Ikuti Kami

Subscribe

Khazanah

Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya, Padahal Nabi Tegas Menegakkan Hukum Termasuk pada Anaknya

Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya

BincangMuslimah.ComKasus pemerkosaan dan pencabulan yang dilakukan oleh salah satu anak pengasuh pesantren Shiddiqiyyah, Jombang, Jawa Timur berujung pada penangkapan tersangka setelah melewati drama yang berkepanjangan. Dari sekian drama yang terjadi, hal yang menghambat eksekusi hukum terhadap Bechi, tersangka, adalah sikap pembelaan dari warga sekitar pesantren dan ayahnya sendiri. 

Kesalahan yang dilakukan oleh seseorang, tanpa memandang status sosial atau strata pendidikan, harus ditegakkan hukumnya seadil-adilnya. Termasuk apa yang dilakukan oleh Bechi, pelaku pemerkosaan yang justru dibela oleh ayahnya, Kyai Muchtar Mu’thi. Padahal jika menengok apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, beliau sendiri tegas akan mengadili anaknya jika terbukti melakukan kesalahan. 

Hal ini sebagaimana kisah yang tercatat dalam hadis Nabi riwayat Abu Daud melalui penuturan salah satu istrinya, Aisyah Radhiyallahu ‘anha, 

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ قُرَيْشًا أَهَمَّهُمْ شَأْنُ الْمَرْأَةِ الْمَخْزُومِيَّةِ الَّتِي سَرَقَتْ فَقَالُوا مَنْ يُكَلِّمُ فِيهَا يَعْنِي رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالُوا وَمَنْ يَجْتَرِئُ إِلَّا أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ حِبُّ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَلَّمَهُ أُسَامَةُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أُسَامَةُ أَتَشْفَعُ فِي حَدٍّ مِنْ حُدُودِ اللَّهِ ثُمَّ قَامَ فَاخْتَطَبَ فَقَالَ إِنَّمَا هَلَكَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ أَنَّهُمْ كَانُوا إِذَا سَرَقَ فِيهِمْ الشَّرِيفُ تَرَكُوهُ وَإِذَا سَرَقَ فِيهِمْ الضَّعِيفُ أَقَامُوا عَلَيْهِ الْحَدَّ وَايْمُ اللَّهِ لَوْ أَنَّ فَاطِمَةَ بِنْتَ مُحَمَّدٍ سَرَقَتْ لَقَطَعْتُ يَدَهَا 

Artinya: dari Aisyah radliallahu ‘anha berkata, “Bangsa Quraisy pernah dikagetkan dengan kasus pencurian seorang wanita Makhzumiyah. Orang-orang berkata, “Siapakah yang akan memintakan amnesti kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” sebagian yang lain menjawab, “Tidak ada yang berani melakukan hal itu selain Usamah bin Zaid, kekasih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” Usamah kemudian menyampaikan hal itu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, hingga beliau pun bersabda: “Wahai Usamah! Apakah engkau akan meminta keringanan dalam masalah hukum had Allah? Beliau kemudian berdiri dan berkhutbah: “Hanyasanya orang-orang sebelum kalian binasa karena jika ada orang terhormat dari mereka mencuri, mereka tidak menegakkan had. Tetapi jika ada orang rendahan yang mencuri, mereka menegakkan had atasnya. Demi Allah, sekiranya Fatimah binti Muhammad mencuri, sungguh aku akan memotong tangannya.”

Kisah ini berkaitan dengan status sosial yang dimiliki oleh pelaku pencurian, yaitu seorang wanita dari Makhzumiyah yang dibela oleh golongannya agar tidak dikenakan pemotongan tangan. Kala itu, Makhzumiyah adalah salah satu klan yang terhormat, besar, dan terpandang di kalangan masyarakat Arab. Orang-orang dari Makhzumiyah merasa memiliki wewenang untuk meminta keringanan pada Rasulullah. Maka membujuk Usamah bin Zaid untuk menyampaikan maksud tersebut pada Rasulullah.

Namun tak disangka, Rasulullah tegas menolak untuk melakukan itu. Bahkan beliau sendiri mengatakan, andaikata putrinya yang melakukan itu maka ia sendiri yang akan menegakkan hukum potong tangan yang kala itu berlaku sebagai pembalasan bagi perbuatan mencuri. 

Sikap Rasulullah menunjukkan ketegasan luar biasa tanpa memandang status sosial atau nasab. Perumpamaan Rasulullah yang akan memotong tangan Fathimah jika melakukan itu adalah bentuk ketegasan Rasulullah untuk menegakkan keadilan. 

