Ikuti Kami

Khazanah

Nyai Ageng Pinatih, Saudagar Kaya era Majapahit

nyai ageng pinatih majapahit
gettyimages,com

BincangMuslimah.Com – Pada masa kerajaan Majapahit, terdapat sosok perempuan yang merupakan saudagar kaya raya dan dihormati oleh para raja pada era tersebut. Ia adalah Nyai Ageng Pinatih atau dikenal dengan beberapa namanya seperti Nyai Tandes, Nyai Ageng Samboja, Nyai Ageng Maloka, dan Nyai Gede Pinatih. Nama julukannya “Samboja” berasal dari nama negara Kamboja, sedangkan ‘Pinatih’ merujuk pada kata ‘patih’.

Pebisnis Ulung dari Gresik

Bukti Nyai Ageng Pinatih perempuan terhormat ialah saat diangkat oleh Raja Majapahit Brawijaya V sebagai syahbandar Gresik yang masyhur dan menjabat pada tahun 1458 sampai 1477. Nyai Ageng Pinatih mempunyai barang dagangan dan kapal dalam jumlah besar serta usaha dan relasinya sangat luas di penjuru pulai Jawa. Banyaknya kapal yang singgah di pelabuhan, maka syahbandar diperlukan untuk mengatur pelabuhan. Syahbandar adalah seorang petugas yang bertugas mengatur pelabuhan yang mengatur pelabuhan di suatu daerah.

Akibat padatnya pelabuhan, sejak saat itu pusat pelabuhan Gresik kemudian berpindah yang mulanya berada di desa Bandaran menjadi bertempat di desa Kelingan (sekarang Kelingan atau Pakelingan). Pada masa jabatan Nyai Ageng Pinatih, pelabuhan Gresik menduduki masa kejayaannya. 

Namun dalam sumber lain menyebutkan jika Dinas Ming yang mengangkat Nyai Ageng Pinatih sebagai syahbandar Gresik. Ia menggantikan Cheng Ho yang bertugas mengontrol keamanan wilayah Jawa dan Sumatera, terutama di kota Palembang, Sumatera Selatan.

AlloFresh x Bincang Muslimah

Dalam buku “Kota Gresik 1896-1916 Sejarah Sosial Budaya dan Ekonomi” karya sejarawan Oemar Zainuddin (Penerbit Ruas), Nyai Gede Pinatih merupakan seorang perempuan pertama di Nusantara pada periode kesultanan yang berinisiatif untuk memungut bea cukai dan mengawasi para pedagang asing.

Tokoh Penting Penyebaran Islam di Gresik

Nyai Ageng Pinatih juga salah satu tokoh perempuan penting yang turut berkontribusi dalam penyebaran agama Islam di wilayah Gresik. Ia adalah ibu angkat Raden Paku atau Sunan Giri yang ditemukan oleh kapal yang ditumpangi Nyai Ageng Pinatih saat berlayar ke Pulau Bali dalam keadaan tengah terombang-ambing di laut pada tahun 1443. Awak kapal yang menemukan Sunan Giri saat tubuhnya tersangkut di kapal. Itulah alasan bayi tersebut diberi nama Jaka Samudra. Ia juga kaka perempuan dari Raden Rachmat atau Sunan Ampel.

Dalam jurnal berjudul “Character Education of Female Syahbandar Nyai Ageng Pinatih Gresik”, menyebutkan sikap religius dan ketaatan Nyai Ageng Pinatih. Hal tersebut diwujudkan dalam mendidik sikap keberagamaan anak angkatnya Joko Samudro. Nyai Ageng Pinatih merupakan sosok wanita yang baik hati, penyayang dan taat mengamalkan nilai-nilai Islam. Ia seorang muslimah yang taat, merawat dan membesarkan anak angkatnya dengan penuh kasih sayang dan cinta.

Menambahkan, Nyai Ageng Pinatih adalah bukti keberhasilan seorang ibu di balik kesuksesan anak angkatnya. Joko Samudro tumbuh menjadi seorang ulama, bahkan menjadi wali pilihan Allah. Dengan penuh ketelitian dan disiplin ia melatih dan mendidik Joko Samudro hingga tak jarang berdagang. Kejujurannya dalam berdagang juga ia turunkan kepada putranya. Ia memberi kesempatan kepada Joko Samudro untuk beralih tugas sebagai syahbandar dan nakhoda kapal. Dengan keahlian dan keterampilannya Joko Samudro menjadi seorang tokoh masyarakat yang kharismatik dan disegani. Tak hanya itu, ia dikenal sebagai pemimpin sekaligus ulama yang mengayomi masyarakat.

Nyai Ageng Pinatih merupakan sosok muslimah inspiratif dan mempunyai akhlak mulia yang patut dijadikan teladan bagi generasi muda. Ia taat beragama, toleran, dan hidup damai dengan pemeluk agama lain. Sosok perempuan yang nasionalis, bijaksana dan bertanggung jawab dalam perannya sebagai Syahbandar Pelabuhan Gresik. Ia juga berintegritas dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan siapapun, konsisten dan jujur dalam bertransaksi. Ia memiliki solidaritas dan kepedulian sosial dalam memberikan santunan kepada dhuafa dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada tahun 1317 H atau 1449 M, Nyai Ageng Pinatih menghembuskan nafas terakhir. Makamnya berada di desa Bedilan, kelurahan Kebungson, sekitar 300 M arah utara alun-alun kota Gresik.

Kalian bisa kolaborasi buat bantu BincangMuslimah.com terus menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan berbelanja minimal 150.000 di Allofresh. Dapatkan rangkaian cashback dengan download aplikasinya disini dan masukan kode AFBS12 saat berbelanja

Rekomendasi

islam kenyamanan perempuan pendapat Kepemimpinan Perempuan keadilan gender islam kenyamanan perempuan pendapat Kepemimpinan Perempuan keadilan gender

Islam Menyediakan Kenyamanan pada Perempuan untuk Mengemukakan Pendapat

Maria curie sains polandia Maria curie sains polandia

Marie Curie, Ahli Sains dari Polandia

najeela shihab lahir pendidikan najeela shihab lahir pendidikan

Najelaa Shihab, Lahir dan Besar untuk Pendidikan

baik pada perempuan islam baik pada perempuan islam

Kredibilitas Kepemimpinan Perempuan dalam Islam

Ditulis oleh

Mahasiswi Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah dan Pegiat Sastra Arab dan Gender Islam.

Komentari

Komentari

Terbaru

amalan meringankan sakaratul maut amalan meringankan sakaratul maut

Amalan untuk Meringankan Penderitaan Sakaratul Maut

Ibadah

Frugal living Rasulullah Frugal living Rasulullah

Frugal Living ala Rasulullah

Khazanah

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam

Lima Perbedaan Lelaki dan Perempuan dalam Shalat

Ibadah

krisis lingkungan krisis lingkungan

Aktivis Lingkungan Berbasis Agama Serukan Pemerintah Serius Atasi Krisis Lingkungan

Berita

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan

Ibadah

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

Khazanah

Trending

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Ibadah

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

Kajian

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

angin vagina membatalkan wudhu angin vagina membatalkan wudhu

Apakah Angin yang Keluar dari Vagina Dapat Membatalkan Wudhu?

Ibadah

doa menjelang persalinan rasulullah doa menjelang persalinan rasulullah

Doa Menjelang Persalinan dari Rasulullah untuk Fatimah

Ibadah

Makna aurat buya syakur Makna aurat buya syakur

Empat Makna Aurat Menurut Buya Syakur Yasin

Kajian

Masa iddah perempuan hamil Masa iddah perempuan hamil

Masa Iddah Perempuan Hamil yang Cerai Kemudian Keguguran

Kajian

Connect