Ikuti Kami

Khazanah

Pesan-pesan Zuhud dalam Puisi Al-Barudi

Mahmud Sami Al-Barudi puisi
Source: Wikipedia

BincangMuslimah.Com – Al-Barudi memiliki nama lengkap Mahmud Sami Pasha bin Hasan Husni Bek Al-Barudi, lahir di kawasan Bakhirah yakni di desa Itay al-Barud, Kairo pada tahun 1838 M/ 1255 H. Al-Barudi memiliki garis keturunan Mongolia. Ia memiliki ayah bernama Hasan Husni Bek Al-Barudi, merupakan gubernur Barbar dan Danqalah di bawah pemerintahan  al-Maghfur lahu Muhammad Ali (Pasha). Ayahnya wafat saat al-Barudi Berumur 7 tahun, oleh karena itu sejak kecil ia dibesarkan dan diurus pendidikannya oleh keluarga Zarkasyi yang merupakan sanak famili. 

Memasuki usia 12 tahun, al-Barudi tertarik untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kemiliteran dengan konsentrasi seni militer, lalu mendapat ijazah saat ia berusia 16 tahun. Sayangnya ia tidak bisa melanjutkan sekolah karena Mesir di bawah pimpinan Abbas I yang hampir meredupkan kejayaan negaranya dengan bekal dari pendidikan di kemiliteran, ia dikenal sebagai prajurit yang militan, penuh disiplin dan berpikir tajam.sehingga menjadikannya hanya perlu dengan waktu relatif singkat telah memperoleh pengetahuan yang mumpuni, menguasai banyak teori, serta strategi komprehensif di bidang kemiliteran. Prestasi tersebut yang menjadikan Al-Barudi pernah menjabat sebagai menteri pertahanan dan menteri perwakafan. Selain itu, ia diangkat sebagai panglima Les Gardes, serta mendapat kesempatan menjadi salah satu utusan ke Perancis bersama beberapa panglima pasukan Militer Mesir.

Namun saat bangsa Arab melakukan pemberontakan Niran yang dipimpin al-Barudi, ia ditangkap dan dibuang ke daerah Sarandib (Sailan). Al-Barudi diasingkan selama 17 tahun, dalam masa-masa ini ia banyak merefleksikan diri dan merenungkan kehidupannya yang kelak menjadi ide-ide dalam syairnya. Selanjutnya, sebelum dibebaskan, ia pernah terserang penyakit mata yang menyebabkan kedua matanya buta. Tetapi akhirnya sembuh dan dinyatakan bebas untuk dikembalikan ke Mesir.

Baca Juga:  Hannah Ibunda Maryam: Ibu Teladan Yang Dikisahkan Dalam Al-Quran

Mahmud Sami al-Barudi sudah tertarik dengan dunia kesusastraan sejak kecil. Ia banyak membaca dan menelaah buku puisi-puisi klasik dengan tema-tema peperangan, patriotisme, dan kepahlawanan di waktu luangnya. Dalam dunia sastra, karya-karya al-Barudi banyak dipengaruhi dan terinspirasi dari penyair-penyair terdahulu yang menjadi panutannya seperti Umrul Qais dan Ibnu Mu’taz. 

Bakat dan kepiawaian al-Barudi dalam ilmu sastra Arab menjadikannya menjadi salah satu tokoh penting dan berkontribusi dalam perkembangan sastra Arab. Ia merupakan salah satu pelopor aliran neo-klasik yang menghidupkan kembali keindahan puisi zaman dulu yang sempat mati suri. Al-Barudi berhasil mengubah bahasa puisi yang semula seolah lemah menjadi lebih kuat, serta memasukkan unsur-unsur baru dalam puisi Arab yang pernah terlupakan seperti subjektivitas dalam berpuisi.

Dalam penelitian Ahmad Nuruddin yang berjudul “Analisis Keindahan Syair Modern Karya Mahmud Sami Al-Barudi” menyebutkan karakteristik puisi al-Barudi memiliki corak sebagai berikut; menceritakan pengalaman hidup, menggunakan lafadz yang mudah dipahami dan jelas, tema-temanya terdiri dari tema pujian (madah), nasihat (hikam), dan berbangga-bangga (fakhr), sangat detail dan cermat dalam memperhatikan keindahan bahasanya, ide pokok banyak terinspirasi dari puisi klasik, serta memiliki keunggulan dalam beberapa tema.

Saat dalam pengasingan, ia berusaha memahami kehidupan dan melakukan muhasabah diri. Sehingga kita bisa menemukan pesan dan nilai zuhud dalam puisi al-Barudi sebagai pengingat bahwa kehidupan dunia hanya sementara. Maksud zuhud sendiri adalah mengalihkan perhatian diri jauh dari dunia serta hanya berorientasi hanya kepada Allah saja. Adapun puisi-puisi zuhud yang ditulisnya seperti yang berada pada qafiyah (rima) lam berikut:

أَيُّهَا الْمَغْرُوْرُ مَهْلَا

 

لَسْتَ لِلتَّكْرِيْمِ أهْلَا

 

Wahai orang-orang yang perlahan terperdaya Kamu bukanlah orang yang berhak mendapat kemuliaan
كَيْفَ صَادَفْتَ الأَمَانِي

 

هَلْ رَأَيْتَ الصَّعْبَ سَهْلَا؟

 

Bagaimana kamu mendapat harapan-harapan Tidakkah Kamu melihat sesuatu kesulitan itu mudah?
خِلْتَهَا مَاءً نَمِيْرًا

