Ikuti Kami

Kajian

Dua Cara Membaca Ayat Poligami Menurut Fazlur Rahman

Ayat Poligami Fazlur Rahman
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com –  Sebagian masyarakat menjadikan surat Q.S Al-Nisa (4): 3 dan Q.S Al-Nisa (4): 129 sebagai dalil diperintahkannya poligami. Namun sebenarnya, perintah poligami dalam ayat tersebut tidak menunjukkan suatu kewajiban. Lebih lanjut, terdapat dua cara memahami ayat poligami ini menurut Fazlur Rahman.

Fenomena Poligami

Poligami bukanlah persoalan baru, namun telah ada seiring berjalannya sejarah peradaban manusia. Bahkan jika kita menelisik pada kehidupan manusia zaman dahulu, seorang laki-laki bisa memiliki lebih dari empat orang. Raja-raja terdahulu juga dikenal sebagai seorang yang memiliki banyak selir. Kondisi saat itu benar-benar sangat menempatkan perempuan sebagai suatu barang kepemilikan yang bisa dipakai kapanpun oleh laki-laki.

Seiring perkembangan peradaban manusia, terutama ketika agama-agama membawa ajarannya, perlahan-lahan mengangkat martabat manusia terutama perempuan dan semakin diberi kedudukan yang terhormat.

Dalam Islam, poligami seolah memiliki legitimasinya di dalam Alquran yakni dalam Q.S Al-Nisa (4): 3 dan Q.S Al-Nisa (4): 129, yang secara jelas merupakan ayat-ayat yang berbicara tentang persoalan poligami. Dalam ayat-ayat tersebut, Islam tidak melarang poligami secara mutlak (haram), tetapi juga tidak menganjurkannya (wajib). Para ulama pun tidak pernah bersepakat tentang persoalan poligami ini, melainkan mereka berbeda pendapat tentang hukum berpoligami.

Di antara mereka ada yang memberikan persyaratan-persyaratan yang ketat dan ada pula yang memberikan persyaratan-persyaratan yang cukup ringan. Namun, dalam realitas di masyarakat poligami sering kali memunculkan hal-hal yang negatif. Hal ini dikarenakan berpoligami memang sering melenceng dari syarat-syarat yang diberikan seperti syarat keadilan dan kemaslahatan. Hal inilah yang menjadikan poligami menjadi persoalan yang sampai saat ini tidak pernah selesai dan terus menuai perdebatan. Idealitas Alquran ternyata tidak selalu berbanding lurus dengan realitas yang ada.

Baca Juga:  Amalan Bid'ah yang Dilakukan di Malam Nisfu Sya'ban

Ayat Poligami dan Teori Hemeneutika Double Movement

Hal yang dijelaskan di atas bisa dipahami karena persoalan ajaran agama pada dasarnya adalah persoalan interpretasi. Seorang intelektual muslim Fazlur Rahman dengan menggunakan metode yang disebutnya sebagai hermeneutika double movement (gerak bolak-balik) mencoba untuk menginterpretasikan ayat-ayat poligami yang selama ini seringkali dijadikan legitimasi seseorang untuk melakukan poligami.

Menurut Rahman, poligami adalah salah satu cara Alquran untuk menyelesaikan masalah kemanusian pada saat itu untuk mencapai suatu ideal moral yang dituju oleh Alquan. Dengan demikian, maka problem poligami yang ada pada masyarakat saat ini perlu dikaji kembali dengan memperhatikan ideal moral dari ayat-ayat tersebut.

Dalam hal ini, Fazlur Rahman dalam buku Islam Modern: Teologi Pembaharuan, mengemukakan ada dua metode penafsiran yang perlu digunakan untuk memahami ayat poligami. Kedua metode ini yakni metode gerak bolak-balik (double movement) dan metode sintetik-logik. Perbedaan ini terkait dengan ayat-ayat sosial atau kemanusiaan di satu sisi dan ayat-ayat ketuhanan, metafisik, dan eskatologik di sisi lain yang tidak tersentuh dimensi kesejarahan sebagaimana ayat-ayat yang pertama.

Metode Gerak Bolak-balik

Secara sederhana hermeneutika Alquran Fazlur Rahman terumus dalam kalimat “dari situasi masa kini ke masa Alquran diturunkan, dan kembali lagi ke masa kini”. Pada gerak pertama ini terdiri dari dua langkah, yakni pertama merupakan tahap pemahaman tekstual Alquran dan konteks sosio historis ayat-ayatnya.

Dalam tahap ini makna dan arti suatu pernyataan dipahami dengan melakukan kajian situasi atau problem historis. dengan kata lain memahami makna Alquran sebagai suatu keseluruhan di samping dalam batas ajaran-ajaran khusus yang merupakan respon terhadap situasi-situasi khusus. Sedangkan langkah kedua adalah tahap generalisasi, di mana upaya generalisasi dilakukan terhadap jawaban-jawaban spesifik tersebut dan menyatakannya sebagai pernyataan-pernyataan yang memiliki tujuan moral-sosial umum.

