Ikuti Kami

Kajian

Beberapa Perempuan yang Disebut dalam Alquran

beberapa perempuan disebut alquran
pinterest.com

BincangMuslimah.Com – Allah Swt. menciptakan manusia dalam dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan. Terdapat beberapa perempuan yang disebutkan dalam Alquran. Para perempuan ini memiliki pengaruh yang sangat besar dalam sejarah peradaban di antaranya Asiyah dan siti Hawa. Berikut nama-nama perempuan yang disebut dalam Alquran beserta kisahnya.

Maryam binti Imran

Maryam merupakan keturunan Imran, salah satu keluarga terbaik yang pernah ada dalam sejarah kehidupan manusia. Kemuliaan Maryam diabadikan dalam Alquran surat Ali-Imran ayat 42.

وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَى نِسَاءِ الْعَالَمِينَ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika para malaikat berkata, “Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah telah memilihmu, menyucikanmu, dan melebihkanmu di atas segala perempuan di seluruh alam (pada masa itu). (QS. Ali-Imran: 42)

Syekh Nawawi al-Bantani dalam karyanya, Tafsir Mar’ah Labid menjelaskan bahwa ayat di atas menggambarkan kepribadian Maryam yang dikatakan oleh Malaikat Jibril, bahwa beliau adalah wanita yang taat dalam beribadah, memiliki sifat lemah-lembut, terbebas dari akhlak tercela serta gangguan para lelaki.

Dari sanalah, nama beliau dicatat sebagai wanita yang mulia di sisi Allah Swt. bahkan dalam Shahih Bukhari diriwayatkan dari Ali Bin Abi Thalib bahwa Rasulullah bersada, “Sebaik-baik wanita adalah Maryam dan Siti Khadijah”. Dari rahim Maryam kemudian lahirlah Nabi Isa a.s.

Ratu Bilqis

Ratu Bilqis atau Ratu Syeba adalah sosok pemimpin wanita yang tangguh (QS. Al-Naml, ayat: 23). Hal ini digambarkan dari kondisi kerajaan dan masyarakat yang di pimpinnya, mereka semua hidup makmur dan sejahtera. Keterangan ini dijelaskan dalam Tafsir Ibnu Katsir, bahwa negeri Saba Allah sebutkan dalam Alquran sebagai negeri yang “Baldatun tayyibatun wa rabbun ghofur” yaitu negeri yang makmur dan mendapatkan ampunan dari Tuhan.

Baca Juga:  Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Maula Sari dalam Tulisannya yang berjudul Tafsir QS. Al-Naml Ayat 23 memberikan catatan bahwa Ratu Bilqis dan rakyatnya tidak menutup dirinya dengan kebenaran dakwah yang dibawa oleh Nabi Sulaiman. Hal ini menunjukkan bahwa ia adalah sosok pemimpin yang mengantarkan rakyatnya menuju jalan kebenaran agar menyembah Allah Swt.

Asiyah Binti Muhazim dan Siti Hawa

Satu dari sekian perempuan yang disinggung oleh Alquran adalah Asiyah Bint Muhazim, wanita ini tidak disebutkan namanya secara implisit oleh Alquran, hanya menggunakan ungkapan “Istri Fir’aun” (QS. Al-Qashash: ayat 9, QS. Al-Tahrim, ayat: 11). Asiyah adalah salah satu wanita yang dijanjikan surga oleh Allah Swt. sebagaimana dalam riwayat Aisyah r.a. Bahwa, “Pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam binti Imran, Fatimah Binti Rasulullah, Khadijah Binti Khuwailid, dan Asiyah”. (HR. Muslim)

Mengapa Asiyah menjadi perempuan yang disinggung dalam Alquran dan dijamin masuk surga? Dalam satu riwayat disebutkan bahwa Asiyah adalah sosok perempuan yang sangat setia, terutama terhadap ajaran yang dibawa oleh Nabi Musa As. Meskipun ia menjadi istri Fir’aun. Bahkan sampai ia wafat karena disiksa oleh Fir’aun yang memaksa Asiyah untuk mengakui Fir’aun sebagai Tuhan.

Perempuan yang disinggung dalam Alquran selain Asiyah adalah Siti Hawa (QS. Al-Nisa, ayat: 1). Beliau adalah sosok yang sangat setia menemani Nabi Adam a.s saat mereka merasakan kebahagian ketika mereka berada di surga hingga merasakan penderitaan saat mereka diturunkan ke muka Bumi oleh Allah Swt.

Selepas diusir dari surga, Nabi Adam As. (QS. Al-A’raf, ayat: 18) terpisah dengan Siti Hawa, terdapat perbedaan riwayat terkait daerah diturunkannya Adam dan Hawa. Dalam sebuah riwayat Ibnu Haitam dari Al-Saddi, ia berkata Adam turun di India, sedangkan Hawa di Jeddah. Dalam waktu yang lama mereka akhirnya dipertemukan kembali di Jabal Rahmah (bukit cinta) yang berada di padang Arafah. Akhirnya mereka berdua hidup bahagia dengan dikaruniai keturunan yang banyak.

Baca Juga:  Kisah Perempuan yang Hanya Berbicara dengan al-Qur'an

Istri Nabi Nuh dan Istri Nabi Luth

Dalam tafsir Al-Qurthubi disebutkan bahwa Istri Nabi Nuh bernama Walihah, sedangkan Istri Luth bernama Wali’ah. (Al-Qurthubi, Al-Jami’ li ahkamil Qur’an, juz 5 hal. 298)

Istri Nabi Luth dan Nabi Nuh ini, melakukan pengkhianatan terhadap agama. Dikisahkan bahwa istri Nabi Luth menyerukan maksiat kepada para tamu Nabi Luth, sedangkan Istri Nabi Nuh menyebarkan propaganda kepada masyarakat bahwa suaminya gila. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa mereka adalah dua orang yang munafik, di depan suaminya bersikap baik tetapi di belakang suaminya mereka menyebarkan fitnah, selain mengkhianati Nabi Luth dan Nabi Nuh, mereka juga mengkhianati Allah Swt.

Dari kisah beberapa perempuan yang disebut dalam Alquran, kita dapat mengambil ibrah (pelajaran) sebagaimana dijelaskan dalam QS. Yusuf ayat 111

لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِأُولِي الْأَلْبَابِ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَى وَلَكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (QS. Yusuf: 111)

Wallahua’lam Bis Shawab…..

Rekomendasi

Serba-serbi Makna Cantik Serba-serbi Makna Cantik

Serba-serbi Makna Cantik Kisah Perempuan Muslim

sayyidah asiyah teladan keimanan sayyidah asiyah teladan keimanan

Sayyidah Asiyah; Teladan dalam Keimanan

sebelas perkara membatalkan shalat sebelas perkara membatalkan shalat

Kriteria-kriteria Perempuan Ideal dalam Al-Qur’an

Kisah Perempuan yang Hanya Berbicara dengan al-Qur’an

Ditulis oleh

Santri Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuwangi Jawa Timur

Komentari

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect