Ikuti Kami

Kajian

Keutamaan dan Kandungan Surah Al-Waqi’ah

Keutamaan Kandungan Surah Al-Waqi’ah
foto: gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Salah satu surah dalam Alquran yang digemari kaum muslimin ialah al-Waqiah karena dianggap bisa mendatangkan rezeki. Benarkah demikian? Padahal, jika kita memahami kandungan isinya, sebagian besar ayatnya menceritakan tentang hari akhir. Sedangkan keutamaannya dikabarkan dalam riwayat hadis. Lebih rincinya, simak keutamaan dan kandungan surah al-Waqi’ah dalam artikel ini. 

Keutamaan Surah Al-Waqiah

Sebagaimana diterangkan dalam kitab Tafsir al-Munir (14/270), diriwayatkan bahwa sahabat Utsman bin Affan pernah mengunjungi Abdullah ibn Mas’ud yang sedang sakit. 

Sayyidina Utsman berkata, “Wahai Abdullah, seandainya engkau berwasiat kepada kami, karena jika engkau meninggal atau meninggalkan anak perempuan, kami akan memelihara mereka setelah kepergianmu.” 

Abdullah menjawab, “Apa engkau mengkhawatirkan anak-anakku mengalami kefakiran? Aku telah meninggalkan mereka surah al-Waqiah, dan aku mendengar Nabi saw. bersabda, ‘Barangsiapa yang membacanya setiap malam’, aku kira beliau berkata, ‘akan terhindar dari kemiskinan’.” (HR. Baihaqi)

Berdasarkan riwayat ini, dapat dipahami bahwa membaca Alquran terutama surah al-Waqiah dapat menjadi cara (wasilah) untuk mengamankan diri dari kesulitan materi yang mungkin dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Muhammad al-Bajili dalam Fadhailul Quran li Ibni ad-Dharis halaman 103 menambahkan, di antara keutamaan surah al-Waqiah yang lain yaitu bagi setiap orang yang membacanya akan mendapat keberkahan dalam kehidupan duniawi. Tak hanya itu, membacanya juga akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang hari akhir, sehingga memotivasi untuk berusaha mendapatkan surga dan menjauhi neraka.

Imam Ja’far ash-Shadiq dalam Tafsir Nur ats-Tsaqalain (5/203)  berkata: “Barangsiapa yang membaca surah al-Waqiah pada malam Jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia.” Surah al-Waqiah menjadi bagian dari sahabat Ja’far yang bagi beliau surah ini memiliki keistimewaan yang tidak tertandingi oleh yang lain.

Baca Juga:  Ini Alasan Kenapa Hari Raya Disebut "Id"

Kandungan Surah

Mayoritas ulama tafsir menyatakan bahwa surah al-Waqiah merupakan salah satu surah yang turun sebelum Rasulullah berhijrah ke Madinah. Nama surah ini diambil dari ayat pertama, al-Waqiah yang merupakan nama dari salah satu hari kiamat. Ibnu Katsir menjelaskan, kiamat dinamakan al-Waqiah karena nyatanya wujud dan keberadaan hari kiamat tersebut.

Adapun kandungan isinya, Syekh Wahbah al-Zuhaili (14/269) menerangkan, surah ini diawali dengan pembicaraan tentang gambaran ketika datangnya kiamat. Kemudian, pengklasifikasian manusia ketika proses hisab yang terbagi menjadi tiga, golongan kanan, kiri, dan  as-Sabiquun, disertai penjelasan nasib, balasan, dan tempat akhir setiap golongan dan apa yang telah disiapkan oleh Allah untuk mereka.

Dilanjutkan dengan pemaparan tentang bukti-bukti ke-Maha Kuasa-an Allah, baik berupa fenomena alam seperti penciptaan manusia, penumbuhan tumbuh-tumbuhan, penurunan air; dan memberi kekuatan efek membakar pada api, maupun dalam bentuk  kuasa-Nya dalam ba’ts, nusyuur, dan hisab.

Satu lagi, dalam surah al-Waqiah memberikan penguatan tentang status Alquran. Kitab suci ini benar-benar bersumber dari Allah. Alquran merupakan berkah bagi manusia, namun sayang sekali sedikit yang mensyukurinya, mengambil pelajaran, dan memahami petunjuknya, tetapi banyak yang mendustakannya dan abai pada kandungan serta tuntunannya.

Demikian penjelasan keutamaan dan kandungan surah al-Waqi’ah. Surah ini mengajak kita untuk merenungkan kebesaran Allah, mempertimbangkan hari akhir, dan menjadi pelajaran bagi kita bahwa surah ini dapat menjadi wasilah datangnya rezeki, sebab sebagaimana dikatakan dalam hadis bahwa ketika kita mengupayakan urusan akhirat maka dunia akan mengikuti.[]

Rekomendasi

Ditulis oleh

Khadimul 'Ilmi di Yayasan Taftazaniyah

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Bagaimana Hukum Tanam Rambut dalam Islam?

Kajian

Sisi Lain Kotoran Hewan Ternak

Kajian

Hukum Merayakan Maulid di Luar Tanggal 12 Rabiul Awal

Kajian

Makna Kelapangan Dada Nabi Muhammad dalam Surah Al-Insyirah

Kajian

Kisah Rasulullah Memuliakan Perempuan

Khazanah

Membentuk Karakter Qur’ani Terhadap Anak Sejak Dini

Keluarga

Maulid Nabi sebagai Momentum Mewujudkan Warisan Keadilan

Khazanah

Hukum Jual Beli ASI

Kajian

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect