Ikuti Kami

Muslimah Talk

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

jiwa kartini setiap perempuan
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Bulan April merupakan harinya Kartini, momentum ini tepatnya pada 21 April menjadi ajang untuk kembali melihat perjuangan dan semangat yang dipelopori oleh Kartini. Kartini merupakan sosok perempuan yang memiliki kiprah khususnya pemberdayaan perempuan pribumi di masa penjajahan kolonial Belanda. Pada zaman penjajahan Belanda, perempuan termarginalkan yang menduduki kasta terendah dalam strata sosial. Bahkan, kedudukan perempuan tidak lebih dari budak seks bagi para penjajah Belanda. 

Keresahan terhadap terhadap keadaan sosial inilah yang mendorong Kartini untuk menuliskan surat terhadap temannya seorang berkebangsaan Belanda. Dari buku-buku, koran dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Dari situlah timbul keinginan untuk memajukan perempuan pribumi untuk keluar dari kungkungan penjajah Belanda. 

Tentunya sosok Kartini inilah yang membawa semangat juang perempuan. Kartini melihat bahwasannya perempuan berhak mendapatkan ruang, hak dan waktu terhadap dirinya sendiri. Semangat juang Kartini inilah yang membangkitkan gairah kehidupan yang ada dalam diri perempuan. Meskipun sosok Kartini sudah berpulang kepada Tuhan, akan tetapi semangat juang yang ada dalam diri dan jiwa Kartini harus diabadikan oleh setiap perempuan masa kini. 

Di masa sekarang, sosok Kartini tertanam dalam setiap diri perempuan. Konsep bahwasannya perempuan mampu, unggul dan berdaya adalah tujuan dari semangat juang Kartini dalam memperjuangkan nasib perempuan. Lantas, bagaimana melihat jiwa Kartini di setiap diri perempuan?

Tentunya ada beberapa hal yang harus di garis bawahi. Pertama, bahwasannya perempuan harus mempunyai kesadaran bahwa dirinya adalah manusia atau makhluk Allah yang mempunyai hak dan kewajiban yang utuh atas dirinya sendiri. Sebagaimana dalam firman Allah berikut.

إِنَّ ٱللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَن تُؤَدُّوا۟ ٱلْأَمَٰنَٰتِ إِلَىٰٓ أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ ٱلنَّاسِ أَن تَحْكُمُوا۟ بِٱلْعَدْلِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ نِعِمَّا يَعِظُكُم بِهِۦٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ سَمِيعًۢا بَصِيرًا

Baca Juga:  Diah Irawaty: Pentingnya Pendidikan Seks dan Seksualitas dalam Masyarakat Muslim

Artinya: Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.(Q..S An-Nisa: 58). 

Ayat di atas menjelaskan bahwasannya Allah memerintahkan umatnya untuk berbuat adil terhadap makhluknya, bak laki-laki maupun perempuan. Allah juga tidak pernah membedakan kasta antara laki-laki dan perempuan terkecuali dalam masalah ibadah. Untuk itu, selain lingkungan yang mendukung, sosok diri perempuan juga harus meyakinkan dirinya agar keluar dari lingkungan tersebut. Bahkan para perempuan memulai memotong rantai patriarki dari lingkup keluarga. 

Kedua, semua perempuan adalah Kartini. Perempuan tentunya memiliki pengalaman biologis yang berbeda dengan laki-laki, salah satunya yaitu mengandung dan melahirkan. Pengalaman tersebut tentunya tidak bisa jika dibayar dengan murah. Mereka membayar dengan nyawa untuk melahirkan anak yang dikandung. Mereka menjadi Kartini bagi keluarganya dengan mengandung dan melahirkan buah hati.

Setelah menjadi seorang ibu, perempuan akan dihadapkan dengan berbagai gejolak terhadap dirinya sendiri. Banyak dari mereka mengorbankan mimpinya untuk melihat pertumbuhan anak, maupun meninggalkan anak demi mendapat kehidupan yang lebih baik. Apapun hasil dari yang mereka putuskan, bahwasannya tujuan mereka adalah demi kebahagiaan anak. Dengan begitu, sosok pejuang yang ada di dalam jiwa Kartini juga ada di dalam jiwa seluruh perempuan. 

Dari dua poin di atas, bahwasannya terdapat jiwa Kartini dalam diri setiap perempuan. Semoga, dengan adanya peringatan Kartini kita bisa membaca, meraba dan melihat lebih dalam mengenai perempuan. Semangat-semangat inilah yang harus diperjuangkan dan dijaga oleh setiap perempuan.

Rekomendasi

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Kartini dan Upaya Memperjuangkan Emansipasi

Nyai Djuaesih Nyai Djuaesih

Nyai Djuaesih, Perintis Muslimat NU

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Islam, Kartini dan Emansipasi Perempuan

Ditulis oleh

Mahasiswi Universitas Al-Azhar, Kairo jurusan Akidah dan Filsafat.

Komentari

Komentari

Terbaru

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Mengenal Lebih Jauh Macam-macam Pendekatan Gender

Kajian

Kisah cinta Zainab binti Rasulullah Kisah cinta Zainab binti Rasulullah

Kisah Cinta Sayyidah Zainab binti Rasulullah

Muslimah Talk

Hukum kremasi jenazah mualaf Hukum kremasi jenazah mualaf

Hukum Kremasi Jenazah Mualaf

Kajian

Rembuk Ide Rembuk Ide

El-Bukhari Institute Gelar Rembuk Ide, Bahas Moderasi Beragama untuk Gen Z

Berita

Bincang Thaharah; Wudhu Tidak Berurutan, Apakah Tetap Sah?

Video

Perbedaan Haji dan Umrah Perbedaan Haji dan Umrah

Tiga Perbedaan Haji dan Umrah

Ibadah

Syarat-syarat dikabulkannya doa Syarat-syarat dikabulkannya doa

Fungsi dan Syarat-syarat Dikabulkannya Doa  

Ibadah

Larangan bagi Perempuan Haid Larangan bagi Perempuan Haid

Larangan bagi Perempuan Istihadhah

Kajian

Trending

Doa keguguran Doa keguguran

Kehilangan Buah Hati Akibat Keguguran, Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah Ini

Ibadah

masa iddah hadis keutamaan menikah masa iddah hadis keutamaan menikah

10 Hadis Tentang Keutamaan Menikah

Kajian

Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat

Doa agar Terhindar dari Prasangka Buruk pada Allah

Ibadah

Mengenal Rufaidah al-Aslamiyah: Perawat Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam

Muslimah Talk

Mandi junub dan haid Mandi junub dan haid

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Resensi Buku Pernah Tenggelam Resensi Buku Pernah Tenggelam

Resensi Buku Pernah Tenggelam: Halu Berlebihan Menenggelamkan Keimanan?

Diari

Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah

Kisah Bulan Madu Rasul dengan Shafiyah binti Huyay

Muslimah Talk

muslimah mencukur habis rambutnya muslimah mencukur habis rambutnya

Bolehkah Muslimah Mencukur Habis Rambutnya?

Kajian

Connect