 

فَاشْرَبَنْ عَلَّا وَنَهْلَا

 

Kamu menganggap harapan itu bak air yang jernih Maka minumlah terus menerus tanpa terputus
أَيْنَ أَهْلُ الدَّرِ فَانْظُرْ

 

هَلْ تَرَى بِالدَّرِ أَهْلَا؟

 

Maka lihatlah dimana keberadaan penghuni rumah (dunia) Apakah kamu melihat orang yang pantas menghuni rumah tersebut?
رُبَّ حُسْنٍ فِي ثِيَابٍ

 

عَادَ غِسْلِيْناً وَمُهْلَا؟

 

Berapa banyak keindahan  dalam berpakaian Lalu kembali dalam keadaan buruk dan terhina
وَعُيُونٍ كُنْ سُودَاً
صِرْنَ عِنْدَ الْمَوْتِ شُهْلَا

 

Dan mata berubah menghitam Tatkala menjelang kematian berubah menjadi kebiru-biruan
سَوْفَ يَلْقَى كُلُّ بَاغٍ

 

فِي الْوَرَى خِزْيَاً وَبَهْلَا

 

Kelak semua orang yang melampaui batas Terhadap mahkluk menjadi hina dan terkutuk
إِنَّمَا الدُّنْيَا غُرُورٌ

 

لَمْ تَدَعْ طِفْلًا وَكَهْلَا

 

Bahwasanya dunia hanyalah tipu daya Baik anak kecil atau tua tidak terlepas dari tipu daya
كَمْ حَكِيْمٍ ضَلَّ فِيْهَا

 

فَاكْتَسَى بِالْعِلْمِ جَهْلَا

 

Berapa banyak orang yang bijaksana tersesat di dalamnya Maka sebab ilmu tertutuplah kebodohan

 

Dari puisi di atas, al-Barudi berpesan hendaklah manusia jangan terperdaya banyaknya harapan-harapan kehidupan dunia. Karena pada hakikatnya dunia hanyalah rumah singgah sementara. Dunia merupakan tempat tipu muslihat, tidak memandang usia baik muda, tua, anak-anak, orang dewasa, semua tidak akan terlepas dari tipu daya.  Ia pula mengingatkan bahwa tidak sedikit manusia yang menjalani kehidupan dunia dengan kemewahan, pada akhirnya mati dalam keadaan terhina. Demikianlah beberapa pesan zuhud dari puisi al-Barudi.

Rekomendasi

Cara Mengatasi Orang yang Nyinyir Menurut Imam Syafi’i

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Frugal living Rasulullah Frugal living Rasulullah

Frugal Living ala Rasulullah

Ditulis oleh

Alumni Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Pegiat Sastra Arab, dan Gender Islam.

Komentari

Komentari

Terbaru

Hal-Hal yang Merusak Amal Baik Hal-Hal yang Merusak Amal Baik

Hal-Hal yang Merusak Amal Baik

Kajian

peran tionghoa dalam menyebarkan islam peran tionghoa dalam menyebarkan islam

Imlek: Refleksi Peran Tionghoa dalam Menyebarkan Islam di Banten

Kajian

Bolehkah Mengalakosikan Zakat sebagai Dana Makan Bergizi Gratis? Bolehkah Mengalakosikan Zakat sebagai Dana Makan Bergizi Gratis?

Bolehkah Mengalakosikan Zakat sebagai Dana Makan Bergizi Gratis?

Kajian

Hukum Menyanyikan Ayat al-Quran Hukum Menyanyikan Ayat al-Quran

Hukum Menyanyikan Ayat al-Quran

Kajian

pendidikan perempuan pendidikan perempuan

Cara Islam Menghargai Pendidikan untuk Perempuan

Kajian

Pelajaran Penting dari Kisah Durrah binti Abi Lahab Pelajaran Penting dari Kisah Durrah binti Abi Lahab

Pelajaran Penting dari Kisah Durrah binti Abi Lahab

Khazanah

Mengenang Toeti Heraty: Penyair Kontemporer Terkemuka Indonesia

Khazanah

Hukum Mengonsumsi Kopi Luwak Hukum Mengonsumsi Kopi Luwak

Hukum Mengonsumsi Kopi Luwak

Kajian

Trending

Berapa Kali Sehari Rasulullah Mengucapkan Istighfar?

Ibadah

Citra Perempuan dalam alquran Citra Perempuan dalam alquran

Lima Keutamaan Asiyah Istri Firaun yang Disebut Dalam Hadis dan al-Qur’an

Kajian

Penyakit hati Penyakit hati

Hati-Hati, Ini Ciri Kalau Kamu Punya Penyakit Hati

Kajian

https://www.idntimes.com/ https://www.idntimes.com/

Ratu Kalinyamat: Ratu Jepara yang Memiliki Pasukan Armada Laut Terbesar di Nusantara

Muslimah Talk

Tata Cara Mengurus Bayi yang Meninggal

Kajian

Zikir Ketika Angin Kencang

Ibadah

Mengenal Hamnah Binti Jahsy, Perawat Perempuan di Masa Rasul

Muslimah Talk

ummu salamah penyebutan perempuan ummu salamah penyebutan perempuan

Menelaah Tafsir Ummu Salamah: Menyambung Sanad Partisipasi Perempuan dalam Sejarah Tafsir al-Qur’an

Kajian

Connect