Baca Juga:  Hadis Maudhu’: Sebab-Sebab Munculnya Hadis Palsu

Sementara itu, pada gerak kedua yakni “dari masa Alquran diturunkan ke masa kini”, ajaran-ajaran yang bersifat umum harus ditumbuhkan dalam konteks sosio-historis yang konkret di masa sekarang. Dari sini kemudian, jika pada gerak pertama terjadi dari hal-hal yang spesifik dalam Alquran ke penggalian dan sistematisasi prinsip-prinsip hukum, serta nilai-nilai dan tujuan jangka panjangnya, maka pada gerakan kedua pandangan umum ini dimasukkan kembali ke dalam pandangan spesifik yang harus dirumuskan dan direalisasikan pada masa kini.

Lebih lanjut, pada gerak kedua ini, tidak hanya memasukkan dalam konteks kekinian. Akan tetapi juga sebagai pengoreksi terhadap hasil-hasil penafsiran pada gerak pertama. Artinya kalau hasil pemahaman dalam gerakan pertama gagal diaplikasikan dalam konteks kekinian,  tentunya telah terjadi kegagalan dalam menilai situasi masa kini, atau kegagalan dalam memahami Alquran.

Metode Sintetik-Logik

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, berbeda dengan metode gerak bolak-balik yang dipergunakan untuk menafsirkan ayat-ayat sosial dan kemanusiaan. Metode sintetik-logik digunakan dalam menafsirkan ayat-ayat teologik, eskatologik, dan metafisik. Metode ini digunakan oleh Rahman dengan cara mensintesakan berbagai tema secara logis ketimbang secara kronologis. Alquran dibiarkan berbicara sendiri, sedangkan penafsiran hanya dipergunakan untuk membuat hubungan antara konsep-konsep yang berbeda.

Berbeda dengan metode gerak bolak-balik yang dipergunakan untuk menafsirkan ayat-ayat sosial dan kemanusiaan, metode sintetik-logik digunakan dalam menafsirkan ayat-ayat teologik, eskatologik, dan metafisik. Metode ini digunakan oleh Rahman dengan cara mensintesakan berbagai tema secara logis ketimbang secara kronologis. Alquran dibiarkan berbicara sendiri, sedangkan penafsiran hanya dipergunakan untuk membuat hubungan antara konsep-konsep yang berbeda.

Metode ini merupakan kombinasi pola penalaran induksi dan deduksi; pertama, dari yang khusus (partikular) kepada yang umum (general), dan kedua, dari yang umum kepada yang khusus. Mulai dari hal-hal yang spesifik lalu ditarik menjadi prinsip-prinsip umum dan nilai-nilai moral jangka panjang. Maka ditempuh dari prinsip umum ke pandangan spesifik yang harus dirumuskan dan direalisasikan ke dalam kehidupan sekarang. Dengan mengandaikan adanya kajian yang cermat atas situasi sekarang sehingga bisa dinilai dan dirubah sesuai dengan priortitas-prioritas moral tersebut.

Baca Juga:  Alasan Rasulullah Menolak Putrinya Dipoligami Sayyidina Ali

Apabila kedua momen gerakan ini ditempuh secara mulus, maka perintah Alquran akan menjadi hidup dan efektif kembali. Bila yang pertama merupakan tugas para ahli sejarah, maka dalam pelaksanaan gerakan kedua, instrumentalis sosial mutlak diperlukan. Meskipun kerja rekayasa etis yang sebenarnya adalah kerja ahli etika.

Kesimpulan

Secara gamblang, metode ini membuka jalan untuk memahami Alquran secara padu, koheren, dan kohesif. Dengan kata lain, metode ini menolak pemahaman ayat secara sepotong-sepotong dan terpisah-pisah. Pendekatan yang dilakukan untuk membahas suatu tema dengan cara mengevaluasi ayat-ayat yang berhubungan dengan tema yang dibahas. Jelas, di sini ditekankan keterpaduan wahyu.

Demikianlah kedua metode jika diterapkan dalam memahami ayat poligami. Sesungguhnya Fazlur Rahman telah berjasa besar dalam merumuskan sebuah pemikiran Islam yang sistematis dan komprehensif.

Rekomendasi

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

tidak adil dalam berpoligami tidak adil dalam berpoligami

Adakah Suami yang Bisa Memenuhi Kriteria Adil dalam Poligami?

poligami istri gairah seksual poligami istri gairah seksual

Hukum Suami Melakukan Poligami Karena Istri Sudah Tidak Memiliki Gairah Seksual

menghindari zina perselingkuhan poligami menghindari zina perselingkuhan poligami

Menghindari Zina atau Perselingkuhan dengan Poligami Jadi Alasan yang Tidak Relevan

Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain

Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain dan Pesan Menjaga Bumi dalam Islam

Muslimah Daily

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa Nabi Muhammad ketika Bangun Tengah Malam untuk Shalat

Ibadah

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan

Berkolaborasi dengan KUPI, CariUstadz Tingkatkan Dakwah Perspektif Perempuan 

Berita

yukabid perempuan nabi musa yukabid perempuan nabi musa

Yukabid, Sosok Perempuan di balik Kisah Nabi Musa

Khazanah

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Connect