Ikuti Kami

Tak Berkategori

Lebih Senyap Dari Bisikan: Pahit Manis Kehidupan Perempuan dalam Pencarian

Lebih Senyap Dari Bisikan

Judul buku: Lebih Senyap dari Bisikan

Penulis: Andina Dwifatma

Jumlah halaman: 164

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tanggal terbit: 17 juni 2021

ISBN: 978602065420

BincangMuslimah.Com – Adalah Amara dan Baron, pasangan ini selalu mendapat rentetan pertanyaan yang kerap ditanya oleh para masyarakat usai delapan tahun menikah. Pada dasarnya Amara dan Baron cukup nyaman dengan kehidupan mereka saat itu. 

Pikiran ‘betapa nyamannya hidup berdua’ sempat mengakar ketika Amara dan Baron melihat betapa struggle-nya kehidupan teman-teman mereka usai menikah. Pelik memilih waktu untuk sekedar nongkrong, bersua dengan sahabat, liburan, jalan-jalan hingga bekerja. 

Keduanya punya pekerjaan yang nyaman dengan keuangan stabil. Menjalani kehidupan yang baik-baik saja dan sesekali bisa bersantai bersama dengan mesra. Jika menghadirkan satu manusia ke dunia, kehidupan ini tentu tidak dapat lagi dirasakan. 

Amara juga sekelebat mempertanyakan kesiapannya jika menjadi seorang ibu. Siapkah ia? Karena sesekali merasa belum selesai dengan dirinya, bukan sosok yang penyabar hingga berbakat mencari masalah di kala ketenangan tengah menghampiri mereka. 

Namun bayangan ia menjadi seorang ibu pun kadang kala tiba dan tidak bisa ditepis. Apalagi kawan-kawannya kerap mengundang Amara dalam acara ‘per-bayi-an’. 

Sepulang acara itu, Amara biasanya bakal mengintip media sosial dan foto-foto saat acara tersebut. Saat menyaksikan foto-foto bayi, ia merasakan ada satu kerinduan yang tidak dapat dijelaskan. Dirinya mulai mengkhayalkan bakal ada anak-anak yang lahir dari dirinya, lalu tumbuh kembang hingga menjadi manusia dewasa. 

Perlahan berdua saja mendatangkan rasa sepi di antara Baron dan Amara. Tiada lagi perbincangan yang dilakukan karena semua pembahasan telah habis dibabat. Semua kegiatan yang dilakukan berdua pun rasanya tidak seasyik sebelumnya. Apa-apa terasa monoton. Amara dan Baron pun akhirnya memutuskan untuk memiliki seorang anak. 

Baca Juga:  Resensi Buku: Perempuan Ulama di Atas Panggung Sejarah

Nyatanya punya anak tidak sekadar tekad. Pasangan ini pun kesulitan meski telah melaksanakan niat ini di dalam program kehamilan. Beragam upaya pun dilakukan. Mulai dari anjuran dokter, hingga kiat-kiat alternatif. 

Sempat kecewa dan terpuruk, bertahun-tahun kemudian Tuhan pun berbaik hati menghadirkan anak di antara mereka berdua. Kehidupan sempat jungkir balik. Sulitnya mengatur pekerjaan dengan mengasuh anak membuat Amara mengambil keputusan besar.

Belum lagi lelahnya memberi ASI dan memompanya untuk diberikan ke sang buah hati. Banyak hal yang tidak mereka tahu perihal mengasuh dan mengurus anak. Ingin bertanya pada orangtua pun enggan, karena pernikahan mereka tidak mendapat restu dari ibu Amara.

Usai mengenal ritme jadi orangtua, kehidupan mereka tidak langsung menjadi baik-baik saja. Petaka dan kepahitan justru baru akan dimulai dengan kedatangan seorang ‘Saliman’, kawan kuliah mereka yang menawarkan hal tidak terduga. 

Novel kedua karya Andina Dwifatma ini berisikan banyak hal soal manis dan pahitnya menjadi seorang perempuan dalam menemukan apa yang berharga. Di dalam buku ini akan terlihat beragam stigma yang dirasakan oleh pasangan muda tanpa kehadiran seorang anak. 

Beragam pertanyaan yang berkedok ‘peduli’ namun terasa menekan ini tentu bakal banyak dirasakan. Setelah mempunyai buah hati, pertanyaan mungkin padam, namun ada tanggung jawab besar yang telah menunggu. 

Tidak terhitung berapa tanggung jawab itu. Memastikan anak mendapatkan kasih sayang yang cukup, kesehatan terjaga, hingga anggaran pendidikan di masa depan. 

Novel yang memenangkan penghargaan Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta ini juga menampilkan beratnya beban ganda yang dipikul oleh perempuan. Beban itu semakin berat jika tiada mendapat dukungan. Bukan hanya kesehatan yang direnggut, kewarasan pun dapat tercerabut. 

Rekomendasi

Resensi Buku Pedoman Wanita Muslimah: Fatwa-fatwa Seputar Perempuan & Beberapa Permasalahan yang Sering Ditanyakan Resensi Buku Pedoman Wanita Muslimah: Fatwa-fatwa Seputar Perempuan & Beberapa Permasalahan yang Sering Ditanyakan

Resensi Buku: Pedoman Wanita Muslimah

Jati Diri Perempuan dalam Islam Jati Diri Perempuan dalam Islam

Resensi Buku Jati Diri Perempuan dalam Islam

Buku Besar Peminum Kopi Buku Besar Peminum Kopi

Resensi Buku Besar Peminum Kopi: Kisah Penambang Timah Perempuan di Bangka Belitung

Tepi Feminis Al-Qur'an Aysha A. Hidayatullah Tepi Feminis Al-Qur'an Aysha A. Hidayatullah

Resensi Buku: Tepi Feminis Al-Qur’an Aysha A. Hidayatullah (bag II)

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

mandi idul fitri perempuan mandi idul fitri perempuan

Tata Cara Mandi Sunnah Idul Fitri bagi Perempuan

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect