Ikuti Kami

Kajian

Sepuluh Keistimewaan Sayyidah Aisyah

rasulullah menikahi aisyah umur

BincangMuslimah.Com – Terlahir sebagai salah satu putri sahabat yang paling dicinta Nabi Muhammad Saw merupakan salah satu keistimewaan Sayyidah Aisyah r.a. Selain itu, menjadi salah satu perempuan yang dipersunting Nabi Saw juga merupakan keistimewaan lain yang dia miliki.

Tak terhitung banyak sekali keutamaan lain yang dimiliki oleh Sayyidah Aisyah sebagaimana yang termaktub dalam berbagai riwayat. Di antaranya adalah sabda Nabi Saw:

فَضْلُ عَائِشَةَ عَلَى النِّسَاءِ كَفَضْلِ الثَّرِيدِ عَلَى سَائِرِ الطَّعَامِ

“Keutamaan Aisyah terhadap wanita-waita lain bagaikan keutamaan makanan tsarid dibandingkan seluruh makanan lain”. (Muttafaq alaih)

Tsarid adalah sejenis makanan yang terbuat dari daging dan roti yang dibuat bubur dan berkuah. Makanan ini termasuk menu terenak pada saat itu dan ini sekaligus menunjukkan bagaimana utamanya Aisyah dibanding perempuan lain.

Selain itu, dalam kitab Siyar A’lam an-Nubala disebutkan bahwa setidaknya ada 9 keistimewaan yang dimiliki oleh Sayyidah Aisyah dan tidak dimiliki oleh perempuan lain. Hal ini sebagaimana yang dinyatakan oleh Aisyah r.a.:

“Sungguh diriku telah dianugerahi 9 hal yangmana tidak pernah diberikan kepada perempuan manapun setelah Maryam binti Imran”

Adapun 9 keistimewaan tersebut adalah sebagai berikut:

Pertama. Setelah Khadijah r.a. wafat, Malaikat Jibril a.s. mendatangi Nabi Saw dan membawa bayangan Aisyah dalam mimpi Rasulullah Saw, kemudian ia menyampaikan perihal pernikahan Rasulullah Saw dengannya. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah Saw berkata kepada Aisyah r.a.:

أُرِيتُكِ فِى الْمَنَامِ ثَلاَثَ لَيَالٍ جَاءَنِى بِكِ الْمَلَكُ فِى سَرَقَةٍ مِنْ حَرِيرٍ فَيَقُولُ هَذِهِ امْرَأَتُكَ. فَأَكْشِفُ عَنْ وَجْهِكِ فَإِذَا أَنْتِ هِىَ فَأَقُولُ إِنْ يَكُ هَذَا مِنْ عِنْدِ اللَّهِ يُمْضِهِ

Dulu kamu diperlihatkan kepadaku selama tiga malam dalam mimpiku. Seorang malaikat datang membawamu kepadaku dengan beragam sutera. Malaikat itu berkata, “Hai Muhammad, inilah isterimu!” Kemudian aku buka cadar wajahmu dan ternyata itu adalah kamu. Maka aku katakan: “Jika mimpi ini berasal dari Allah, niscaya Dia pasti akan merealisasikannya.” (Muttafaq Alaih)

Baca Juga:  Kisah Umar bin Abdul Aziz Buktikan Kesalehan Seseorang Menentukan Karakter Keturunan

Kedua. Aisyah adalah satu-satunya istri Rasulullah Saw yang beliau nikahi dan masih berstatus gadis. Berbeda halnya dengan istri-istri beliau yang lain yang beliau nikahi dan berstatus janda.

Ketiga. Rasulullah Saw wafat dalam pangkuan Aisyah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a. disebutkan:

إِنْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَتَعَذَّرُ فِي مَرَضِهِ أَيْنَ أَنَا الْيَوْمَ أَيْنَ أَنَا غَدًا اسْتِبْطَاءً لِيَوْمِ عَائِشَةَ فَلَمَّا كَانَ يَوْمِي قَبَضَهُ اللَّهُ بَيْنَ سَحْرِي وَنَحْرِي وَدُفِنَ فِي بَيْتِي

“Ketika Rasulullah Saw tengah sakit (beliau bertanya): “dimana aku hari ini dan dimana keesokannya?”, saat itu rupanya beliau menginginkan berlama-lama dengan Aisyah r.a. Saat tiba hari giliranku, Allah mencabut nyawa beliau yang saat itu tengah berada dalam dekapan dadaku dan pangkuanku, lalu beliau dikebumikan di rumahku”. (HR. Bukhari)

Empat. Rasulullah Saw dimakamkan di kediaman Aisyah berdampingan dengan kedua sahabat dan khalifah beliau; Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. dan Umar bin Khattab r.a..

Lima. Wahyu turun dan Aisyah tengah membersamai Rasulullah Saw dalam selimut. Hal ini menunjukkan bahwa rumah Aisyah dilindungi oleh malaikat. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Nabi Saw berkata kepada istri beliau; Ummu Salamah r.a.:

يَا أُمَّ سَلَمَةَ لَا تُؤْذِينِي فِي عَائِشَةَ فَإِنَّهُ وَاللَّهِ مَا نَزَلَ عَلَيَّ الْوَحْيُ وَأَنَا فِي لِحَافِ امْرَأَةٍ مِنْكُنَّ غَيْرِهَا

“Wahai Ummu Salamah, janganlah kamu sakiti aku dalam masalah Aisyah. Karena demi Allah, tidak ada wahyu yang turun kepadaku saat aku dalam selimut seorang istri diantara kalian kecuali dia (Aisyah)”. (HR. Bukhari)

Enam. Aisyah adalah putri dari sahabat terdekat dan khalifah rasul yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a.

Tujuh. Allah Swt membebaskan Aisyah dari fitnah keji yang dilontarkan oleh orang-orang munafik. Allah Swt berfirman:

Baca Juga:  Fatwa Grand Syaikh Azhar Mengenai Perempuan

إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ وَالَّذِي تَوَلَّى كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya dan siapa di antara mereka yang mengambil bagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar. (An-Nur: 11)

Menurut al-Nawawi dalam Syarh Muslim-nya: pembebasan Aisyah dari fitnah yang ditujukan kepadanya merupakan pembebasan yang bersifat qath’i karena berdasarkan nash al-Quran, apabila ada orang yang meragukan hal tersebut maka ia telah kafir lagi murtad. Hal ini sebagaimana ijma’ para ulama.

Delapan. Aisyah diciptakan dalam rupa yang baik dan dari keturunan yang baik pula.

Sembilan. Allah Swt telah menjanjikan ampunan dan rezeki bagi Aisyah r.a. Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa ia adalah istri Rasulullah Saw baik di dunia maupun di akhirat.

هِيَ زَوْجَتُهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ يَعْنِي عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا

Ia adalah istri beliau (Rasulullah Saw) di dunia dan akhirat, yaitu Aisyah r.a.”. (HR. Tirmidzi)

Selain kesembilan keistimewaan yang sudah disebutkan di atas, ada keistimewaan lain yang dimiliki oleh Sayyidah Aisyah dan ini menjadi keistimewaan yang ke-10 yang ia miliki dan tak dimiliki perempuan lain.

Sepuluh. Aisyah adalah salah satu sahabat perempuan yang meriwayatkan hadis. Tak kurang dari 2210 yang Aisyah riwayatkan. Beliau menempati posisi keempat perawi paling banyak meriwayatkan hadis dari Rasulullah atau dari para sahabat senior lainnya. Kepakarannya dalam periwayatan hadis tidak diragukan, beliau juga tak segan mengoreksi hadis-hadis yang salah. (Baca: Kisah Aisyah Mengoreksi Hadis yang Diriwayatkan Ibnu Umar)

Baca Juga:  Cara Imam Ghazali Menjawab Pertanyaan Sulit tentang Ayat Alquran

Wallahu a’lam.

Rekomendasi

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Semangat Belajar Sayyidah Aisyah Semangat Belajar Sayyidah Aisyah

Semangat Belajar ala Sayyidah Aisyah

Aisyah Ketimpangan Gender Aisyah Ketimpangan Gender

Sayyidah Aisyah Kritisi Ketimpangan Gender dalam Hadis

rasulullah menikahi aisyah umur rasulullah menikahi aisyah umur

Benarkah Rasulullah Menikahi Aisyah di Bawah Umur?

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah. Penulis adalah alumnus Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidayatullah dan Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat

Komentari

Komentari

Terbaru

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect