Ikuti Kami

Kajian

Kisah Ibnu Rusyd yang Pernah Ditolong oleh Yahudi

ibnu rusyd metode berfilsafat
Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Berikut kisah Ibnu Rusyd yang pernah ditolong oleh Yahudi. Sosok Ibnu Rusyd merupakan seorang yang berpikiran terbuka. Itu tak terlepas dari dirinya yang merupakan seorang filsuf kebanggaan Andalusia.

Kejayaan Islam yang sampai hari ini diceritakan oleh para pakar sejarah adalah perkembangan Islam di Andalusia. Bagi sebagian orang, periode Islam di Andalusia mengalami masa keemasan. Hal ini karena ditopang dengan kemajuan pengetahuan yang cukup pesat dengan kondisi pendidikan tinggi yang juga bagus.

Dilihat dari keberadaan pendidikan tinggi, terdapat 17 buah perpustakaan dan salah satunya memiliki 100.000 buah buku. Berdasarkan latar belakang mahasiswa, seperti Islam, Kristen dan Yahudi, banyak berdatangan ke Spanyol untuk belajar di pendidikan tinggi itu.

Semua berlomba-lomba untuk bisa mengenyam pendidikan di Spanyol. Hubungan antara muslim dan Kristen menjadi faktor ketenaran perkembangan Islam di Andalusia (Nur Dinah Fauziah, Peradaban Islam Di Andalusia (Spanyol) “Al-‘Adalah: Jurnal Syariah dan Hukum Islam,” Vol. 1, No.1. Thn. 2016).

Perkembangan Islam di Spanyol, terjadi pada masa khalifah al-Walid, yakni dari bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Perkembangan Islam di Andalusia, terbagi menjadi enam periode. Pertama, masa khalifah al-Walid, selanjutnya periode ke-amiran (panglima tertinggi bergelar Amir).

Amir pertama adalah Abdurrahman ad-Dakhil yang masuk ke Andalusia, periode ini yang menunjukkan kejayaan umat Islam di Andalusia. Pada periode selanjutnya, muslim di Andalusia terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil di bawah pemerintahan raja-raja, golongan atau Muluk al thawaif.

Setelah periode itu, dilanjutkan oleh kekuatan dari muslim Afrika Utara, yakni dinasti Murahbithun dan alMuwahidun.  Perlu diketahui pula bahwa, proses penaklukan Islam di Spanyol, terdapat beberapa tentara Islam yang berperan dalam penaklukan itu, diantaranya: Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan musa ibn Nushair.

Baca Juga:  Opini: Kebebasan Berekspresi dan Respek pada Agama, Adakah Jalan Tengah?

Pada periode dinasti almuwahidun, tokoh yang masyhur dalam sejarah perkembangan pemikir atau cendekiawan muslim adalah Ibnu Rusyd. Ia dikenal dengan nama Averroes, atau Abu al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd.

Perjalanan intelektual Ibnu Rusyd sebagai seorang pemikir yang dikenal oleh negara Barat, terbagi menjadi beberapa periode: Pertama, tahun 1176, Ibnu Rusyd menulis komentar-komentar pendek dan menengah dari karya Aristoteles.

Kedua, antara tahun 1177 hingga 1190, ia menulis karya hasil pemikirannya. Ketiga, periode ketika menjadi dokter istana hingga akhir hidupnya. Buah pemikirannya yakni komentar tentang pemikiran Aristoteles.

Karena pemikirannya itu, Ibnu Rusyd pernah diasingkan atau dibuang, Dalam masa pembuangan itu, ia justru disambut oleh murid-muridnya yang merupakan seorang Yahudi, yakni Maimonides.

Di fase itu pula, banyak sekali orang Yahudi belajar kepada Ibn Rusyd. Dalam proses pengasingan itu, Ibn Rusyd justru fokus terhadap pengembangan dirinya.

Buktinya, ia telah menghasilkan 78 unit buku, yang terdiri dari 28 unit buku filsafat, 20 unit buku medis, 5 unit buku teologi, 8 unit buku mengenai hukum, 4 unit buku astronomi, 2 unit buku sastra serta 11 unit buku di bidang lain. Ibn Rusyd wafat pada 9 Desember 1198 (Ahmad Al-Usairy, At-Tarikh al-Islamiy, terj. Samson Rahman, Sejarah Islam, ( Jakarta: Akbar Media, 2003).

Diantara beberapa karya Ibnu Rusyd, yakni: Bidayatul Mujtahid dalam bidang fikih, Mukhtashar Musthafa dalam bidang Usul Fikih, Syarah Urjuzah ibnu Sina dalam bidang kedokteran, Kulliyat dalam bidang kedokteran, al-Muqaddimat dalam bidang Fikih, al-Hayawan, Jawami’kutub Aristoteles, Syarah kitab an-Nafs, Talkhis al-Illahiyyat li Nocholas, al-ManthiqTalkhish ma ba’da ath-Thabi’ah li AristoTalkhisul Istiqshat li Jalinus, Tahafutut Tahafut, dll.

Ketenaran Ibnu Rusyd menjadi Pelepas dahaga bagi semua umat. Sebab ia memberikan kebermanfaatan tidak hanya kepada umat muslim, melainkan semua agama bisa mengenyam pengetahuan kepadanya.

Baca Juga:  Beberapa Perempuan yang Disebut dalam Alquran

Di samping itu, relasi yang terbangun antara hubungan muslim dan non-muslim. Ketenaran ilmu pengetahuan, melalui Ibnu Rusyd, sebagai cendekiawan muslim, dipengaruhi oleh non-muslim.

Dari sini, justru kita melihat adanya simbiosis mutualisme yang terjalin antara Ibnu Rusyd dan para pengikutnya. Mereka mendapatkan pengetahuan dengan kekayaan pemikiran yang dimiliki oleh Ibnu Rusyd.

Sedangkan Ibn Rusyd, mendapatkan perlindungan atas pengasingan tersebut. Ini juga berarti catatan kepada para penerusnya seperti kita bahwa, belajar kepada orang lain, tidak perlu melihat latar belakang agama.

Akan tetapi, melihat kemampuan yang dimiliki oleh orang tersebut. Dengan demikian, ego kelompok berdasarkan identitas agama, tidak perlu menjadi alasan rusaknya hubungan dengan orang lain.

Demikian Kisah Ibnu Rusyd yang pernah ditolong oleh Yahudi.

Tulisan ini pernah dimuat di Bincangsyariah.com.

Rekomendasi

Mencintai Saudara Sesama Muslim Mencintai Saudara Sesama Muslim

Pelajaran dari Kaum Anshar: Mencintai Saudara Sesama Muslim

Menjawab Salam Agama Lain Menjawab Salam Agama Lain

Haruskah Menjawab Salam dari Pemeluk Agama Lain?

Pembangunan Ibadah Agama Lain Pembangunan Ibadah Agama Lain

Nabi Pernah Memerintahkan Sahabat untuk Membantu Pembangunan Rumah Ibadah Agama Lain

tetangga beda agama meninggal tetangga beda agama meninggal

Bagaimana Sikap Seorang Muslim Jika Ada Tetangga Beda Agama yang Meninggal?

Ditulis oleh

Mahasiswi Universitas Gajah Mada yang berasal dari Sampang, Madura. Saat ini tergabung dalam Komunitas Puan Menulis

2 Komentar

2 Comments

Komentari

Terbaru

menggabungkan kurban dengan akikah menggabungkan kurban dengan akikah

Menggabungkan Kurban dengan Akikah, Bolehkah dalam Fikih? 

Kajian

Sunnah Menyembelih Hewan Kurban Sunnah Menyembelih Hewan Kurban

9 Sunnah Ketika Menyembelih Hewan Kurban

Kajian

Doa Menyembelih Hewan Kurban Doa Menyembelih Hewan Kurban

Doa Menyembelih Hewan Kurban untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Ibadah

Kemuliaan dan Amalan Hari Arafah Kemuliaan dan Amalan Hari Arafah

Kemuliaan dan Amalan Hari Arafah

Ibadah

Makna Simbolis Wukuf Arafah Makna Simbolis Wukuf Arafah

Makna Simbolis Wukuf di Arafah

Kajian

Biografi Siti Suryani Thahir Biografi Siti Suryani Thahir

Biografi Siti Suryani Thahir: Perintis Majelis Taklim Jakarta

Muslimah Talk

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

Kajian

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Ibadah

Trending

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

keutamaan puasa dzulhijjah keutamaan puasa dzulhijjah

Keutamaan Puasa di Awal Bulan Dzulhijjah

Ibadah

Aksi Sosial Ibu Masyarakat Aksi Sosial Ibu Masyarakat

Betapa Hebatnya Aksi Sosial Ibu-ibu di Masyarakat

Muslimah Talk

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Connect