Ikuti Kami

Kajian

Tafsir As-Sya’rawi: Hikmah Sumpah Allah dalam Surah Al-Fajr

Hikmah Sumpah Surah Al-Fajr

BincangMuslimah.Com – Salah satu hikmah di balik sumpah Allah dalam Alquran dengan makhluk-Nya adalah menunjukkan keutamaan makhluk tersebut. Contoh surah yang diawali dengan sumpah adalah surah al-Fajr. Terdapat hikmah yang dapat diambil dari  sumpah Allah dalam surah al-Fajr ini. 

Allah berfirman dengan mengawali sumpah-sumpah berikut:

وَالْفَجْرِ (1) وَلَيَالٍ عَشْرٍ (2) وَالشَّفْعِ وَالْوَتْرِ (3) وَاللَّيْلِ إِذَا يَسْرِ (4)

Artinya: “Demi fajar, dan malam yang sepuluh, dan yang genap dan yang ganjil, dan malam bila berlalu.” (Q.S. al-Fajr [89]: 1-4) 

Hikmah Sumpah Allah dalam Surah Al-Fajr

Sumpah Allah ini bukan tanpa arti. Tujuannya untuk memberikan penegasan dan pengukuhan atas berita yang disampaikan. Sebagaimana dalam Tafsir as-Sya’rawi (15/282-285) diterangkan alasan mengapa Allah bersumpah dengan waktu fajar, malam yang sepuluh, yang genap dan ganjil, dan malam bila berlalu ialah seakan-akan Allah ingin mengatakan kepada kita untuk melihat hikmah darinya. 

Al-Fajr yang dijadikan sumpah (qasam) bukan sekadar terbitnya sinar dari kegelapan malam, tapi ia merupakan fajar yang berkaitan erat dengan perintah ibadah. Maka shalat Fajar merupakan rukun khusus yang mengeluarkan manusia dari kenikmatan tidur untuk bergerak menyambut harinya dengan menghadap Tuhan dalam bentuk shalat, berserah diri di hadapan-Nya, dan memohon pertolongan-Nya. 

Adapun malam yang sepuluh menurut Syekh as-Sya’rawi, terdapat beragam pendapat dari mufassirin. Sebagian ada yang mengatakan 10 awal Muharram, 10 akhir Ramadhan, dan mayoritas sebagaimana hadis dari Jabir ialah 10 hari Dzulhijjah. Pendapat 10 hari Dzulhijjah dipilih karena waktu tersebut merupakan penyempurnaan manusia dari pelaksanaan ibadah haji.

Sedangkan syafa’ (yang genap) dan witr (yang ganjil), Syekh  as-Sya’rawi mengutip Rasulullah bahwa ayat ini berkaitan dengan shalat: “Shalat itu baik dalam bentuk genap atau ganjil. Yang ganjil seperti Maghrib dan shalat sunnah Witir.” Malam yang berlalu atau malam ketika digulung adalah kira-kira mulai sepertiga malam terakhir.

Baca Juga:  Hukum-hukum Rujuk dalam Islam

Munasabah Awal dan Akhir Ayat: Empat Sumpah dengan Nafs Muthmainnah

Syekh Mutawalli as-Sya’rawi menerangkan bahwa sumpah Allah dalam surah al-Fajr, mulai dari ayat pertama hingga ayat keempat tersebut sejatinya adalah waktu-waktu yang berhubungan dengan ayat di akhir surah. Orang yang ridha kepada Allah dan diridhai-Nya serta dipanggil mesra sebagai jiwa-jiwa yang tenang dipersilahkan untuk masuk ke jannah-Nya.

يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ ﴿٢٧﴾ ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً ﴿٢٨﴾ فَادْخُلِي فِي عِبَادِي ﴿٢٩﴾ وَادْخُلِي جَنَّتِي ﴿٣٠﴾ 

Artinya: “Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai; lalu masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.” (Q.S. al-Fajr [89]: 27-30)

Wahbah al-Zuhaili (15/530), mereka yang dipanggil Allah dengan jiwa-jiwa yang tenang ialah mereka yang dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan tenang seraya menyebut nama-Nya. Hatinya tidak berguncang dan aman dari rasa takut. Allah memerintahkannya menuju tempat mulia yang telah diberikan kepadanya sebagai balasan amal perbuatan selama di dunia dan karena keridhaannya dengan hukum Allah.

Sementara penjelasan Imam Qatadah, nafs muthmaninnah adalah nafsu seorang mukmin yang yakin terhadap janji-janji Allah, yakin terhadap segala yang dikabarkan rasul-Nya, percaya atas apa yang terjadi di alam barzakh dan hari akhir. Karena rasa yakinnya tersebut, ia melihat semua perkara yang dijanjikan Allah seakan-akan nyata dan berada di depan matanya.

Sehubungan dengan pendapat di atas, Syekh as-Sya’rawi menjelaskan bahwa di antara indikator orang yang masuk dalam kategori nafs muthmainnah ialah hatinya merasa senang dengan empat waktu yang dijelaskan pada empat awal ayat surah al-Fajr. 

Yang pertama waktu fajr, ketika ada seorang hamba yang bangun untuk melaksanakan shalat Subuh maka ia akan mendapatkan ketenangan hati. Kedua, seorang hamba saleh dan salehah yang jiwanya tenang juga akan senang pada 10 malam terbaik, yaitu 10 malam terakhir Ramadhan, 10 hari Muharram, dan 10 pertama bulan Dzulhijjah. 

Baca Juga:  Bolehkah Qurban Atas Nama Keluarga Besar?

Ketiga, ia akan menegakkan shalat yang rakaatnya genap dan yang ganjil, dia mendirikan shalat fardhu maupun sHalat sunnah. Yang terakhir, seorang mukmin juga akan senang berdiri menghidupkan malam dengan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Rabbnya. Pada waktu itu orang-orang tengah tertidur lelap, yaitu pada sepertiga malam terakhir. 

Ibadah yang dikerjakan pada waktu-waktu tersebut memberikan ketenangan hati bagi diri seorang muslim. Karena itu, Syekh Mutawalli as-Sya’rawi menghubungkan sumpah Allah dalam ayat 1-4, yaitu orang-orang saleh yang senang menghidupkan waktu tersebut masuk ke dalam pribadi yang disebut Alquran dengan nafs al-muthmainnah. Wallahu a’lam.[]

Rekomendasi

Ditulis oleh

Khadimul 'Ilmi di Yayasan Taftazaniyah

2 Komentar

2 Comments

Komentari

Terbaru

Makna Kelapangan Dada Nabi Muhammad dalam Surah Al-Insyirah

Kajian

Kisah Rasulullah Memuliakan Perempuan

Khazanah

Membentuk Karakter Qur’ani Terhadap Anak Sejak Dini

Keluarga

Maulid Nabi sebagai Momentum Mewujudkan Warisan Keadilan

Khazanah

Hukum Jual Beli ASI

Kajian

imamghazali.org imamghazali.org

Qasidah Imam Busyiri, Bentuk Cinta Kepada Nabi

Khazanah

Retno Marsudi: Diplomat Handal dengan Segudang Prestasi

Diari

Cara mendidik anak Nabi Ibrahim Cara mendidik anak Nabi Ibrahim

Teladan Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga

Khazanah

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect