Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Rasulullah SAW. Terjaga dari Segala Perbuatan Dosa

rasulullah terjaga perbuatan dosa
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Sebagaimana telah jelas dalam ayat-ayatnya, Allah SWT. menjaga para utusan-Nya dari segala kekafiran dan keraguan akan akidah Islam. Berikut Allah SWT. juga menyucikan mereka dari segala macam dosa, maksiat, yang termasuk di dalamnya upaya-upaya mereka yang tidak selaras dengan syariat-Nya. Macam dosa di sini mencakup dosa besar dan dosa kecil, baik sebelum maupun sesudah diutus menjadi nabi.

Demikianlah Rasulullah SAW. Bukan hanya terjaga dari segala perbuatan buruk, Rasulullah SAW. bahkan telah dijaga oleh Allah SWT. dari segala perbuatan dosa, hal yang mengarah pada kemaksiatan, serta dijauhkan dari segala macam godaan dan bisikan setan. 

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abdullah bin Mas’ud RA. berkata: Rasulullah SAW. bersabda,

“Tidak ada satu pun dari kalian kecuali telah dititipkan seorang kawan dari kalangan jin.” Lantas para sahabat bertanya, “Engkau pun demikian, wahai Rasulullah SAW.?” Beliau SAW. menjawab, “Iya. Aku pun demikian. Akan tetapi Allah SAW. menolongku dengan mengislamkan jinku sehingga dia tidak membisikkan kepadaku hal-hal buruk.”

Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW. menegaskan bahwa setiap manusia pasti dititipi seorang jin yang selalu membersamainya. Lantas jin inilah yang biasanya menggoda umat muslim, mengajak kepada kemaksiatan, serta berbisik mencegah mereka untuk melakukan kebaikan. Oleh karena hal tersebut, Allah SWT. dalam ayat-Nya berkali-kali memperingatkan umat muslim untuk senantiasa memerangi hawa nafsu dan tidak mengijabahi hasutan-hasutan setan.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi Rasulullah SAW.—sebagaimana beliau telah terjaga kesuciannya dari dari segala dosa dan keburukan. Jin yang membersamai Rasulullah SAW. telah diislamkan oleh Allah SWT. dan hanya membisikkan perkara-perkara mulia kepada beliau. 

Bagaimana mungkin sosok yang jin pengikutnya telah menjadi muslim dan hanya mengajak kepada kebaikan melakukan sebuah kemaksiatan? Bagaimana bisa sosok yang dadanya telah dibuka sewaktu kecil untuk diambil bagian hati yang kotor terjerumus ke dalam perbuatan dosa?

Seperti yang kita tahu, Rasulullah SAW. telah dijaga kesuciannya oleh Allah SWT. sejak beliau belum diangkat menjadi Nabi dan Rasul. Sedari kecil, beliau senantiasa dijauhkan Allah SWT. dari kemaksiatan dan dosa-dosa. Hal ini tentu telah didesain oleh Allah SWT. sebagai persiapan Rasulullah SAW., hingga nanti diangkat menjadi Nabi dan Rasul. 

Jika tidak demikian, yang terjadi adalah Rasulullah SAW. justru akan mendapat banyak serangan dari kaum musyrik. Mereka akan mencoba melontarkan tuduhan-tuduhan buruk kepada Rasulullah SAW. atas apa yang telah dilakukan sebelum menjadi Nabi. Andai saja di masa kecilnya beliau telah melakukan perbuatan dosa atau maksiat, maka kaum musyrik akan sibuk mencari-cari kesalahan beliau semasa kecil, dan menjadikannya sebuah hujjah seruan mereka bahwa Muhammad bukan utusan Tuhan. Kurang lebih mereka akan berteriak demikian,

“Wahai Muhammad! Bagaimana bisa kamu mengaku sebagai utusan Tuhan, padahal saat muda kamu pernah melakukan dosa ini, maksiat ini, dan kekejian ini.” Lantas mereka gunakan dalih tersebut untuk menyesatkan orang-orang di sekitarnya. Dan yang terjadi, akidah Islam tidak akan dapat diterima khalayak. Justru kekafiran yang akan tersebar. Sehingga kesucian Rasulullah SAW. sebelum diangkat sebagai nabi tersebut, merupakan hal penting yang menjadikan ajaran Islam dapat diterima seluas-luasnya di muka bumi. 

