Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Memasuki New Normal: Inilah Daftar Barang Yang Wajib Dibawa Oleh Perempuan

Two women walk in a street - gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Saat ini, masyarakat Indonesia sudah mulai memasuki era new normal. Pada masa new normal ini, setiap orang dituntut untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru saat beraktivitas, tak terkecuali bagi para perempuan. Adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan, dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

Dalam situasi pandemi Covid-19, membuat kita harus selalu menerapkan hidup yang lebih sehat dan juga bersih. Dimulai dari rajin mencuci tangan dengan air sabun, menjaga jarak aman dengan tidak berkerumun, hingga menggunakan masker. Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan virus, apalagi saat kita sudah mulai memasuki kehidupan new normal.

Masa new normal, bukan berarti kita bisa hidup normal seperti sebelum adanya Covid-19. Melainkan, kini kita harus terbiasa untuk menerapkan berbagai protokol kesehatan. Terlebih menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga, ia mengakui bahwa anak dan perempuan rentan terpapar virus corona (Covid-19).

Oleh Karena itu, kita sebagai perempuan harus mulai mempersiapkan diri serta jangan lupa untuk menyiapkan beberapa barang yang wajib dibawa saat beraktivitas di luar rumah, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 saat memasuki era new normal saat ini. Berikut ini adalah daftar barangnya, di antaranya:

  1. Tas Ransel

Disarankan untuk membawa tas ransel, seperti tas punggung. Karena tas ini mudah dan nyaman saat dibawa. Terlebih tas ransel memiliki banyak kantong dan sekat pemisah sehingga praktis untuk mengatur barang bawaan perempuan, yang biasanya banyak, supaya tidak menyulitkan saat diakses.

  1. Masker

Sediakan masker cadangan di dalam tas, baik itu masker kain atau pun masker sekali pakai. Karena masker berfungsi untuk melindungi diri dan mencegah penularan virus. Perhatikan dalam penggunaan masker, jangan membuka masker dengan memegang sisi depan, tetapi bukalah dengan cara membuka tali yang berada di kuping atau bagian belakang kepala. Jika menggunakan masker kain, cucilah setiap habis digunakan.

  1. Hand Sanitizer

Hand sanitizer diperlukan jika kamu tidak menemukan tempat untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun, seperti di dalam bus atau kereta. Belilah hand sanitizer dengan kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Karena produk dengan persentase alkohol di bawah itu tidak mampu membersihkan tangan dari virus dan juga bakteri secara efektif.

  1. Face Shield atau Kacamata

Selain masker, kamu juga bisa menggunakan face shield sebagai pelengkap perlindungan wajah ketika beraktivitas di luar rumah. Face shield dapat melindungi mata dari penyebab virus corona dan partikel berbahaya lainnya. Apabila tidak percaya diri untuk mengenakan face shield di depan umum, kamu juga bisa menggunakan kacamata biasa untuk memberikan perlindungan pada mata yang memadai untuk mencegah kamu mengucek mata sebelum memastikan tanganmu bersih terlebih dahulu.

  1. Tisu Kering dan Basah

Tisu adalah barang yang penting untuk menjaga kebersihan barang-barang lainnya serta pembersih berbagai tempat di sekitar kamu. Tisu kering bisa digunakan untuk mengeringkan tangan setelah cuci tangan. Sedangkan tisu basah bisa dipakai untuk membersihkan barang dan tempat tertentu. Seperti pembersih meja, kursi dan lain-lain. Jadi, pastikan kedua jenis tisu ini ada di dalam tas.

  1. Peralatan Makan dan Minum

Untuk mencegah penyebaran virus, alangkah baiknya kamu membawa alat makan pribadi seperti sendok, garpu, serta botol minum. Kamu bisa membawa alat makan dan minum yang terbuat dari plastik, sehingga praktis untuk dibawa kemana saja.

  1. Mukena dan Sajadah

Sebagai perempuan, sangat penting untuk kita membawa perlengkapan ibadah sendiri. Seperti mukena dan juga sajadah, yang rutin kita gunakan setiap hari. Hindari penggunaan alat ibadah bersama yang biasa digunakan di kantor atau tempat umum lainnya. Hal ini disarankan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Itulah daftar barang yang wajib para perempuan bawa ketika beraktivitas di luar rumah. Dengan menyiapkan barang-barang tersebut, kamu sudah berusaha untuk meminimalisir penularan virus corona saat memasuki new normal. Tetapi, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan, seperti rajin berolahraga sekaligus mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita saat kembali beraktivitas.

Rekomendasi

hikmah sakit hikmah sakit

Enam Hikmah Sakit yang Kadang Lupa Kita Syukuri

Memaksimalkan #Dirumahaja untuk Meraih Impian

Bagaimana Cara Dealing Stress Bagi Perempuan di Tengah Pandemi?

Lima Trik agar Poni Rambut Tidak Keluar Jilbab

Crusita Maharani S
Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

Komentari

Komentari

Terbaru

Privacy yang Berhak Dimiliki Seorang Istri Menurut Empat Madzhab

Kajian

perempuan rentan menjadi korban perempuan rentan menjadi korban

RUU PKS Resmi Disingkirkan dari Prolegnas 2020, Bagaimana Islam Memandang Pemimpin yang Menyia-yiakan Umat?

Kajian

Kecemburuan Ummahatul Mu’minin pada Syafiyyah, Putri Pemuka Yahudi

Kajian

mahar nikah mahar nikah

Mahar Nikah Menjadi Hak Istri atau Mertua?

Kajian

Benarkah Penghuni Neraka Paling Banyak Perempuan?

Kajian

mendidik anak mendidik anak

Parenting Islami ; Bagaimana Cara Mendidik Anak Untuk Perempuan Karir?

Keluarga

ruu pks ruu pks

RUU PKS akan Dihapus dari Prolegnas 2020, Ini Respon Kalis Mardiasih

Kajian

Sayyidah Nushrat al-Amin: Mufassir Perempuan Pertama Dengan Karya 30 Juz

Muslimah Talk

Trending

Keguguran, Haruskah Tetap Memberi Nama Untuk Anak?

Kajian

Istri Harus Patuh pada Suami atau Orang Tua?

Kajian

Empat Hal yang Mesti Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Berapa Kali Sehari Rasulullah Mengucapkan Istighfar?

Ibadah

Bolehkah Perempuan Pergi Haji dan Umrah Tanpa Disertai Mahram?

Ibadah

Perempuan Ahli Ibadah Masuk Neraka Gara-gara Ini

Kajian

Telaah Hadis; Benarkah Perempuan Tercipta dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Anis Al-Muttaqin; Menilik Nilai Tasawuf dalam Manuskrip Nusantara

Kajian

Connect