Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Tips Travelling Ala Backpacker Muslimah Masa Kini

BincangMuslimah.Com – Berbicara tentang travelling, siapa sih yang tidak suka?! Travelling hari ini telah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang, terlebih masyarakat urban. Agar gak ribet, ada tips travelling khusus yang perlu teman-teman Muslimah tau nih.

Ya, benar demikian. Saya khususnya, tergolong perempuan atau Muslimah yang menjadikan travelling sebagai hobi. Dulu, mungkin saya berfikiran bahwa travelling itu ribet. Kenapa ribet? Karena selain harus menyiapkan budget yang cukup, juga harus menyiapkan pakaian, perbekalan dan lain-lainnya. Wait, tapi itu dulu.

Rasa-rasanya sekarang sudah berubah. Travelling bagi saya itu mudah, tidak lagi ribet. Nah, saya sedikit share nih tentang tips-tips menjadikan travelling itu mudah dan membahagiakan, jangan lupa untuk mapping dulu:

Pertama: Tujuan. First thing, yang harus kamu persiapkan sebelum travelling adalah tujuan, ya kamu harus tahu dulu kemana kamu akan pergi. Kenapa? Karena, menentukan tujuan itu akan relate ke bagaimana kamu menentukan budget travelling kamu. Hemat atau tidak hemat juga tergantung tujuan yang kamu tuju. Meskipun ada juga sih yang sudah menentukan budget tapi belum tau mau kemana, waahh ini sih luar biasa, memang niat untuk ngabisin duit. Hahahaha.

Kedua : Budget. Nah, budget merupakan salah satu poin penting untuk travelling. Why? Because no budget, no travelling. Setuju gak?

Kalau teman-teman Muslimah mau travelling ke manapun itu, harus disesuaikan budget. Gak mungkin rasanya kalau misalkan teman-teman punya budget 2 juta dan berkeinginan untuk travelling ke Raja Ampat, meanwhile, tiket ke sana saja gak cukup hanya dengan 2 juta. So, tentukan budget yang rasional dan sesuai dengan tujuan yang kamu tuju.

Ketiga : Pakaian. Mungkin, buat traveler yang newbie, pakaian ini merupakan masalah yang agak-agak membuat galau, terlebih jika yang pergi ini selebgram atau semi-semi selebgram gitu. Pasti ribet banget untuk menentukan pakaian. Well, untuk Muslimah yang pengen tetap kelihatan kece di setiap photostop di lokasi travelling kamu tapi gak pengen bawa banyak barang, kamu cukup bawa pakaian-pakaian basic yang nanti bisa kamu combine.

Misalnya, untuk 1 hari kamu cukup bawa 1 inner yang bisa kamu combine dengan outer-outer kece milikmu, 2 outer cukuplah. Intinya, 1 hari jangan lebih dari 2 pasang pakaian, ya. Karena, kalau terlalu banyak bawa pakaian, nanti kamu selain merasa berat juga gak ada space tersisa untuk bawa pulang oleh-oleh lho. hihi

Keempat: Perbekalan (read: cemilan). Why did I write this thing? Karena gak jarang juga perempuan-perempuan travelling tanpa membawa perbekalan atau kudapan. Biasanya nih, teman-teman Muslimah, khususnya saya, suka iseng kalau lagi di mobil, bus, kereta, even pesawat. Iseng cari-cari kudapan yang bisa dimakan. Hahaa

Nah, ini juga untuk meminimalisir budget, better for you untuk bawa kudapan sendiri dari tempat kamu berangkat, why? Karena terkadang, kalau kita pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi, suka ada saja gitu harga-harga kudapan yang harganya di luar batas normal dan nalar. hahhaa

Kelima: Call for friend. Well, yang terakhir, masih dalam rangka meminimalisir budget, kalau teman-teman Muslimah mau sedikit hemat dengan ala-ala muka watados (wajah tanpa dosa), teman-teman bisa juga hubungi teman yang ada di lokasi yang menjadi tujuan travelling teman-teman. Dengan syarat, asal dia tidak keberatan dan juga jangan lebih dari 3 hari, karena kalau sudah lebih dari 3 hari, ini sudah tidak sesuai sunnah Rasul (Baca; Bertamu Sesuai Sunnah Rasul). Lagi juga, situ mau bertamu apa mau ikut ngekos bareng? 😀

But, kalau terpaksa karena teman-teman tidak punya teman atau siapapun untuk dihinggapi, eh dikunjungi, teman-teman cukup cari promo-promo penginapan yang sudah disediakan agen traveling online. Banyak kok yang murah, dan biasanya worth it lah, based on pengalaman saya.