Adapun ayat-ayat dalam Alquran yang mengindikasikan adanya peringatan, kritik, maupun celaan Allah SWT. akan perbuatan atau perkataan Rasulullah SAW, dan tidak sesuai dengan keterangan di atas (tentang kesucian mereka), maka ayat-ayat tersebut sebenarnya tidak bermaksud demikian. Akan tetapi, lewat ayat-ayat tersebut Allah SWT. ingin menuntun dan membimbing Rasulullah SAW. menuju sesuatu yang lebih afdhal dan terjaga dari perbuatan dosa.

 

 

Rekomendasi

Tanzila Feby
Ditulis oleh

Tanzila Feby Nur Aini, mahasiswi Universitas al-Azhar, Kairo di jurusan Akidah dan Filsafat. MediaI sosial yang bisa dihubugi: Instagram @tanzilfeby.

Komentari

Komentari

Terbaru

relasi Syekh Yusuf Al-Qardhawi relasi Syekh Yusuf Al-Qardhawi

Relasi Muslim dan Non Muslim Menurut Syekh Yusuf Al-Qardhawi

Kajian

doa anak alquran orang doa anak alquran orang

5 Doa untuk Anak dari Alquran yang Bisa Dibaca oleh Orang Tua

Ibadah

menuntut pidana suami selingkuh menuntut pidana suami selingkuh

Bisakah Istri Menuntut Pidana pada Suami yang Selingkuh?

Kajian

demokrasi adalah ajaran islam demokrasi adalah ajaran islam

Benarkah Demokrasi Adalah Ajaran Islam?

Kajian

perbedaan agama penghalang warisan perbedaan agama penghalang warisan

Benarkah Perbedaan Agama Menjadi Penghalang Seseorang Mendapatkan Warisan ?

Kajian

sahabat memutuskan hukum nabi sahabat memutuskan hukum nabi

Bagaimana Para Sahabat Memutuskan Suatu Hukum Pasca Wafat Nabi Muhammad?

Kajian

relasi Syekh Yusuf Al-Qardhawi relasi Syekh Yusuf Al-Qardhawi

Metode Fatwa Yusuf Al-Qaradawi; Ulama yang Sering Jadi Rujukan Muslim Indonesia

Khazanah

mahsa amini iran jilbab mahsa amini iran jilbab

Mahsa Amini; Simbol Perlawanan Perempuan Iran atas Pemaksaan Jilbab

Muslimah Talk

Trending

Mahmud Sami Al-Barudi puisi Mahmud Sami Al-Barudi puisi

Mahmud Sami Al-Barudi: Pesan-pesan Zuhud Tersirat dalam Puisi

Khazanah

suami istri tersangka adopsi suami istri tersangka adopsi

Viral Suami Istri Jadi Tersangka Karena Adopsi Anak Sahabat; Begini Cara dan Prosedur Legal Adopsi Anak

Kajian

Menerima asi non muslim Menerima asi non muslim

Hukum Menerima Donor ASI Untuk Bayi dari Perempuan Non Muslim

Kajian

keluar mani mandi wajib keluar mani mandi wajib

Sperma Suci, Kenapa Keluar Air Mani Wajib Mandi?

Kajian

Rahasia Laut dalam Al-Qur’an Rahasia Laut dalam Al-Qur’an

Rahasia Laut dalam Al-Qur’an

Kajian

perbedaan agama penghalang warisan perbedaan agama penghalang warisan

Benarkah Perbedaan Agama Menjadi Penghalang Seseorang Mendapatkan Warisan ?

Kajian

pencegahan bunuh diri sedunia pencegahan bunuh diri sedunia

Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia, Simak Nasihat Syekh Musthafa al-Ghalayain untuk Optimis Menghadapi Hidup

Kajian

mahsa amini iran jilbab mahsa amini iran jilbab

Mahsa Amini; Simbol Perlawanan Perempuan Iran atas Pemaksaan Jilbab

Muslimah Talk

Connect