Ikuti Kami

Kajian

Manfaat memiliki Anak yang Shalih dan Shalihah dalam Hadis Nabi

Daerah Tertentu Orang Saleh
Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Salah satu tujuan orang menikah adalah untuk mendapatkan keturunan. Meskipun, ada juga pihak yang tidak menginginkan adanya keturunan dalam pernikahannya, atau diistilahkan dengan childfree. Islam sendiri sebenarnya lebih cenderung menganjurkan kepada umatnya untuk berprinsip childcare. 

Suatu bentuk tanggung jawab orang tua ketika memutuskan untuk memiliki anak, yaitu mengasuh dan mendidiknya dengan baik. Sehingga anak tersebut tumbuh dan berkembang menjadi anak yang shalih. Berikut adalah manfaat memiliki anak yang shalih dan shalihah dalam hadis Nabi saw.

عَنْ أَبِي هُرَيرَةَ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ قَال: “إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلاثَةٍ: إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيةٍ. أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ. أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ” (روا مسلم)

Dari Abu Hurairah r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Jika orang itu meninggal dunia, maka amalnya akan terputus darinya kecuali tiga hal, shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan kepadanya.” (H.R. Muslim)

Pada hadis tersebut Rasulullah saw. menyebutkan bukan sekedar anak, namun anak yang shalih. Artinya memang orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan anak-anaknya ke arah kebaikan. Mengenalkan anak-anaknya pada ajaran agama. Sehingga mereka dapat mengerti apa yang seharusnya mereka kerjakan dan adab menjadi seorang anak. Salah satunya adalah pentingnya mendoakan orang tuanya, meskipun sudah meninggal dunia. 

Hadis tersebut dikuatkan dengan riwayat imam ibnu Majah dalam kitab Sunannya dari Abu Hurairah r.a. juga, Rasulullah saw. bersabda, “ Sesungguhnya amal dan kebaikan seorang mukmin akan mengiringi setelah ia meninggal dunia adalah ilmu yang ia ajarkan dan sebarkan, anak shalih yang ia tinggalkan, Al-Qur’an yang ia wariskan, masjid yang ia bangun, rumah yang ia bangun untuk ibnu sabil, sungai yang ia alirkan (untuk orang lain), atau sedekah yang ia keluarkan dari harta miliknya di masa sehat atau masa hidupnya, semuanya akan mengiringinya setelah meninggal.” 

Baca Juga:  Alasan Anak-anak Dilarang Keluar pada Waktu Magrib dalam Islam

Amal dan kebaikan yang akan terus mengalir setelah meninggal dunia tersebut tidak hanya diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah r.a. saja, melainkan juga diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik r.a. sebagaimana disebutkan dalam kitab Hilyatul Auliya’. 

Doa anak-anak yang shalih sangatlah tidak sia-sia. Bahkan ia mampu mengangkat derajat orang tuanya di surga. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya seseorang akan diangkat derajatnya di surga, lalu orang tersebut akan bertanya ‘Bagaimana ini bisa terjadi?’ Lalu dijawab, ‘Karena anakmu telah memohonkan ampun untukmu.’ (H.R. Ibnu Majah) Hadis ini juga terdapat dalam kitab Musnad Ahmad bin Hanbal dengan redaksi yang sedikit berbeda. 

Anak-anak shalih yang meninggal dunia mendahului orang tuanya pun memberikan kemanfaatan tersendiri. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Salma; sang penggembala binatang ternak Rasulullah saw. Ia pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda, 

بَخٍ بَخٍ وَأَشَارَ بِيَدِهِ بِخَمْسٍ مَا أَثْقَلَهُنَّ فِي الْمِيزَانِ : سُبْحَانَ اللَّهِ ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ ، وَالْوَلَدُ الصَّالِحُ يُتَوَفَّى لِلْمَرْءِ الْمُسْلِمِ فَيَحْتَسِبُهُ.

“Bakh-Bakh (kata-kata pujian orang Arab)”, lalu beliau menunjuk dengan tangannya, “Ada lima hal yang dapat membertakan dalam timbangan amal, 1) Subhanallah, 2) Alhamdulillah, 3) Lailaha illa Allah, 4) Allahu Akbar, dan anak shalih yang meninggal dunia, lalu orang tuanya yang muslim sabar dan berharap pahala (kepada Allah swt).” (H.R. Ibnu Hibban dan Al-Hakim)

Hadis yang terakhir bukan berarti menafikan peran orang tua dalam memperhatikan kesehatan sang anak. Melainkan sebagai tasliyah/penghibur bagi orang tua yang ditinggal wafat anak-anaknya. Hendaknya orang tua ikhlas dan sabar dengan takdir yang telah digariskan Allah swt. kepada mereka. Kesabaran inilah yang akan menjadi salah satu pemberat timbangan amalnya kelak di akhirat. 

Baca Juga:  Keutamaan Puasa di Bulan Muharram Setelah Ramadhan

Demikianlah petunjuk Rasulullah saw. kepada umat Islam agar semangat mengasuh dan mendidik anak-anaknya menjadi anak yang shalih shalihah serta mushlih mushlihah yang tertuang dalam hadis Nabi. Sehingga mereka dapat menjadi “aset” berharga bagi orang tuanya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Wa Allahu a’lam bis shawab

 

Rekomendasi

Hadis Istri Sujud Suami Hadis Istri Sujud Suami

Istri Sujud Kepada Suami, Dalilnya dari Hadis?

Hadis tentang Keutamaan Berwudhu Hadis tentang Keutamaan Berwudhu

5 Hadis tentang Keutamaan Berwudhu, Apa Saja Itu?

ancaman rasulullah pelaku korupsi ancaman rasulullah pelaku korupsi

Ancaman Rasulullah terhadap Para Pelaku Korupsi

alasan dilarang keluar magrib alasan dilarang keluar magrib

Alasan Anak-anak Dilarang Keluar pada Waktu Magrib dalam Islam

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect