Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Anjuran Saling Mendoakan dengan Doa Ini di Hari Raya Idul Fitri

BincangMuslimah.Com – Meski hari raya tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena selama pandemi corona masyarakat yang berada pada zona merah pandemi dianjurkan untuk merayakan hari raya di rumah. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa merasakan mdan mendoakan mereka di hari nan fitri tersebut.

Sebagaimana terdapat sebuah tradisi paska Ramadhan yang dilakukan oleh para sahabat Nabi Muhammad Saw. dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Di antara tradisi tersebut adalah tradisi saling memberikan selamat atas datangnya hari raya idul fitri. Ucapan selamat tersebut mereka sampaikan dengan kata-kata “taqabbalallhu minna wa minka”. Berdasarkan beberapa riwayat mengatakan bahwa tradisi ini sudah dilakukan oleh para sahabat sejak dulu kala pada masa Nabi Saw..

Sampai saat ini tradisi saling mengucapkan selamat tersebut diikuti masyarakat dan menjadi kebiasaan tiap kali menyambut kedatangan hari raya idul fitri, hari kemenangan setelah menahan hawa nafsu selama sebulan penuh di bulan ramadhan.

Ada beberapa riwayat yang menjelaskan mengenai tradisi sahabat saling mengucapkan selamat hari raya ini. Di antaranya riwayat imam Baihaqi dalam sunannya berikut ini:

عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ قَالَ: لَقِيتُ وَاثِلَةَ بْنَ الأَسْقَعِ فِي يَوْمِ عِيدٍ فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، قَالَ وَاثِلَةُ: لَقِيتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَوْمَ عِيدٍ فَقُلْتُ: تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ، فَقَالَ: نَعَمْ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكَ.

Dari Khalid bin Ma’dan berkata, “Aku bertemu Watsilah bin al-asqa’ pada hari raya idul fitri lalu aku mengucapkan padanya ‘semoga Allah menerima ibadah aku dan kamu’.” Lalu Watsil pun bercerita, “Dulu aku bertemu Rasulullah Saw. pada hari raya idul fitri, lalu aku mengucapkan padanya ‘Semoga Allah menerima ibadahku dan engkau’, beliau pun menjawab, ‘Ya, semoga Allah menerima ibadahku dan engkau’”

Juga ditemukan dalam riwayat berikut ini:

أن محمد بن زياد، قال: كنت مع أبي أمامة الباهلي وغيره من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم فكانوا إذا رجعوا من العيد يقول بعضهم لبعض: تقبل الله منا ومنك

‘Muhammad bin Ziyad berkata, “Saat itu aku sedang bersama abu umamah al-bahili dan sahabat Nabi yang lainnya. Apabila pulang dari salat ied mereka akan saling mengatakan ‘semoga Allah menerima ibadah(selama ramadhan) aku dan engkau’.”

Imam Ahmad memberi keterangan bahwa riwayat dari Abu Umamah ini sanadnya bagus.

Riwayat lain juga disebutkan oleh Ibn Hajar al-Asqalani dalam Fathu al-Bari dari Jubair bin Nafir dengan sanad hasan.

عن جبير بن نفير قال:كان أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض: تقبل منا ومنك.

Dari Jubair bin Nafir berkata, “Dulu Sahabat Rasulullah Saw. jika saling berjumpa saat hari raya idul fitri mereka akan mengucapkan ‘taqabbalallahu minna wa minka’ (semoga allah menerima ibadahku dan engkau).”

Mengenai hal ini, menurut Ali bin Tsabit saat dia berumur 35tahun dia pernah bertanya kepada Imam Malik mengenai tradisi yang dilakukan sahabat Nabi Saw. tersebut. Lalu Imam Malik berkata, “Tradisi itu juga selalu dilakukan penduduk Madinah.”

Jadi meski dari rumah, kita tetap dianjurkan untuk saling mengucapkan selamat hari raya kepada saudara-saudara kita sesama muslim. Kita bisa saling mengucapkan selamat ramadhan melalui chat atau saling mengirimkan parcel yang berisikan ucapan lebaran melalui aplikasi pengiriman online.

Wallahu’alam.

Rekomendasi

Panduan Lengkap Tata Cara dan Niat Zakat Fitrah

Doa agar Terhindar dari Prasangka Buruk pada Allah

Doa yang Diberikan Nabi pada Fatimah Az-Zahra saat Hadapi Kegelisahan

malam jumat atau lailatul qadar malam jumat atau lailatul qadar

Doa Lailatul Qadar yang Diajarkan Rasulullah pada Siti Aisyah

Neneng Maghfiro
Ditulis oleh

Peneliti el-Bukhari Institute, Mahasiswa Pascasarjana UIN Jakarta dan alumni Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat.

Komentari

Komentari

Terbaru

Menggabungkan Puasa Syawal dengan Puasa Senin Kamis

Ibadah

Peran Ibu dalam Membentuk Karakter Anak: Nasehat Nabi Kepada Ummi Athiyah

Keluarga

Melunasi Qadha Puasa Ramadhan Dulu atau Puasa Syawal Dulu?

Ibadah

Bolehkah Puasa Syawal pada Hari Jum’at?

Ibadah

Parenting Islami: Haruskah Memukul Anak Sebagai Bagian dari Pendidikan?  

Keluarga

Kenapa Puasa Syawal Enam Hari Disebut Seperti Puasa Setahun?

Ibadah

Hukum Menggabungkan Puasa Syawal dengan Puasa Qadha

Ibadah

Balaslah Kebaikan Meskipun Hanya Dengan Doa

Ibadah

Trending

Cara Khadijah Memuliakan Nabi sebagai Suami

Muslimah Talk

Tata Cara I’tikaf di Rumah Selama Masa Pandemi Corona

Ibadah

qadha puasa qadha puasa

Enam Orang Ini, Harus Qadha Puasa Meski Tetap Puasa di Bulan Ramadhan

Video

Mengenal Tipe Kepribadian dari Cara Mengurus Rumah Tangga, Tipe Istri Seperti Apa Kamu?

Muslimah Daily

Mengapa Kita Harus Sahur? Ini Tiga Keutamaan Sahur dalam Sabda Nabi

Ibadah

Sunnah Baca Doa Ini di Akhir Witir Sebelum Salam

Ibadah

Pekerja Perempuan yang Belum Tuntas Haknya

Diari

Doa yang Diberikan Nabi pada Fatimah Az-Zahra saat Hadapi Kegelisahan

Ibadah

Connect