Nah, itulah sedikiit tips untuk Muslimah masakini yang pengen pergi travelling dengan low budget. Selamat mencoba!

Rekomendasi

Shalat Qashar syarat pelaksanaannya Shalat Qashar syarat pelaksanaannya

Shalat Qashar dan Syarat-syarat Pelaksanaannya

Pascamanusia Pascaperempuan perspektif feminis Pascamanusia Pascaperempuan perspektif feminis

Eksistensi Muslimah di Era Posthuman

Dear Muslimah, Just Go Travelling!

Bincangmuslimah.com Bincangmuslimah.com

Yuk, Bergabung dengan BincangMuslimah.Com Sebagai Editor Video!

Isna Rahmah Shalihatin

Penulis merupakan mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Arab di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan alumni Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat, saat ini aktif di komunitas Young Interfaith Peacemaker Community (YIPC) Regional Jakarta dan Sindikasi Media Islam.

3 Komentar

3 Comments

  1. Pingback: Lima Tips Travelling Ala BackPacker Muslimah Masa Kini - Bincang Syariah

  2. Pingback: Lima Tips Travelling Ala BackPacker Muslimah Masa Kini | Alhamdulillah Ya Mughni Shollu Alan Nabi – Alhamdulillah

  3. Pingback: Tips travelling Ala Backpacker Muslimah Masa Kini | Alhamdulillah Shollu Alan Nabi #JumatBerkah - Ajeng .Net

Komentari

Terbaru

Pernikahan Anak Bahan Candaan Pernikahan Anak Bahan Candaan

Mengkhawatirkan, Pernikahan Anak Masih Jadi Bahan Candaan

Muslimah Talk

Keilmuan Islam Bumi Andalusia Keilmuan Islam Bumi Andalusia

Benih Keilmuan Islam di Bumi Andalusia

Khazanah

perempuan baik lelaki baik perempuan baik lelaki baik

Maudy Ayunda Menikah; Telaah Tafsir “Perempuan yang Baik untuk Lelaki yang Baik”

Kajian

bermain hak setiap anak bermain hak setiap anak

Bermain Adalah Hak Setiap Anak

Keluarga

Memahami Hadis syuhudi ismail Memahami Hadis syuhudi ismail

Langkah-langkah Memahami Hadis Menurut Prof. Muhammad Syuhudi Ismail

Kajian

sebab munculnya hadis palsu sebab munculnya hadis palsu

Hadis Maudhu’: Sebab-Sebab Munculnya Hadis Palsu

Kajian

amalan shalat ashar jumat amalan shalat ashar jumat

Amalan Nabi Khidir Setelah Shalat Ashar di Hari Jumat

Ibadah

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Ajarkan Kesetaraan Pada Anak Laki-Laki dan Perempuan

Kajian

Trending

kepemilikan aset kripto dizakati kepemilikan aset kripto dizakati

Apakah Kepemilikan Aset Kripto Harus Dizakati?

Kajian

anggota keluarga menggantikan puasa anggota keluarga menggantikan puasa

Apakah Anggota Keluarga Bisa Menggantikan Puasa Kerabat yang Sudah Wafat?

Kajian

laki-laki jadi korban kdrt laki-laki jadi korban kdrt

Tidak Hanya Pada Perempuan, Laki-Laki Pun Bisa Jadi Korban KDRT

Kajian

tata cara membayar fidyah tata cara membayar fidyah

Tata Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan

Kajian

amalan shalat ashar jumat amalan shalat ashar jumat

Amalan Nabi Khidir Setelah Shalat Ashar di Hari Jumat

Ibadah

as-syifa' guru baca-tulis as-syifa' guru baca-tulis

Mengenal As-Syifa’: Guru Baca-Tulis dalam Islam

Khazanah

Doa Saat Naik Kendaraan Doa Saat Naik Kendaraan

Doa Saat Naik Kendaraan

Ibadah

pekerja berat membatalkan puasa pekerja berat membatalkan puasa

6 Syarat Pekerja Berat Boleh Membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan

Kajian

Connect