Ikuti Kami

Subscribe

Keluarga

Nabi Ibrahim dan Doa untuk Anaknya

tips Mengajarkan Toleransi Keberagaman
photo: gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Nabi Ibrahim a.s. merupakan salah satu role model orang tua ideal yang telah dicontohkan Allah swt. di dalam Al-Qur’an. Menurut Prof. Quraish Shihab dalam tafsirnya, beliau mengutip pendapat sebagian ulama yang menyatakan bahwa nama Ibrahim merupakan bentuk majmu’ dari kata ab dan rahim. 

Ab berarti ayah dan rahim berarti penuh kasih. Beliau adalah ayah yang penuh kasih. Ada juga yang berpendapat bahwa nama tersebut berasal dari bahasa Ibrani, Abram yang bermakna ayah kelompok manusia yang banyak. Sifat penuh kasih Nabi Ibrahim a.s. ditunjukkan dengan doa-doa beliau untuk anak-anaknya dan keturunan.

Dalam Al-Qur’an, Allah swt. telah mengabadikan doa-doa Nabi Ibrahim a.s. yang selalu menyertakan anak cucunya dalam doanya. Di antaranya adalah Q.S. Al-Baqarah ayat 124. 

وَاِذِ ابْتَلٰٓى اِبْرٰهٖمَ رَبُّهٗ بِكَلِمٰتٍ فَاَتَمَّهُنَّ ۗ قَالَ اِنِّيْ جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ اِمَامًا ۗ قَالَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِى الظّٰلِمِيْنَ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat, lalu dia melaksanakannya dengan sempurna. Dia (Allah) berfirman, “Sesungguhnya Aku menjadikan engkau sebagai pemimpin bagi seluruh manusia.” Dia (Ibrahim) berkata, “Dan (juga) dari anak cucuku?” Allah berfirman, “(Benar, tetapi) janji-Ku tidak berlaku bagi orang-orang zalim.”

Pada ayat tersebut, Allah swt. memberikan privilege kepada Nabi Ibrahim a.s. menjadi imam dan teladan karena telah berhasil menyelesaikan ujian-ujian dari Allah swt. Namun, Nabi Ibrahim a.s. berkata, “Saya mohon juga Engkau jadikan pemimpin dan teladan-teladan dari keturunan-keturunan kami.” 

Beliau berharap anak-anaknya pun ada yang dapat menjadi teladan, baik dalam hal agama dan budi pekertinya. Hal ini menjadi bukti bahwa semua orang tua memiliki harapan agar keturunannya menjadi orang baik dan lebih baik darinya. Hanya saja, Allah swt. tidak dapat mengabulkannya jika keturunannya termasuk orang yang berbuat dzalim. Bagaimana tidak, menjadi pemimpin untuk dirinya saja tidak bisa, apalagi menjadi pemimpin dan teladan untuk orang lain. 

Pada Q.S. Al-Baqarah ayat 128-129, Nabi Ibrahim a.s. juga menyertakan doanya untuk anak-anaknya agar dijadikan umat yang selalu berserah diri. Beliau juga memohon kepada Allah swt. agar salah satu dari keturunannya diutus menjadi seorang rasul. Maka, Allah swt. mengabulkan doa Nabi Ibrahim a.s. ini dengan mengutus seorang Nabi dari keturunan beliau melalui Nabi Isma’il, yakni Nabi Muhammad saw. 

Pada Q.S. Ibrahim ayat 35, Nabi Ibrahim a.s. berdoa kepada Allah swt. agar anak cucunya dijauhkan dari penyembahan berhala. Beliau bermohon agar kiranya fitrah kesucian yang dianugerahkan Allah dalam jiwa setiap manusia yaitu Tauhid terus terpelihara dalam jiwa anak cucunya. 

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهِيْمُ رَبِّ اجْعَلْ هٰذَا الْبَلَدَ اٰمِنًا وَّاجْنُبْنِيْ وَبَنِيَّ اَنْ نَّعْبُدَ الْاَصْنَامَ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa, “Ya Tuhan, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku agar tidak menyembah berhala.

Nabi Ibrahim a.s. tidak hanya memohon kepada Allah agar anak keturunannya memiliki iman yang kokoh. Beliau juga berdoa pada Q.S. Ibrahim ayat 40 agar mereka menjadi hamba-hamba Allah yang selalu melaksanakan perintah-Nya berupa shalat. 

  رَبِّ اجْعَلْنِيْ مُقِيْمَ الصَّلٰوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِيْۖ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاۤءِ 

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

Bagi orang tua, diwajibkan untuk mengajarkan putra putrinya shalat sebagai salah satu rukun Islam. Sehingga, ketika mereka menginjak usia baligh, mereka sudah terlatih dan terbiasa melaksanakan shalat dengan baik. 

Doa Nabi Ibrahim a.s. tersebut, mengingatkan para orang tua pada umumnya agar juga tidak lupa mendoakan putra putrinya agar termasuk orang yang istiqamah dalam menjalankan shalat. 

Betapa tidak, orang tua tidak selamanya dapat menjaga putra-putrinya selama dua puluh empat jam. Mereka juga memiliki dunia sekolah, pertemanan, dan lingkungan masyarakat. Para orang tua tidak dapat mengingatkan mereka selamanya. Sehingga, dengan kekuatan doa, semoga mereka tetap menjaga shalatnya dimana pun dan kapanpun atas karunia Allah swt. 

