Ikuti Kami

Kajian

Peran PPRI dalam Mempertahankan Kemerdekaan

mempertahankan kemerdekaan

BincangMuslimah.Com – Berbicara hari pahlawan takkan lepas dari pertempuran Surabaya. Kala itu, di Surabaya tak hanya laki-laki. Perempuan ikut bergerak dan berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dipimpin Lukitaningsih, mereka membentuk Gabungan Pemuda Putri Surabaya.

Sebagaimana yang ditulis dalam buku Pertempuran Surabaya, mereka menetapkan program mereka antara lain membentuk laskar wanita dan mengadakan dapur umum. Berawal dari anggota 30 orang, terdiri dari kawan-kawan Lukita di Josyi Syuisintai (barisan pelopor putri) di zaman Jepang. Kemudian organisasi ini berkembang dan bergabung dengan PRI.

Namanya kemudian diubah menjadi Pemuda Putri Republik Indonesia (PPRI), sebagaimana yang ditulis dalam buku Pertempuran Surabaya. PRI kala itu dipimpin oleh Soemarsono. PPRI semakin meluas. Pada 23 Oktober 1945, terbentuk PPRI keturunan Arab di Nyamplungan. Kekuatannya mencapai  150 orang yang dipimpin oleh Ny. Kalsum. Kemudian di lingkungan Pusat PRI Utara dibentuk pula cabang PPRI di Jl. Kepanjen, 28 Oktober 1945. Pimpinannya, S.E. Sjioen.

Rencananya, organisasi perempuan Surabaya ini akan mendapat pelatihan pada 5 November. Pada tanggal 22 Oktober 1945, diadakan pemanggilan terhadap pemuda pemudi yang berhasrat “di dalam pembelaan” sesuai dengan program semula. Ternyata penggilan tersebut mendapat sambutan yang antusias dari 250 pemudi. Mereka dilatih dan diasramakan, sebelumnya kesehatan mereka diperiksa.

Pembukaan latihan dilakukan pada tanggal 5 November 1945 dan diikuti oleh 200 pemudi. Latihan ini batal dilaksanakan karena meletus pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Sebelum itu sebagian besar anggota PPRI telah diberi pelatihan P3K oleh dr. M. Sutopo dan istrinya, sesudah itu mereka langsung bertugas. (Suara Rakyat, 5 November 1945).

Pertempuran Surabaya merupakan pengalaman pertama bagi para anggota organisasi PPRI untuk terjun ke medan pertempuran. Ketika meletus pertempuran 10 November 1945 nama PPRI sudah resmi terbentuk. Pada saat itu, secara spontan PPRI membentuk tenaga Palang Merah Khusus dan selanjutnya menjadi Palang Merah tentara untuk membantu  mengurus korban dalam pertempuran dari garis depan, diangkut ke pos-pos Palang Merah atau ke Rumah Sakit terdekat. Oleh karena waktu itu belum ada prajurit kesehatan, maka PPRI pimpinan Lukitaningsih inilah yang mengemban tugas tersebut.

Baca Juga:  Nyai Djuaesih, Perintis Muslimat NU

Kebanyakan tugas PPRI berkaitan dengan kegiatan lain, seperti dapur umum, Palang Merah, membagi makanan yang dapat diambil dari kampung-kampung, maupun sumbangan yang diterima dari luar kota, untuk diteruskan kepada pejuang di garis depan daerah pertempuran. Selain itu, mereka juga bertugas sebagai pengintai bahkan menggerakkan sabotase terhadap musuh.

Sementara itu, dapur umum induk ada di Jalan Pregolan yang tidak jauh dari Markas BKR kaliasin. Dapur umum ini aktif bekerja, tenaganya antara lain R.S. Supandhan, Sudjono, Musaleh, Subekti, Suhari. Dapur umum ini melayani hampir seluruh kota dalam bentuk bahan mentah dan makanan matang sesuai dengan sktuktur BKR di semua kawasan kota yang menjadi tanggung jawabnya.

Selain itu, masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan secara pribadi maupun kelompok. Seperti halnya kelompok Dariyah dan Murtinah yang pada waktu pertempuran Surabaya mempunyai kegiatan sendiri dalam membantu para pejuang. Dariyah, pada waktu itu dia lebih dikenal sebagai Bu Mortir, karena atau susur suginya yang tak lepas bertengger di mulut yang menjadi ciri khasnya. Kalau dia sedang geregetan, maka dilemparkannya susur tersebut seperti mortir.

Inisiatif untuk menyelenggarakan dapur umum antara lain datang dari Dariyah ini, ia mendatangi Doel Arnowo sebagai ketua KNI untuk minta izin mendapatkan beras yang disimpan di gudang Kalimas. Setelah mendapat bantuan dari Polisi Istimewa, Bu Dar mulai mendirikan Dapur Umum Ngemplak Gentengkali. Suasana dapur umum itu terasa sangat akrab dan selalu gembira, sekalipun tidak saling mengenal sebelumnya. Ibu-ibu dibantu oleh pemudipemudi secara suka rela. Mereka menyumbangkan tenaga secara bergilir memasak dan membagikan.

Selain membuat dapur umum, rakyat secara suka rela menyediakan makanan, minuman, bahkan rokok di setiap tempat disetiap gang. Pemuda atau pasukan yang akan berangkat bertempur atau pulang dari medan juang, mendapatkan makan dan minum dimana saja. Namun kegitan spontan ini tidak logistik dapat bertahan lama. (Kedaulatan Rakyat, 28 November 1945).

Baca Juga:  Hukum Ziarah ke Makam Pahlawan

Terutama setelah pecah peristiwa 10 November, keadaan semakin gawat sehingga cara gotong royong khas Surabaya ini tidak mungkin dilanjutkan. Meskipun demikian, pimpinan Pertahanan Kota tetap berusaha untuk mempertahankan sistem dapur, karena manfaatnya sangat besar dalam pemeliharaan moral para pejuang. Pada sekitar Pregolan, dapur umum terus diselenggarakan. Peranan pemudi yang sempat dilatih dalam waktu singkat yang berjumlah 150 orang, ditengah-tengah pertempuran sungguh berarti. Kiriman makanan dari luar daerah atas anjuran Bung Tomo sempat disampaikan ke front-front terdepan.

Hadir PRRI sangat  membantu pasukan pemerintah pada saat perang kemerdekaan pada tahun 1945. Mereka dengan gigih membantu para pasukan dan laskar perjuangan baik dari belakang garis pertempuran maupun dari dari depan garis pertempuran. Mereka bekerja dengan fleksibel, mulai dari mendirikan dapur-dapur umum, membantu palang merah untuk merawat para prajurit yang terluka, membantu pengungsian, serta menjadi kurir informasi bagi pejuang.

Namun setelah perang berakhir pada tahun 1946, PRRI dilebur dalam suara organisasi yang lebih besar bernama Kowani dan mulai bergerak di ranah politis di bawah naungan pemerintah Indonesia.

Rekomendasi

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Syarifah Latifah Syarifah Latifah

Syarifah Latifah: Inisiator Pendidikan Perempuan di Kesultanan Siak

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Teungku Fakinah, Ulama Perempuan Tanah Rencong

Peran Perempuan Pertempuran Surabaya Peran Perempuan Pertempuran Surabaya

Peran Besar Perempuan di Pertempuran Surabaya

Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

Komentari

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect