Ikuti Kami

Ibadah

Ini Enam Nasihat Kiai Said Aqil untuk Pengantin Baru

Nasihat Pernikahan Gus Mus
Doa untuk Pengantin Baru

BincangMuslimah.Com – Tanggal 13 Januari 2020 lalu, KH. Abdullah Kafabih Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo Kediri mengadakan pesta pernikahan kedua putrinya. Ning Shofia bersama suaminya Gus Faurok dan Ning Hafsha bersama suaminya Habib Zen. Pada acara yang khidmat tersebut, Prof. Dr. KH. Said Aqil Siraj diminta sebagai pengisi mauizah hasanah. Kiai Said memulai ceramahnya dengan membaca surah Ar-Rum ayat 21. Adapun di antara poin-poin nasihat Kiai Said Aqil untuk pengantin baru dan patut kita renungkan bersama adalah sebagai berikut:

Pertama, pernikahan merupakan manifestasi wujudnya Allah swt. Hal ini disebabkan karena hanya Allah lah adz-dzatul muthlaqah al-mujarradah anin nisab wal idhaafat (dzat absolut yang tidak butuh pada penisbatan dan penyandaran). Artinya, selain Allah itu butuh pasangan. Oleh karena itu, ketika ada pernikahan, manifestasi Allah semakin nampak kita rasakan. Bahwa selain Allah swt. itu butuh sandaran (ifadhah) dan butuh nisbat.

Kedua, nikah itu ibadah universal, ibadah ideal, dan ibadah perenial. Universal karena semua agama dan semua peradaban ada namanya akad nikah. Bahkan, masyarakat primitif pedalaman yang agamanya animis pun memiliki prosesi akad nikah. Apalagi Islam, Kristen, Yahudi, ahli kitab jelas ada akad nikah.

Ideal karena membawa misi idealisme. Dengan nikah inilah kita melestarikan regenerasi manusia sampai kapan pun Allah menghendaki manusia ini selesai. Kita meneruskannya, melanjutkannya, memproduksi generasi baru dengan cara akad nikah dan perkawinan. Nikah juga disebut ibadah yang perenial; abadi. Hubungan yang akan dibawa hingga nanti di akhirat

Ketiga,  hubungan yang terjalin secara lahir dan batin. Sebagaimana makna khalaqa dalam surah Ar-Rum: 21, merupakan kata kerja yang mempunyai masdar dua kosa kata; khalqun dan khuluq. Maknanya ciptaan Allah yang bersifat fisik adalah khalqun yang bersifat parsial, temporal, dan dimensial. Adapun yang bersifat non fisik disebut khuluq yang berasal dari kata akhlaq. Jadi, perjodohan dua insan tidak hanya pertemuan khalq (fisik) tapi yang paling penting pertemuan khuluq (non fisik).

Baca Juga:  Lima Nasihat Pernikahan Gus Mus untuk Pengantin Baru

Keempat, tempat mendapatkan ketenangan. Litaskunuu ilaihaa (agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya: lanjutan surah Ar-Rum: 21). Taskunuu bentuk kata kerja yang berasal dari kata sakan dan sakinah. Sakan artinya rumah atau tempat tinggal. Maka, silahkan bikin rumah yang baik dan besar. Tapi rumah yang besar, mewah, dan indah itu tidak ada maknanya kalau tidak dengan sakinah (ketenangan). Sakinah itu ada di hati.

Kelima, jadikan pernikahan sebagai sumber kasih dan sayang. Wa ja’ala bainakum mawaddataw warahmah (dan Dia menjadikan di antaramu kasih dan sayang: lanjutan surah Ar-Rum: 21). Allah menggunakan kata khalaqa untuk jodoh. Sementara untuk mawaddah wa rahmah menggunakan kata ja’ala. Hal ini menunjukkan bahwa jodoh itu monopoli Allah. Siapapun tidak bisa menggagalkan atau merekayasa. Tetapi membangun rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah harus diperjuangkan, tidak bisa berpangku tangan.

Lafadz ja’ala, meskipun subjek/fail-nya itu Allah, yakni Allah lah yang menjadikan mawaddah dan rahmah, tetapi tetap harus diperjuangkan. Artinya ja’ala menunjukkan bahwa keluarga bisa bahagia kalau dibangun, diperjuangkan, dan dipertahankan bersama.

Keenam, Pernikahan merupakan ayat Allah yang mutlak luar biasa. Rahasia hidup akan dijalani oleh pasangan ini. Mereka akan menjalani lorong-lorong hidup, kadang terang, kadang gelap, kadang naik, kadang turun, kadang terjal, kadang susah, serta kadang gampang dan ringan. Itulah kehidupan. sebagaimana firman-Nya, “Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir.” Wa Allahu a’lam bis shawab.

Itulah keenam nasihat yang disampaikan oleh Kiai Said Aqil bagi pengantin baru. Selengkapnya sahabat bincang muslimah dapat mengakses Channel Youtube Pondok Pesantren Lirboyo.

Rekomendasi

Selamat Tahun Baru KawanNasihat Pernikahan Gus Mus Selamat Tahun Baru KawanNasihat Pernikahan Gus Mus

Lima Nasihat Pernikahan Gus Mus untuk Pengantin Baru

Ketentuan malam pertama rasulullah Ketentuan malam pertama rasulullah

Ketentuan Malam Pertama bagi Pengantin Baru Menurut Rasulullah

Nasihat Pernikahan Gus Mus Nasihat Pernikahan Gus Mus

Doa untuk Pengantin Baru

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Mahatma Gandhi Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi dan Perjuangan Hak-hak Perempuan di India

Muslimah Talk

Surah Yasin 1-6 Surah Yasin 1-6

Surah Yasin 1-6: Rasulullah Adalah Karunia Terbesar Umat Manusia

Kajian

KUPI Konstitusi Integritas Negara KUPI Konstitusi Integritas Negara

KUPI Desak Penegakan Konstitusi dan Integritas Negara

Berita

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Aborsi Korban Pemerkosaan Aborsi Korban Pemerkosaan

Mengintip Pro dan Kontra Layanan Aborsi pada Korban Pemerkosaan, Perlukah?

Muslimah Talk

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Siapa saja daimul hadas Siapa saja daimul hadas

Siapa Sajakah yang Termasuk Daimul Hadas? Ini Rinciannya

Kajian

Ummu Hisyam binti Haritsah Annangguru Hudaidah Ummu Hisyam binti Haritsah Annangguru Hudaidah

Annangguru Hudaidah, Sang Perempuan yang Merawat Tradisi Mengaji di Mandar

Kajian

Trending

Wudhu Perempuan Eyeliner Waterproof Wudhu Perempuan Eyeliner Waterproof

Sahkah Wudhu Perempuan yang Memakai Eyeliner Waterproof?

Muslimah Daily

Pembelaan Perempuan Kegalauan Poligami Poligami Mendapat Balasan Surga Pembelaan Perempuan Kegalauan Poligami Poligami Mendapat Balasan Surga

Benarkah Poligami Mendapat Balasan Surga?

Kajian

Mariam al-‘Ijliya al-Asturlabi Mariam al-‘Ijliya al-Asturlabi

Mariam al-‘Ijliya al-Asturlabi: Ilmuwan Muslimah Berpengaruh di Balik Astrolab

Muslimah Talk

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Kisah Annemerie Schimmel Kisah Annemerie Schimmel

Kisah Annemerie Schimmel, Orientalis yang Terpesona dengan Islam

Kajian

Tubuh perempuan feminis muslim Larangan Catcalling dalam Islam Tubuh perempuan feminis muslim Larangan Catcalling dalam Islam

Larangan Catcalling dalam Islam

Kajian

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Pratiwi Sudarmono Pratiwi Sudarmono

Pratiwi Sudarmono: Muslimah, Putri Ningrat dan Astronot Pertama Asia

Muslimah Talk

Connect