buruk bahwa Islam itu tidak ramah perempuan, mensubordinasi perempuan, dan tidak adil dengan perempuan.

Salah satu tema penting yang Dr. Faqih angkat di dalam bukunya adalah tentang hadis-hadis larangan memukul perempuan dan teladan Nabi saw. tanpa kekerasan. Betapa banyak sekali teks-teks hadis Nabi saw. yang beliau melarang keras adanya praktek KDRT di dalam rumah tangga. Bahkan terdapat hadis bahwa Nabi saw. memberikan saran kepada Fatimah binti Qais untuk tidak memilih Abu Jahm sebagai suaminya karena ia sangat keras terhadap perempuan (suka memukul).

Demikianlah sedikit gambaran tentang buku yang diberi kata pengantar oleh Hj. Badriyah Fahyumi, Lc. MA; Pengasuh Pondok Pesantren Mahasina Dar Al-Qur’an wal Hadis Bekasi. Selamat membaca dan tersadarkan bahwa betapa mulianya perempuan di dalam Islam. wa Allahu a’lam bis shawab.

Rekomendasi

Pekerja Perempuan yang Belum Tuntas Haknya

Hak-hak Reproduksi Perempuan Sesudah Menikah yang Sering Terabaikan

Pandangan Islam Tentang Perempuan yang Bekerja

Annisa Nurul Hasanah
Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

Privacy yang Berhak Dimiliki Seorang Istri Menurut Empat Madzhab

Kajian

perempuan rentan menjadi korban perempuan rentan menjadi korban

RUU PKS Resmi Disingkirkan dari Prolegnas 2020, Bagaimana Islam Memandang Pemimpin yang Menyia-yiakan Umat?

Kajian

Kecemburuan Ummahatul Mu’minin pada Syafiyyah, Putri Pemuka Yahudi

Kajian

mahar nikah mahar nikah

Mahar Nikah Menjadi Hak Istri atau Mertua?

Kajian

Benarkah Penghuni Neraka Paling Banyak Perempuan?

Kajian

mendidik anak mendidik anak

Parenting Islami ; Bagaimana Cara Mendidik Anak Untuk Perempuan Karir?

Keluarga

ruu pks ruu pks

RUU PKS akan Dihapus dari Prolegnas 2020, Ini Respon Kalis Mardiasih

Kajian

Sayyidah Nushrat al-Amin: Mufassir Perempuan Pertama Dengan Karya 30 Juz

Muslimah Talk

Trending

Keguguran, Haruskah Tetap Memberi Nama Untuk Anak?

Kajian

Istri Harus Patuh pada Suami atau Orang Tua?

Kajian

Empat Hal yang Mesti Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Berapa Kali Sehari Rasulullah Mengucapkan Istighfar?

Ibadah

Bolehkah Perempuan Pergi Haji dan Umrah Tanpa Disertai Mahram?

Ibadah

Perempuan Ahli Ibadah Masuk Neraka Gara-gara Ini

Kajian

Telaah Hadis; Benarkah Perempuan Tercipta dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Anis Al-Muttaqin; Menilik Nilai Tasawuf dalam Manuskrip Nusantara

Kajian

Connect