Ikuti Kami

Khazanah

Qasidah Imam Busyiri, Bentuk Cinta Kepada Nabi

imamghazali.org

BincangMuslimah.Com- Di setiap bulan kelahiran Nabi, salah satu bentuk perasaan atas kegembiraan kelahiran beliau di muka bumi ini yaitu dengan melantunkan pujian-pujian khusus untuk beliau. Salah satu qasidah atau pujian yang sering di baca di tempat pengajian, pondok pesantren maupun masjid-masjid adalah bacaan Qasidah Burdah. Qasidah ini merupakan pujian-pujian terhadap Nabi Muhammad beserta nilai spiritual dan moral yang terkandung di dalamnnya.

Maka dari itu, tulisan ini akan mengurai lebih dalam siapa sosok di balik Qasidah Burdah. Qasidah Burdah adalah salah satu dari beberapa qasidah yang di baca ketika perayaan Maulid Nabi maupun salawatan biasanya. Karena isi dari qasidah lantunan-lantunan syair di dalamnya begitu indah, tak heran jika menjadi salah satu acuan qasidah.

Seseorang di balik qasidah inilah tentu patut diajungi kepiawaiannya dalam menuliskan pujian-pujian atas Nabi Muhammad, beliau adalah Imam Busyiri. Imam Busyiri bernama asli Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid al-Busyiri. Nama Busyiri tersebut berasal dari nama desa ayahnya, Busyiri.

Imam Busyiri merupakan anak dari seorang laki-laki biasa yang kehidupannya untuk beribadah kepada Allah. Beliau lahir di desa kecil, Dalas, Mesir pada tahun 610 H. Karena ayahnya sangat mencinntai ilmu dan beribadah, akhirnya kebiasaan ini menurun pada Busyiri kecil.

Sejak di umur yang belia, Busyiri kecil sudah tidak asing dengan majlis keilmuan. Gurunya dapat melihat hal ini pada saat itu, seperti Syekh Abdul Abbad al-Mursi (ulama yang dikenaal sebagai wali quth di Mesir), Imam Abu Hasan al-Syadili (pendiri tarekat Al-Syadziliyah).

Selain belajar keislaman, beliau juga belajar mengenai kesusastraan, bahkan beliau juga termasuk ke dalam salah satu penyair ulung di masanya. Perjalanan qasidah ini di mulai dari beliau menderita sakit lumpuh, yang mana menghambat semua aktifitasnya. Bahkan beliau tidak bisa bangun dari tempat tidurnya dan tidak pernah beranjak dari tempat tidur tersebut. Di saat fisiknya yang melemah, waktu tersebut beliau gunakan untuk membuat syair yang berisi pujian kepada sang kekasihnya, Rasulullah.

Baca Juga:  Gayatri Chakravorty Spivak, Feminis dan Pembaharu India

Asal Nama Qasidah Burdah

Di suatu hari, di dalam tidurnya, beliau bermimpikan bertemu dengan Rasulullah, yang mana Rasulullah mengusap wajah Imam Busyiri. Rasulullah melepaskan jubahnya yang beliau kenakan untuk memberinya kepada Imam Busyiri dan memasangkan di badannya secara langsung.

Melihat mimpi ini, Imam Busyiri terbangun dari mimpinya. Pada saat itulah beliau sembuh dari lumpuhnya seketika. Syair karangan Imam Busyiri tersebut ia beri nama dengan Burdah, yang bermakna selimut. Di mana kata tersebut menceritakan ketika beliau diselimuti Rasulullah dengan jubahnya..

Karena ketulusan cinta Imam Busyiri terhadap Rasulullah inilah, yang menjadikan karyanya di kenal banyak orang. Qasidah tersebut adalah bentuk  penggambara hebatnya cinta seorang hamba agar memohon untuk mendapat syafaat di hari kiamat oleh kekasih Allah. Bentuk ketulusan inilah yang menjadikan qasidah Imam Busyiri terasa begitu menyentuh. Maka tak heran jika qasidah ini menjadi salah satu qasidah terbaik.

Setiap orang akan menemui ajalnya, sebagaimana dengan Imam Busyiri. Beliau menghembuskan napas terakhirnya pada tahun 695 H, di usia 85 Tahun. Beliau di makamkan di daerah Aleksandria, yang mana kota ini dahulu di keal sebagai jalur emas di zaman Yunani kono.

Semoga, pada Maulid Nabi kali ini kita masih mendapat kenikmatan berupa merasakan bahagiannya bisa memperingati kekasih Allah. Dan juga semoga kita termasuk ke dalam umatnnya dan mendapatkan pertolongan Rasulullah di hari kiamat.

 

 

 

 

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasiswi Universitas Al-Azhar, Kairo jurusan Akidah dan Filsafat.

Komentari

Komentari

Terbaru

Hukum Merayakan Maulid di Luar Tanggal 12 Rabiul Awal

Kajian

Makna Kelapangan Dada Nabi Muhammad dalam Surah Al-Insyirah

Kajian

Kisah Rasulullah Memuliakan Perempuan

Khazanah

Membentuk Karakter Qur’ani Terhadap Anak Sejak Dini

Keluarga

Maulid Nabi sebagai Momentum Mewujudkan Warisan Keadilan

Khazanah

Hukum Jual Beli ASI

Kajian

Retno Marsudi: Diplomat Handal dengan Segudang Prestasi

Diari

Cara mendidik anak Nabi Ibrahim Cara mendidik anak Nabi Ibrahim

Teladan Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga

Khazanah

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect