Ikuti Kami

Muslimah Talk

5 Perempuan Pertama yang Masuk Islam, Siapa Saja?

Perempuan Pertama Masuk Islam
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com  Assabiqunal Awwalun adalah sebutan bagi mereka yang  masuk Islam pada awal penyebarannya. Di antaranya adalah Abu Bakar ash-Shidiq, Ali bin Abi Thalib, Zaid bin Haritsah, dan Sayyidah Khadijah. Selain Khadijah, terdapat perempuan lain yang masuk Islam di awal kemunculannya. Siapa saja? Simak artikel ini sampai habis. 

Perintah Dakwah Nabi Muhammad saw.

Suatu hari, di masa awal Nabi Muhammad diangkat menjadi utusan Allah, datanglah malaikat Jibril. Kedatangan malaikat Jibril dalam rangka menyampaikan satu pesan dari Allah kepada Nabi Muhammad. Pesan tersebut bisa dilihat melalui firman Allah sebagaimana berikut,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلْمُدَّثِّرُ قُمْ فَأَنذِرْ وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ وَٱلرُّجْزَ فَٱهْجُرْوَلَا تَمْنُن تَسْتَكْثِرُ وَلِرَبِّكَ فَٱصْبِرْ

Artinya: Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan! Tuhanmu agungkanlah! Pakaianmu bersihkanlah, perbuatan dosa tinggalkanlah dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah. (QS. al-Muddassir [74]: 1- 7)

Melalui ayat di atas, ada satu perintah dari Allah kepada nabi Muhammad untuk berdakwah, menyebarkan agama Islam kepada masyarakat Arab Jahiliah. Akhirnya, pilihan untuk berdakwah secara sembunyi-sembunyi adalah langkah awal yang beliau pilih. 

Alasan yang beliau tawarkan cukup bisa diterima. Ajaran agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad masih terbilang cukup baru dan belum ada pengikut yang cukup banyak. Oleh karena itu, berdakwah secara sembunyi-sembunyi menjadi solusi solutif dalam menyikapi kondisi tersebut. 

Nabi Muhammad memulai dakwah beliau dari kalangan keluarga, dan orang-orang terdekat beliau. Untuk menghindari aniaya dan siksaan dari kafir Quraisy, mereka menjalankan ibadah secara tersembunyi di rumah besar milik Arqam bin Abi al-Arqam yang terletak di kaki bukit Shafa, dekat Mekah. 

Baca Juga:  Enam Alasan Mengapa Kita Harus Mendukung Permen PPKS

Perempuan Pertama yang Masuk Islam

Melalui dakwah Nabi itu, tersebutlah kemudian delapan perempuan yang terpikat dengan ajaran agama Islam. Mereka adalah perempuan-perempuan pilihan Allah yang diberi kesadaran akan kebenaran yang pasti. Mereka adalah sebagaimana berikut,

Khadijah binti Khuwailid

Perempuan pertama dikenal oleh masyarakat Makkah sebagai seorang terhormat dan kaya raya. Beliau adalah istri pertama nabi Muhammad dan dikenal sebagai perempuan cerdas dan memiliki pengetahuan yang cukup komprehensif mengenai kitab Injil. 

Beliau bukan saja perempuan pertama yang masuk Islam, bahkan beliau tergolong orang yang pertama masuk agama Islam, baik dari golongan laki-laki maupun perempuan. Jasa beliau untuk agama Islam begitu besar. Tidak ayal ketika beliau di hati Nabi Muhammad tidak pernah tergantikan, termasuk oleh Siti Aisyah sekalipun.

Ummu Aiman binti Tsa’labah  

Ketika Nabi Muhammad masih kecil, Ummu Aiman adalah sosok budak dan pengasuh beliau. Setelah nabi Muhammad menikah dengan Siti Khadijah, Ummu Aiman akhirnya dimerdekakan. 

Ummu Aiman adalah sosok muslimah yang memiliki banyak jasa bagi agama Islam. Meski perempuan, beliau tidak segan-segan untuk ikut berperang. Terlebih di saat perang Uhud, perjuangan beliau terlihat begitu nyata. Beliau adalah salah satu juru rawat pasukan agama Islam tatkala itu. 

Saudah binti Zam’ah

Beliau adalah salah satu perempuan yang turut hijrah ke Habasyah. Bersama suaminya, al-Sakran, beliau bekerja sama dalam membantu misi dakwah agama Islam. setelah beberapa lama, akhirnya keduanya memilih untuk kembali ke kota Makkah. Sesampainya di kota tersebut, tidak terlalu lama suaminya meninggal dunia.

Beliau adalah tipe perempuan yang tabah dan teguh dalam menghadapi segala bentuk kesusahan. Beliau juga perempuan yang teguh dalam membela kebenaran agama Islam. Oleh karena itu, setelah Siti Khadijah meninggal dunia, beliau diperistri oleh Nabi Muhammad. 

Baca Juga:  Sederet Alasan Penting Kenapa Perempuan Harus Mandiri Secara Finansial

Fatimah binti Al-Khattab

Beliau adalah saudari sahabat Umar bin Khattab. Beliau memiliki suami bernama Said bin Zaid bin Amr. Bersama kaum muslimin lain, keduanya ikut beribadah secara sembunyi-sembunyi di kediaman Arqam bin Abi al-Arqam yang terletak di kaki bukit Shafa, dekat Makkah. 

Pada saat itu, Umar bin Khattab memang belum masuk Islam. Namun, seiring berjalannya waktu, ada satu momen ketika Umar bin Khattab hendak menyiksa Fatimah karena masuk Islam tanpa sepengetahuanya. Namun, dengan izin Allah, kedatangan Umar malah menjadi langkah awal beliau masuk dan memeluk agama Islam.

Asma binti Abu Bakar al-Siddiq 

Beliau adalah putri sahabat Abu Bakar yang sangat berjasa terhadap kemajuan agama Islam. Beliau adalah perempuan yang dengan teguh menyimpan rahasia hijrah nabi Muhammad dan kaum muslimin ke Madinah dari orang kafir Makkah. Meski pada saat itu disiksa oleh Abu Jahal ketika dia hendak kepo dengan keberadaan kaum muslimin. 

Lebih dari itu, beliau juga menjadi mata-mata yang senantiasa mengabarkan kepada nabi Muhammad dan sahabat Abu Bakar mengenai kondisi dan reaksi kaum kafir Mekah. Atas perjuangan tersebut, akhirnya nabi Muhammad memberikan beliau gelar “Sabuk Allah.”

Demikianlah cerita singkat mengenai perempuan-perempuan yang sedari awal perkembangan Islam, sudah menambatkan hati mereka untuk memeluk dan menjalankan nilai ajaran Islam. Semoga kita senantiasa bisa mengambil pelajaran dari catatan sederhana di atas.

Sekian! Terimakasih!

 

Rekomendasi

Clarence Seerdof masuk islam Clarence Seerdof masuk islam

Clarence Seedorf, Legenda AC Milan Masuk Islam, Larangan Mencaci Maki Agama Lain

Ditulis oleh

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

tetangga beda agama meninggal tetangga beda agama meninggal

Bagaimana Sikap Seorang Muslim Jika Ada Tetangga Beda Agama yang Meninggal?

Kajian

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

doa tak kunjung dikabulkan doa tak kunjung dikabulkan

Ngaji al-Hikam: Jika Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Kajian

rasulullah melarang ali poligami rasulullah melarang ali poligami

Kala Rasulullah Melarang Ali bin Abi Thalib untuk Poligami

Khazanah

puasa syawal kurang enam puasa syawal kurang enam

Puasa Syawal Tapi Kurang dari Enam Hari, Bagaimana Hukumnya?

Kajian

orang tua beda agama orang tua beda agama

Bagaimana Sikap Kita Jika Orang Tua Beda Agama?

Khazanah

Nyi Hadjar Dewantara pendidikan Nyi Hadjar Dewantara pendidikan

Perjuangan Nyi Hadjar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Indonesia

Khazanah

isu perempuan najwa shihab isu perempuan najwa shihab

Kekerasan, Kesenjangan, dan Krisis Percaya Diri: Isu Penting Perempuan Menurut Najwa Shihab

Kajian

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Connect