Maka sangat disayangkan, jika pelaku pemerkosaan yang berasal dari trah pesantren ini justru dibela oleh ayahnya sendiri yang merupakan pengasuh pesantren dan pimpinan Thariqah Shiddiqiyyah. Jangan sampai agama dijadikan tameng dan legitimasi untuk berbuat zalim. 

Rekomendasi

jalan damai kasus perundungan jalan damai kasus perundungan

Tidak Ada Penyelesaian ‘Jalan Damai’ pada Kasus Perundungan dan Kekerasan Seksual

perundungan tidak bisa dibenarkan perundungan tidak bisa dibenarkan

Hari Anak Nasional: Anak Harus Bebas dari Perilaku Bullying dan Kekerasan Seksual

Tempat Duduk jenis kekerasan Tempat Duduk jenis kekerasan

Efektifkah Pemisahan Tempat Duduk Penumpang Berdasarkan Jenis Kelamin untuk Menangkal Kekerasan Seksual?

pendampingan pemulihan korban kekerasan seksual pendampingan pemulihan korban kekerasan seksual

Jangan Lupakan Pendampingan dan Pemulihan Pada Korban Kekerasan Seksual

Zahrotun Nafisah
Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

ajaran Islam pembagian nafkah ajaran Islam pembagian nafkah

“Uangku Adalah Uangku, Uang Suamiku Adalah Milikku”, Begini Ajaran Islam Tentang Pembagian Nafkah

Kajian

Berikut artikel terkait perjanjian damai Sulaiman Al-Qanuni dengan Perancis, umat Kristen diperbolehkan melaksanakan Ibadah. Berikut artikel terkait perjanjian damai Sulaiman Al-Qanuni dengan Perancis, umat Kristen diperbolehkan melaksanakan Ibadah.

Perjanjian Damai Sulaiman Al-Qanuni dengan Perancis: Umat Kristen Diperbolehkan Melaksanakan Ibadah

Khazanah

Perempuan Mengeraskan Bacaan "Amin" Perempuan Mengeraskan Bacaan "Amin"

Hukum Perempuan Mengeraskan Bacaan “Amin” Saat Shalat Berjamaah

Kajian

mani madzi wadi fikih mani madzi wadi fikih

Perbedaan Mani, Madzi, dan Wadi dan Hukumnya dalam Fikih

Kajian

balap liar hukumnya Islam balap liar hukumnya Islam

Marak Balap Liar, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Kajian

Karakteristik Akhlak dalam Islam Karakteristik Akhlak dalam Islam

Karakteristik Akhlak (Etika) dalam Islam

Kajian

hal diperhatikan membaca filsafat hal diperhatikan membaca filsafat

Sepuluh Hal yang Mesti Diperhatikan Saat Membaca Teks Filsafat

Muslimah Talk

Pemaksaan Jilbab Kebebasan Beragama Pemaksaan Jilbab Kebebasan Beragama

Pemaksaan Jilbab dan Hak Kebebasan Beragama

Muslimah Talk

Trending

Bulan Haram 3 Berurutan Bulan Haram 3 Berurutan

Amalan yang Bisa Dilakukan di Awal Tahun Hijriah

Ibadah

rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq

Memahami Makna I’jaz Al Qur’an

Kajian

Perempuan dalam Historiografi Islam Perempuan dalam Historiografi Islam

Perempuan dalam Historiografi Islam

Kajian

Rasulullah Disalip Emak-emak Rasulullah Disalip Emak-emak

Kisah Rasulullah Disalip Emak-emak

Khazanah

Tingkatan Cinta Ibnu Arabi Tingkatan Cinta Ibnu Arabi

Tingkatan Cinta Menurut Ibnu Arabi

Kajian

Berikut artikel terkait perjanjian damai Sulaiman Al-Qanuni dengan Perancis, umat Kristen diperbolehkan melaksanakan Ibadah. Berikut artikel terkait perjanjian damai Sulaiman Al-Qanuni dengan Perancis, umat Kristen diperbolehkan melaksanakan Ibadah.

Kisah Ibnu Rusyd yang Pernah Ditolong oleh Yahudi

Kajian

suami ateis istri cerai suami ateis istri cerai

Hukum Suami Menjadi Ateis, Bolehkah Istri Menuntut Cerai?

Kajian

Makna Filosofis Rangkaian haji Makna Filosofis Rangkaian haji

Makna Filosofis Rangkaian Ibadah Haji

Kajian

Connect