Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Kenapa Kita Harus Berpuasa?

Ada anak bertanya pada bapaknya

Buat apa berlapar-lapar puasa

Ada anak bertanya pada bapaknya

Tadarus tarawih apalah gunanya – Bimbo

BincangMuslimah.Com – Dahulu jika Ramadhan tiba, lagu Bimbo berjudul marak terdengar di hampir di seluruh radio. Judul lagu yang berjudul Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya ini mengisahkan di dalam liriknya jika ada seorang anak yang bertanya pada bapaknya perihal ibadah di bulan Ramadhan. Salah satunya menahan rasa lapar dari saat terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Apa pula tujuannya menjalankan puasa padahal ada banyak makanan yang terhidang di atas meja?

Sebelum mengenal lagu itu di masa kanak-kanak, saya pun pernah punya pertanyaan yang serupa. Yang biasanya setiap hari makan di siang hari, di bulan Ramadhan kita benar-benar harus menahan sampai beduk dipukul dan adzan dikumandangkan. Dan itu wajib dilaksanakan selama 30 hari tanpa alasan apa pun kecuali bagi mereka yang dikhususkan atau tidak diwajibkan berpuasa. Perempuan sedang haid misalnya.

Jadi kenapa kita harus berpuasa selama 30 hari penuh? Atau kenapa Allah memerintahkan hambanya untuk menahan rasa lapar sebulan lamanya?

Allah SWT memang telah mewajibkan umat muslim untuk berpuasa. Perintah itu jelas tercantum di dalam Al-Qur’an Q.S Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi, ‘Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.’

Di dalam Q.S Al-Baqarah ayat 183 sudah jelas jika puasa hanya diperintahkan hanya pada orang-orang yang beriman. Orang-orang yang dikatakan telah berimana adalah mereka yang menyakini ajaran Islam yang telah diturunkan kepada para nabi. Kemudian keimanan dibenamkan ke dalam hati mereka. Sedangkan takwa merupakan wujud dari keimanan dengan takut pada Allah, menjauhi segala larangannya dan berlaku ta’at pada setiap perintah-Nya. Dan puasa memiliki kaitan dengan keimanan dan ketakwaan seseorang karena perintah dari Allah.

Puasa di bulan Ramadhan berkaitan dengan keimanan yang terletak di dalam dada (hati) setiap hamba. Karenanya banyak orang yang berusaha menjaga keimanan sembari menyempurnakan ibadah puasa. Padahal bisa saja kita makan dan minum secara diam-diam saat sendirian. Namun berkat iman dan takwa tadi, kita takut untuk melanggar apa yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengukur diri, maka akan diampuni dosanya yang lalu.” (H.R Bukhari Muslim).

Selain itu, menahan rasa lapar membuat kita mengerti bagaimana posisi  orang yang memiliki keterbatasan dalam ekonomi. Sehingga mereka tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan pokok seperti makan dan minum. Merasakan apa yang dialami oleh manusia lain selama berpuasa akan menumbuhkan rasa cinta kasih dan empati terhadap sesama manusia.

Menahan rasa lapar juga membuat kita sadar jika tidak ada yang dapat disombongkan. Karena ketika Allah telah memerintahkan untuk menjalankan puasa, maka manusia harus meninggalkan segala bentuk nafsu duniawi dan sifat serakah. Puasa, mengajarkan kita untuk berlaku rendah hati.

Rekomendasi

Aisyah Nursyamsi
Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

kesejahteraan guru belum tercapai kesejahteraan guru belum tercapai

Pandangan Islam akan Kesejahteraan Guru yang Belum Tercapai

Kajian

sosok ajaran penyembah berhala sosok ajaran penyembah berhala

Sosok Pembawa Ajaran Penyembah Berhala ke Mekkah

Khazanah

perempuan mel shalat jenazah perempuan mel shalat jenazah

Perempuan Melakukan Shalat Jenazah, Benarkah Tidak Boleh?

Kajian

Kyai Kholil Bangkalan Sang Maha Guru

Khazanah

hari anti kekerasan perempuan hari anti kekerasan perempuan

Hari Anti Kekerasan Perempuan 2021: Kekerasan di Ranah Publik Masih Ditemui

Muslimah Talk

suami perlu rida istri suami perlu rida istri

Suami Pun Perlu Mengejar Rida dari Istri

Kajian

secara umum (‘Aam) bagi setiap orang yang mendengar azan? Masihkah disunnahkan menjawab azan ketika dalam keadaan shalat? secara umum (‘Aam) bagi setiap orang yang mendengar azan? Masihkah disunnahkan menjawab azan ketika dalam keadaan shalat?

Hukum Menjawab Azan Ketika dalam Keadaan Shalat

Kajian

perempuan mandiri secara finansial perempuan mandiri secara finansial

Jangan Pasrah, Perempuan Perlu Mandiri Secara Finansial!

Muslimah Talk

Trending

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Doa Agar Diberikan Jodoh yang Shalih

Ibadah

perempuan berdua sopir taksi perempuan berdua sopir taksi

Perempuan hanya Berdua dengan Sopir Taksi, Apakah Disebut Khalwat?

Kajian

Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga

Belajar dari Film ‘Maid’; Mengenal Kekerasan Psikis dalam Rumah Tangga

Muslimah Talk

mentoring poligami meraup keuntungan mentoring poligami meraup keuntungan

Trend Mentoring Poligami, Kedok Meraup Keuntungan

Kajian

hari anti kekerasan perempuan hari anti kekerasan perempuan

Begal Payudara di Duren Sawit; Stop Menyalahkan Pakaian yang Dikenakan Korban Pelecehan Seksual

Muslimah Talk

Tiga Keutamaan Surat Al-Fatihah Tiga Keutamaan Surat Al-Fatihah

Tiga Keutamaan Surat Al-Fatihah

Kajian

Hukum Memutus Silaturrahim Ulama Hukum Memutus Silaturrahim Ulama

Hukum Memutus Silaturrahim Menurut Ulama

Kajian

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Baca Doa Ini Jika Rindu pada Seseorang yang Kamu Sayang

Kajian

Connect