Nabi Ibrahim a.s. juga dikenal sebagai sosok yang sangat sabar dalam menanti buah hati. Betapa tidak, beliau di usia senja baru dikaruniai seorang putra. Disebutkan dalam Tafsir Al-Munir karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili, Nabi Isma’il lahir ketika Nabi Ibrahim a.s. berusia 99 tahun (dalam riwayat lain 86 tahun), sedangkan ketika Nabi Ishaq lahir, Nabi Ibrahim a.s. sudah berusi 112 tahun (dalam suatu riwayat 99 tahun).  Meskipun dalam Al-Qur’an, Allah swt. tidak menyebutkan spesifik usia beliau saat itu. 

Pada Q.S. As-Shaffat 100-101 dikisahkan bahwa doa yang diminta Nabi Ibrahim a.s. adalah agar dikaruniai putra yang sholeh. 

  رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh.” 

  فَبَشَّرْنٰهُ بِغُلٰمٍ حَلِيْمٍ

Maka Kami beri kabar gembira kepadanya dengan (kelahiran) seorang anak yang sangat sabar (Ismail).

Syekh Wahbah Az-Zuhaili menjelaskan bahwa ayat tersebut menjadi dasar disyariatkannya berdoa meminta anak. Sehingga, bagi para pasangan suami istri yang sudah menikah dan ingin memiliki momongan namun tidak kunjung datang, tetaplah berdoa. Doa Nabi Ibrahim a.s. tersebut dapat dijadikan referensi sekaligus teladan untuk bersabar dalam menanti buah hati.

Demikianlah teladan Nabi Ibrahim a.s. yang tidak lelah untuk menyertakan anak cucunya dalam doa-doanya. Meskipun beliau terbilang telat mendapatkan seorang anak, namun beliau terus berdoa agar mendapatkan anak-anak yang shalih. Beliau pun meminta kepada Allah swt. agar keturunannya dikuatkan imannya dan dapat menjalankan perintahNya berupa shalat dengan baik dan benar. Wa Allahu a’lam bis shawab.

 

Rekomendasi

amalan shalat ashar jumat amalan shalat ashar jumat

Amalan Nabi Khidir Setelah Shalat Ashar di Hari Jumat

meneladani sosok nabi isa meneladani sosok nabi isa

Meneladani Sosok Nabi Isa Alaihissalaam

Maulid aplikasi audio shalawat Maulid aplikasi audio shalawat

Sambut Maulid dan Hari Santri, Aplikasi KESAN Rilis Fitur Audio Shalawat

peristiwa terjadi 10 muharram peristiwa terjadi 10 muharram

Peristiwa yang Terjadi pada 10 Muharram (2)

Annisa Nurul Hasanah
Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

amalan shalat ashar jumat amalan shalat ashar jumat

Amalan Nabi Khidir Setelah Shalat Ashar di Hari Jumat

Ibadah

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Ajarkan Kesetaraan Pada Anak Laki-Laki dan Perempuan

Kajian

fans k-pop larangan fanatik fans k-pop larangan fanatik

Ramai Kegaduhan Fans K-POP di Space Twitter, Ini Larangan Fanatik dalam Islam

Kajian

UU PRT Harus Disahkan UU PRT Harus Disahkan

Alasan Kenapa UU PRT Harus Segera Disahkan

Muslimah Talk

Film KKN Desa Penari Film KKN Desa Penari

Film KKN Desa Penari; Begini Penjelasan Buya Syakur tentang Ruh Orang yang Meninggal Karena Santet atau Sihir

Kajian

Ayah Alami Postpartum Blues Ayah Alami Postpartum Blues

Tidak Hanya Ibu Hamil, Ayah Juga Bisa Mengalami Postpartum Blues

Muslimah Talk

Kehidupan Manusia Setelah Kematian Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Dalil Kehidupan Manusia Setelah Kematian

Kajian

penembakan wartawan palestina shireen penembakan wartawan palestina shireen

Mengutuk Aksi Penembakan Terhadap Wartawan Palestina, Shireen Abu Akleh

Muslimah Talk

Trending

kepemilikan aset kripto dizakati kepemilikan aset kripto dizakati

Apakah Kepemilikan Aset Kripto Harus Dizakati?

Kajian

memberi zakat meninggalkan shalat memberi zakat meninggalkan shalat

Hukum Memberi Zakat Pada Orang yang Meninggalkan Shalat, Bolehkah?

Kajian

UU TPKS Telah Disahkan UU TPKS Telah Disahkan

UU TPKS Telah Disahkan, Masih Ada Tugas Lain yang Menanti

Muslimah Talk

laki-laki jadi korban kdrt laki-laki jadi korban kdrt

Tidak Hanya Pada Perempuan, Laki-Laki Pun Bisa Jadi Korban KDRT

Kajian

anggota keluarga menggantikan puasa anggota keluarga menggantikan puasa

Apakah Anggota Keluarga Bisa Menggantikan Puasa Kerabat yang Sudah Wafat?

Kajian

tata cara membayar fidyah tata cara membayar fidyah

Tata Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan

Kajian

pekerja berat membatalkan puasa pekerja berat membatalkan puasa

6 Syarat Pekerja Berat Boleh Membatalkan Puasa di Bulan Ramadhan

Kajian

kesempurnaan manusia imam al-ghazali kesempurnaan manusia imam al-ghazali

Kesempurnaan Manusia Dan Cara Mencapai Tujuan Akhir Hidup dalam Pandangan Imam Al-Ghazali

Kajian

Connect