Ikuti Kami

Khazanah

Karlina Supelli, Filsuf dan Astronom Perempuan Indonesia

karina supelli astronon indonesia
Foto Oleh Crisco 1492 - Karya sendiri, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=51755988

BincangMuslimah.Com – Karlina Supelli merupakan astronom perempuan Indonesia pertama. Ia dilahirkan di Jakarta pada 15 Januari 1958. Karlina merupakan peranakan Indonesia dan Belanda. Ia merupakan putri ke-11 pasangan Supelli dan Margaretha. Ayahnya adalah orang Sunda asli, sementara ibunya berkebangsaan Belanda.  Sejak kecil ia punya kepribadian yang cenderung soliter. Hal itu disebabkan oleh lingkungan masa kecilnya. Ibunya adalah seorang berkebangsaan Belanda yang dalam kesehariannya kurang suka bergaul dan lebih memilih berada di rumah untuk membaca buku. 

Tak hanya itu, saat pecah konfrontasi RI-Belanda dalam soal Papua Barat, posisinya sebagai anak keturunan sering menjadi bahan ejekan. Ketika sedang belajar sejarah di sekolah, ia dikatakan sebagai orang yang ketinggalan kapal saat kaum pengungsi Belanda pulang ke negaranya. Walaupun kata-kata itu dimaksudkan sebagai canda semata, namun ia sempat merasa kalau asal-usulnya dipertanyakan. Ia merasa tidak punya akar budaya. Jika ia pergi ke Belanda, ia disebut orang indo karena ayahnya orang Indonesia, sedangkan jika di Indonesia dia disebut penjajah

Setelah  lulus SMA, Karlina melanjutkan pendidikannya Fakultas Matematika Ilmu Alam (MIPA) Jurusan Astronomi di Institut Teknologi Bandung (ITB). Karlina memiliki minat yang sangat dalam terhadap fisika, matematika dan metafisika. Ia  juga tertarik mendalami filsafat. Karlina melanjutkan pendidikannya hingga gelar doktor astronomi (MSc) di bidang Space Science yang diperoleh dari University College of London, Inggris. Sedangkan,  ia juga memperoleh gelar doktor filsafat Universitas Indonesia. Pada tahun 1992, Karlina melanjutkan jenjang pendidikannya ke program Magister Filsafat Universitas Indonesia. 

Awal pertemuannya dengan filsafat cukup menarik. Semula ia tidak berminat sama sekali pada filsafat. Suatu hari, Ninok Leksono Dermawan, sang suami yang berprofesi sebagai wartawan senior di harian Kompas, tidak bisa masuk kuliah. Saat  itu suaminya sedang menempuh pendidikan untuk meraih gelar doktor di UI dan kebetulan juga satu mata kuliah dengannya. Sebagai istri, ia menawarkan untuk menggantikannya mengikuti kuliah filsafat dengan dosen Toetie Herawati. Setelah itu, ia merasa filsafat adalah ilmu yang menarik untuk ditekuni lebih lanjut.

Baca Juga:  Islam dan Pekerja Rumah Tangga

Selain itu, Karlina menemukan hubungan antara semua ilmu yang dikuasainya melalui pendidikannya di jenjang program doktor Filsafat. Menurutnya  pandangan bahwa hal-hal yang dianggap kebenaran ilmiah dalam kosmologi, sebenarnya hanya konstruksi benak manusia dan selalu berubah. Ia  membuat judul disertasi “Kosmologi empiris konstruktif: Suatu Telaah Filsafat Ilmu Terhadap Asas Antropik Kosmologis”. Pada tahun 1997 ia merampungkan disertasinya di Universitas Indonesia. Sebelum  masuk Filsafat, Karlina sangat tertarik pada Kosmologi. Dalam  penelitiannya banyak menemukan pertanyaan mendasar yang tidak bisa dia temukan jawabannya secara empiris. Pada  filsafat menurut Karlina, ia bisa menemukan jawaban dan penjelasan dari pertanyaan yang ia miliki.

Karlina Supelli juga merupakan sosok yang aktif dalam berorganisasi. Saat masih menjadi mahasiswa di Institut Teknologi  Bandung  (ITB), ia  merupakan aktivis kampus yang menjadi Ketua Himpunan. Pada tahun 1998 saat reformasi, Karlina mendadak menjadi sorotan media karena ia menjadi salah satu aktivis perempuan yang memperjuangkan hak-haknya pada masa itu. Karlina sampai harus ditahan pihak berwajib di Polda selama 23 jam. Alasannya, Karlina ditahan karena didakwa dengan tuduhan melanggar Pasal 510 KUHP. Aksi Karlina dalam bidang kemanusiaan tak berhenti di sana. Setelah itu, bersama para tokoh pro pemberantasan korupsi Indonesia, Karlina juga melayangkan seruan dan kritikan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia  memandang kepemimpinan SBY yang dinilai kurang kuat dalam membangun ketertiban hukum. Dalam aksi itu, para tokoh juga menandatangani sebuah surat seruan terhadap Penyelamatan Bangsa dan dukungan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut tuntas kasus korupsi yang melibatkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M.Nazaruddin.

Berefleksi  kembali perjalanan seorang Karlina sosok astronom perempuan pertama di Indonesia yang memberikan inspirasi bagi kita para perempuan untuk menjadi lebih baik. Perempuan tidak semata hanya berada di pintu yang sama. Perempuan sangat berhak menuntut hak-haknya seperti menempuh pendidikan, dan ikut berperan di tengah masyarakat. Karlina juga pernah mengungkapkan bahwa perempuan memiliki kemampuan berpikir yang sama dengan laki-laki. Jadi tidak menjadi suatu alasan bahwa perempuan menjadi halangan untuk berkembang di tengah masyarakat apalagi membangun negara yang sejahtera.

Rekomendasi

mamah dedeh pendakwah perempuan mamah dedeh pendakwah perempuan

Mamah Dedeh, Pendakwah Legendaris Perempuan

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

nyai ageng pinatih majapahit nyai ageng pinatih majapahit

Nyai Ageng Pinatih, Saudagar Kaya era Majapahit

single mom ulama besar single mom ulama besar

Kisah Ibu dari Rabi’ah Ar-Ra’yi, Single Mom yang Didik Anaknya Jadi Ulama Besar

Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

Komentari

Komentari

Terbaru

tetangga beda agama meninggal tetangga beda agama meninggal

Bagaimana Sikap Seorang Muslim Jika Ada Tetangga Beda Agama yang Meninggal?

Kajian

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

doa tak kunjung dikabulkan doa tak kunjung dikabulkan

Ngaji al-Hikam: Jika Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Kajian

rasulullah melarang ali poligami rasulullah melarang ali poligami

Kala Rasulullah Melarang Ali bin Abi Thalib untuk Poligami

Khazanah

puasa syawal kurang enam puasa syawal kurang enam

Puasa Syawal Tapi Kurang dari Enam Hari, Bagaimana Hukumnya?

Kajian

orang tua beda agama orang tua beda agama

Bagaimana Sikap Kita Jika Orang Tua Beda Agama?

Khazanah

Nyi Hadjar Dewantara pendidikan Nyi Hadjar Dewantara pendidikan

Perjuangan Nyi Hadjar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Indonesia

Khazanah

isu perempuan najwa shihab isu perempuan najwa shihab

Kekerasan, Kesenjangan, dan Krisis Percaya Diri: Isu Penting Perempuan Menurut Najwa Shihab

Kajian

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Connect