Ikuti Kami

Khazanah

Syekh Ahmad Thayyib dan Paus Fransiskus Role Model Dalam Beragama

BincangMuslimah.Com – Setiap agama yang ada di dunia tentunya mempunyai pemimpin guna mengatur problematika duniawi serta menjaga masalah baik internal maupun eksternal masyarakat. Untuk itu, posisi pemimpin agama menjadi sebuah kebutuhan primer.

Di agama Islam, Syekh Ahmad Thayyib adalah salah satu role mode dalam keberagamaan. Beliau juga sering menyuarakan mengenai problematika yang sedang terjadi. Seperti aksi membela Palestina dengan cara memboikot  produk-produk yang mendukung Israel. Beliau juga mendukung adanya kesetaraan terhadap perempuan dan masih banyak lagi kiprahnya.

Di agama Katolik, Paus Fransiskus adalah Imam yang telah ditunjuk sebagai imam Katolik dunia pada 2013 dan menjadi imam ke-266. Beliau juga salah satu tokoh yang menjadi role model dalam beragama yang sering menyuarakan permasalahan yang menjadi keresahan masyarakat.

Sama halnya dengan Syekh Ahmad Thayyib, Paus juga tidak setuju dengan adanya penindasan oleh Israel terhadap Palestina. Selain itu, Paus juga salah satu tokoh Vatikan yang menyetujui adanya persamaan terhadap perempuan.

Dua tokoh di atas adalah tokoh yang mempunyai pengaruh besar terhadap keberagamaan masyarakat dunia, bukan hanya Islam dan Vatikan. Sebagai tokoh yang agung di setiap agamanya, mereka selalu menjunjung nilai-nilai agama bahwa semua umat manusia itu harus berdasarkan kasih sayang dan toleran.

Kita tidak bisa menolak bahwasannya terdapat beragam agama selain yang kita anut. Setiap manusia berhak dan mempunyai wewenang untuk memilih agama yang mereka peluk. Maka dari itu, kita juga harus menghormati setiap keputusan yang diambil.

Toleransi dalam Beragama

Pada 11 Juli 2024 lalu, Syekh Ahmad Thayyib mendatangi wilayah Asia yang mayoritas beragama Islam seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Dalam sebuah pertemuan tersebut, khususnya di Indonesia, beliau menyampaikan pentingnya toleransi di sebuah negara, karena Indonesia salah satu negara dengan berlatar belakang penduduknya pemeluk agama yang berbeda.

Baca Juga:  Pandangan Paus Fransiskus terhadap Hak-Hak Perempuan

Dalam pidatonya, beliau menjelaskan mengenai toleransi ini sebagai dasar dalam kehidupan bermasyarakat yang harus ada di Indonesia, salah satunya dengan kasih sayang. Karena dengan adanya kasih-sayang antar umat inilah yang akan meredam adanya ketegangan antar umat beragama.

Sebagaimana Syekh Ahmad Thayyib, Paus Fransiskus juga menyampaikan hal yang serupa. Pada tanggal 3-6 September 2024 lalu, Paus tiba di Indonesia dan mulai mengadakan kunjungan ke beberapa tempat di Indonesia. Seperti kunjungan beliau ke gereja-gereja, Istana Negara, bahkan ke Masjid Istiqlal.

Dalam setiap pidatonya, beliau menyampaikan bahwa kasih-sayang antar umat beragama di Indonesia harus selalu di jaga dan di rawat. Hal ini sebenarnya tanpa sebab, setelah melihat bahwa Indonesia dari berbagai macam agama yang diyakini dan diakui oleh negara.

Kasih Sayang dalam Perbedaan

Dari dua tokoh agama tersebut, meskipun mempunyai latar belakang yang berbeda, Syekh Ahmad Thayyib dan Paus selalu menanamkan dalam diri setiap manusia rasa kasih sayang. Karena, salah satu beragama dengan baik adalah menciptakan kasih sayang antar umat dan tetap menghormati agama manapun tanpa menimbulkan kerusuhan.

Sebagaimana dalam ajaran Islam, bahwa seseorang tidak bisa memaksakan kehendak beragama orang lan. Hal tersebut tertulis dalam surah Al-Kafirun ayat 6,

لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِىَ دِينِ

Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”.

Ayat di atas juga menjelaskan, bahwa setiap orang menganut agama harus murni dari pilihan dan ketetapan hatinya sendiri, bukan paksaan dari orang lain.

Hal inilah yang mendasari pemikiran syekh Ahmad Thayyibb dan Paus. Bahwa setiap agama yang murni  dengan pilihannya masing-masing. Maka dari itu, ketegangann beragama ini bisa hilang.

Rekomendasi

satuharapan.com satuharapan.com

Paus Fransiskus: Bhinneka Tunggal Ika adalah Kekayaan Terbesar Indonesia

Bolehkah Non-Muslim Masuk ke Masjid?

catholicnewsagency.com catholicnewsagency.com

Pandangan Paus Fransiskus tentang Anak-Anak

Pandangan Paus Fransiskus terhadap Hak-Hak Perempuan

Ditulis oleh

Mahasiswi Universitas Al-Azhar, Kairo jurusan Akidah dan Filsafat.

3 Komentar

3 Comments

Komentari

Terbaru

Maulid Nabi sebagai Momentum Mewujudkan Warisan Keadilan

Khazanah

Hukum Jual Beli ASI

Kajian

imamghazali.org imamghazali.org

Qasidah Imam Busyiri, Bentuk Cinta Kepada Nabi

Khazanah

Retno Marsudi: Diplomat Handal dengan Segudang Prestasi

Diari

Cara mendidik anak Nabi Ibrahim Cara mendidik anak Nabi Ibrahim

Teladan Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga

Khazanah

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid? Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Kajian

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

Tafsir Surah al-Ahzab Ayat 21: Rasulullah Teladan Bagi Manusia

Khazanah

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect