Ikuti Kami

Keluarga

Tips Mengajarkan Kesabaran pada Anak saat Belajar Berpuasa

mengajarkan kesabaran anak berpuasa

BincangMuslimah.Com – Anak-anak termasuk kelompok yang belum diwajibkan berpuasa. Namun tidak mengapa jika orangtua ingin mengajarkan anak-anak berpuasa. Agar saat anak-anak telah baligh dan diwajibkan berpuasa, mereka telah terbiasa dan dapat menjalankannya dengan mudah. 

Saat masih belajar dan kanak-kanak, tidak mengapa jika anak belum bisa berpuasa seharian penuh. Dianjurkan untuk mencoba secara perlahan. Mungkin dengan berpuasa setengah hari. Tentu dengan menyesuaikan kemampuan dari masing-masing anak. 

Namun terkadang saat sedang dalam proses belajar, orangtua perlu menyisipkan pelajaran sabar pada sang buah hati. Dimana anak terkadang ingin segera makan sebelum waktu yang ditetapkan untuk berbuka. 

Misalnya, anak belajar berpuasa setengah hari saja. Namun sebelum setengah hari, anak ingin mengonsumsi makanan atau merasa haus. Lantas bagaimana cara menerapkan rasa sabar pada anak-anak?

Dilansir dari Sonora FM, seorang Psikolog Anak Samanta Elesener menyebutkan jika sebenarnya, memberikan pengertian sabar pada anak butuh cara yang sederhana. Meskipun pada praktiknya boleh dibilang tidaklah mudah. Berikut beberapa tips mengajarkan kesabaran pada anak saat berpuasa.

Pertama, saat akan melakukan pembelajaran berpuasa, antara orangtua dan anak perlu membangun sebuah kesepakatan. Jika saat itu anak menyanggupi setengah hari, ini bisa jadi pertimbangan bagi orangtua. 

Kedua, ketika dalam proses pembelajaran mengaku merasa lapar, maka orang tua perlu memvalidasi perasaan sang anak. Jangan mengecilkan atau membantah apa yang dirasakan oleh sang buah hati. 

Ketiga, menurut Samanta, orang tua bisa saja mengajak anak melakukan aktivitas yang mendukung anak untuk mengalihkan rasa laparnya. Lakukan hal yang seperti bermain, atau mengajak anak-anak untuk bercerita tentang hal-hal yang menyenangkan. 

Orangtua justru jangan memarahi atau memberi penekanan tanpa penjelasan saat anak berani jujur mengakui lapar saat berpuasa. Dengan memberikan pemahaman dan mengajak beraktivitas seperti di atas, pola pikir anak terkait puasa dapat menjadi menyenangkan.

Baca Juga:  Parenting Islami : Kekerasan Seksual pada Anak dan Pentingnya Edukasi Seks Sejak Dini

Selain itu perlu juga memberikan makna dari tujuan berpuasa. Tentunya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak. Sehingga anak-anak tahu kenapa Islam mengajarkan umat muslim saat berpuasa. Tidak hanya sekadar menahan rasa lapar dan haus saja. 

Selain itu tips terakhir atau keempat, orang tua bisa memberikan sistem reward kepada anak. Jika mampu berpuasa sesuai dengan waktu yang disepakati, orang tua menurut Samanta boleh saja memberikan hadiah. 

Namun sekali lagi cara-cara yang diterapkan disesuaikan juga dengan kondisi anak dan nilai-nilai yang diterapkan pada masing-masing keluarga. Dengan ada pembelajaran yang dilakukan sejak dini, anak-anak terbiasa melaksanakan ibadah puasa saat telah diwajibkan. 

Karena memang dalam Islam, puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dilaksanakan, kecuali pada beberapa golongan tertentu. Hal ini disampaikan pada Q.S Al-Baqarah ayat 183:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Menurut Tafsir as-Sa’di dari Syaikh Abdurahman bin Nashir as-Sa’di pada abad ke 14 H, ibadah puasa merupakan suatu kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Perintah ini diturunkan karena puasa mempunyai punya pengaruh pada kemaslahatan makhluk. 

Kata ‘agar kamu bertakwa’ merupakan sebuah imbauan untuk tetap dalam ketakwaan, setiap umat mesti menjauhi segala larangan Allah. Dan bentuk ketakwaan itu adalah mengendalikan hawa nafsu. 

Misalnya makan dan minum secara berlebihan, marah dengan tidak terkendali, serakah dan sebagainya. Di sisi lain dalam tafsir ini disebutkan jika berpuasa merasakan bagaimana menjadi orang yang tidak berpunya. 

Merasakan rasa susah seperti kaum duafa tentu menjadi penghiburan dan penguatan bagi mereka. Hal ini juga termasuk gambaran ketakwaan. Beberapa nilai di atas, dapat diajarkan pada anak-anak, untuk apa berlapar-lapar berpuasa. 

Baca Juga:  Tips Mendidik Anak dengan Bahagia

Sehingga dapat disimpulkan jika anak-anak tidak mengapa diajarkan berpuasa sedari dini. Namun perlu juga diselipkan pengetahuan soal kesabaran dan makna berpuasa. Sehingga anak dapat mengantisipasi rasa lapar dan memahami makna dari berpuasa. Demikian beberapa tips mengajarkan kesabaran pada anak saat berpuasa yang semoga bermanfaat. 

 

Rekomendasi

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

tantangan menjalani i'tikaf ramadhan tantangan menjalani i'tikaf ramadhan

Tantangan dan Solusi Menjalani I’tikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Hikmah puasa Turunnya Alquran Hikmah puasa Turunnya Alquran

Hikmah Disyariatkannya Puasa di Bulan Turunnya Alquran

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect