Ikuti Kami

Muslimah Daily

Sering Pakai Hijab Bikin Rambut Rontok? Ini Lima Cara Mudah Menguranginya!

BincangMuslimah.Com – Salah satu permasalahan Muslimah yang berhijab adalah rambut rontok. Meski sudah melakukan perawatan rutin dan kerap keramas, namun permasalahan tersebut seringkali tak kunjung teratasi. Rambut Muslimah yang berhijab cenderung mengalami kerontokan, gatal-gatal, dan ketombe. Tak heran jika memerlukan perawatan yang ekstra, yang demikian sebab kepala yang tertutup kerap lembab oleh keringat dan bisa menimbulkan rambut rontok. Namun kini Muslimah yang berhijab tidak perlu cemas lagi. Ada beberapa tips yang mudah dan bisa dilakukan Muslimah berhijab untuk merawat rambutnya. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Memakai minyak zaitun.

Olive oil atau minyak zaitun memang memiliki banyak manfaat untuk ujung rambut sampai ujung kaki. Minyak zaitun pun mampu untuk mengatasi rambut yang rontok, caranya cukup mudah yaitu tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, lalu oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijatnya selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu bilas dan lakukan keramas seperti biasa.

2. Memakai hair mask.

Hair mask atau masker rambut berguna untuk menyehatkan rambut yang rusak. Pilihlah hair mask yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Gunakan hair mask dengan super conditioning atau pelembab ekstra untuk rambut yang kering dan juga kasar. Jika rambutmu tipe berminyak, sebaiknya gunakan hair mask dengan calriflying atau pembersih. Masker rambut mampu mengurangi minyak yang menjadi penyebab kerontokan rambut. Cara pakainya mudah yaitu oleskan dengan kuas ke seluruh bagian rambut, lalu diamkan beberapa saat hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

3. Konsumsi makanan rendah lemak.

Selain mengatasi dari luar, Muslimah yang berhijab juga harus mencoba mengatasi gejala rambut rontok dari dalam, yaitu dengan mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya akan protein, vitamin B-6, B-12, dan C, serta zat besi. Kandungan ini akan menutrisi rambut secara alami. Beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan rambut yaitu kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan, karena bagus untuk kesehatan akar rambut.

4. Minimalkan menyisir rambut.

Sebaiknya Muslimah berhijab tidak langusng menyisir rambut dengan sisir rambut, melainkan gunakanlah jari-jari tangan. Karena pada saat basah rambut akan lebih mudah patah. Cara menyisir pun harus perlahan, terutama untuk rambut yang panjang. Jangan menyisir mulai dari pangkal, tetapi dari cukup di bagian ujung saja. Salah cara menyisir dapat menyebabkan kerontokan. Adapaun sisir yang digunakan ujungnya harus tumpul dan terbuat dari bahan plastik. Jangan gunakan sisir yang terbuat dari kayu karena dapat merusak kutikula rambut.

AlloFresh x Bincang Muslimah

5. Menghindari berhijab saat rambut basah.

Penggunaan hijab saat rambut basah bisa menjadi penyebab rambut rontok pada Muslimah yang berhijab. Tidak hanya itu, permasalahan kotembe juga kadang nongol kala terlalu sering pengulangan berhijab saat rambut basah. Untuk menjaga kesehatan rambut, alangkah baiknya jika Muslimah berhijab menyempatkan waktu untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan hijab. Yang demikian juga penting dilakukan untuk menghindari aroma kurang sedap yang bisa ditimbulkan dari kulit kepala yang lembab.

Beberapa cara di atas disajikan dari beberapa pemaparan dokter spesialis kulit RSPAD, Lilik Norawati. Selain itu juga, beliau mengingatkan akan perlunya Muslimah yang berhijab untuk memilih bahan hijab yang bisa menyerap keringat. Dengan begitu, Muslimah yang mengenakan hijab bisa terhindar dari permasalahan rambut rontok.

Kalian bisa kolaborasi buat bantu BincangMuslimah.com terus menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan berbelanja minimal 150.000 di Allofresh. Dapatkan rangkaian cashback dengan download aplikasinya disini dan masukan kode AFBS12 saat berbelanja

Rekomendasi

Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

Komentari

Komentari

Terbaru

Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan

Ibadah

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

Khazanah

poligami istri gairah seksual poligami istri gairah seksual

Hukum Suami Melakukan Poligami Karena Istri Sudah Tidak Memiliki Gairah Seksual

Kajian

ludah dan upil najis ludah dan upil najis

Apakah Ludah dan Upil Itu Najis?

Kajian

menghilangkan Stigma Negatif Janda menghilangkan Stigma Negatif Janda

Pentingnya Menghilangkan Stigma Negatif terhadap Janda

Kajian

menghindari zina perselingkuhan poligami menghindari zina perselingkuhan poligami

Menghindari Zina atau Perselingkuhan dengan Poligami Jadi Alasan yang Tidak Relevan

Muslimah Talk

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Ibadah

sya'ban bulan pembaca alquran sya'ban bulan pembaca alquran

Sya’ban, Bulan bagi Para Pembaca Alquran

Kajian

Trending

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Ibadah

diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

Kajian

angin vagina membatalkan wudhu angin vagina membatalkan wudhu

Apakah Angin yang Keluar dari Vagina Dapat Membatalkan Wudhu?

Ibadah

doa menjelang persalinan rasulullah doa menjelang persalinan rasulullah

Doa Menjelang Persalinan dari Rasulullah untuk Fatimah

Ibadah

Makna aurat buya syakur Makna aurat buya syakur

Empat Makna Aurat Menurut Buya Syakur Yasin

Kajian

Masa iddah perempuan hamil Masa iddah perempuan hamil

Masa Iddah Perempuan Hamil yang Cerai Kemudian Keguguran

Kajian

Ummu Hisyam binti Haritsah Ummu Hisyam binti Haritsah

Ummu Hisyam binti Haritsah, Pemelihara Surat Qaf dari Lisan Rasulullah

Muslimah Talk

Hak Tetangga Non Muslim Hak Tetangga Non Muslim

Menunaikan Hak Tetangga Sebagian dari Iman, Bagaimana Jika Tetangga Non Muslim?

Muslimah Daily

Connect