Ikuti Kami

Kajian

Benarkah Perempuan Menjadi Sumber Fitnah?

Konsep dan Batasan Tabarruj dalam Islam
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com –  Perempuan kerap kali dianggap menjadi sumber fitnah. Narasi itu sering diucapkan orang tertentu untuk mendeskreditkan perempuan. Untuk mendukung wacana ini, di ketengahkan teks-teks agama, berupa hadis Nabi. Mengutip gagasan feminisme Islam, Fatimah Mernissi, menyebutkan sebagai misoginis perempuan. Teks misoginis itu untuk menancapkan cakar pandangan bahwa perempuan adalah sumber pelbagai masalah.

Pendapat itu dituturkan oleh Lies Marcoes, aktivis perempuan dan juga pejuan Islam dan gender dalam acara launching buku berjudul Perempuan (bukan) Sumber Fitnah, karya Kyai Faqihuddin Abdul Kodir. Dalam kesempatan itu juga, Lies memberikan apresiasi terkait lahirnya buku tersebut. “Metode yang ditawarkan Fakih (penulis), pembacaan perempuan sebagai subjek,” katanya, Rabu, (01/9).

Nur Rofiah, akademisi dan tokoh perempuan muslim Indonesia menilai bahwa akar ketidakadilan terhadap perempuan itu berakar dari cara pandang yang salah pada perempuan. Cara pandang itu melihat perempuan sebagai sumber fitnah. Sehingga apapun yang dilakukan perempuan dianggap sebagai fitnah. “Perempuan serba salah, termasuk korban perkosaan, dan korban pemukulan suami. Itu semua salah perempuan,” katanya, dalam apresiasi atas launching buku Perempuan (Bukan) Sumber Fitnah yang diterbitkan oleh Penerbit Afkaruna.

Padahal faktanya, pelbagai ayat Al-Qur’an menjelaskan bahwa derajat manusia sama di hadapan Allah. Persamaan sebagai manusia; laki dan perempuan. Perempuan seutuhnya seperti halnya juga laki laki. Tak ada perbedaan antara pria dan perempuan. Semuanya jadi subjek. Adapun perbedaan itu hanya dalam biologis semata.  “Laki dan perempuan sumber fitnah juga. Dan sumber anugerah,” katanya.

Cendikiawan Muslim dan Founder Ngaji Ihya Online, Kyai Ulil Abshar Abdalla melihat fenomena perempuan dianggap menjadi sumber fitnah sudah lama berkembang di masyarakat Indonesia. Perempuan pihak yang selalu disalahkan. Tubuh perempuan adalah sumber fitnah. Suara perempuan adalah fitnah juga.

Baca Juga:  Adakah Seorang Nabi dari Kalangan Perempuan?

Kendati demikian, dalam beberapa dekade terakhir pandangan sinis terhadap perempuan sudah mulai berubah di kalangan pesantren klasik. Kran pemikiran perempuan sudah mulai terbuka. Peran perempuan pun kian mewarnai khazanah pesantren klasik.

Sayangnya, fenomena mendiskreditkan perempuan justru sebaliknya— berkembang di muslim kota—, ada  gerakan ke arah sebaliknya. ”Justru yang tradisional berkembang, yang muslim kota kembali ke awal. Yakni menganggap perempuan sumber fitnah,” katanya. Tentu ini menjadi semacam tantangan dalam kajian dan gerakan femenisme ke depan.

Hadir juga sebagai narasumber Akademisi dan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, UIN Sunan Kalijaga, Inayah Rohmaniyah menilai pendekatan metodologi mubadalah yang dilakukan penulis buku (Fakihuddin Abdul Kodir) memberikan celah baru dalam kajian gender di perguruan tinggi. “Mubadalah merupakan metodologi yang praktis yang bisa jadi alternatif pendekatan studi Islam kontemporer,” tuturnya dalam zoom yang dihadiri lebih dari 800 perserta.

Sakdiyah Makruf  yang merupakan Stand Up Komedi perempuan berjilbab pertama di Indonesia mengatakan buku ini sejatinya adalah harapan orang muda dari berbagai kalangan. Sebagai Komika yang berkecimpung di dunia komedi—yang menyuarakan keadilan gender bagi perempuan—, ia menilai buku ini layak menjadi sumber referensi. “Ini bakalan jadi referensi saya, kyai,” tuturnya.

Terakhir, KH. Husein Muhammad menuturkan sosok Faqihuddin Abdul Kodir merupakan murid beliau yang sangat pintar. Ia seorang yang menguasai pelbagai bahasa asing, terutama Arab dan Inggris. Sehingga ia mampu menguasai khazanah keilmuwan yang mempuni. Terlebih metodologi Mubadalah yang ia tawarkan. “Mubadalah adalah metode masa depan yang menjanjikan bagi peneliti-peneliti ilmu keislaman. Saya melihat mubadalah the golden rule” puji beliau.

Lebih lanjut, KH Husein juga menilai bahwa yang jadi fitnah bukan saja perempuan. Dan laki-laki juga menjadi fitnah bagi perempuan. Daya tarik itu bisa lahir dari mana pun. Bisa dari laki-laki  ke perempuan. Atau sebaliknya, juga bisa dari perempuan  ke laki-laki. “Semua bisa sebagai sumber fitnah,” katanya.

Baca Juga:  Menyikapi Cairan Kuning yang Keluar Setelah Haid

Kyai Faqihuddin Abdul Kodir sebagai penulis buku mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas sambutan hangat dari para hadirin yang hadir. Ia menyebutkan buku ini lahir berkat dorongan dan sokongan pelbagai kolega beliau. Ia juga melanjutkan, metodologi qira’ah mubadalah ini terbilang awal, butuh kajian lanjutan. “Metode mubadalah bila diteruskan dalam kajian fikih misalnya, akan relevan dengan konteks zaman , baik itu relasi gender dan sosial,” tutupnya.

*Tulisan ini pernah diterbitkan di Bincangsyariah.com

Rekomendasi

Pray the Devil Back Pray the Devil Back

Pray the Devil Back to Hell, Cerita Powerfull Perempuan Mengusung Perdamaian

Perempuan Pelaku Fitnah Pertama Perempuan Pelaku Fitnah Pertama

Kajian Hadis: Perempuan Pelaku Fitnah Pertama

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Ditulis oleh

Redaksi bincangmuslimah.com

7 Komentar

7 Comments

Komentari

Terbaru

Surah ar-Ra’du Ayat 28: Menjaga kesehatan Mental dengan Berzikir Surah ar-Ra’du Ayat 28: Menjaga kesehatan Mental dengan Berzikir

Surah al-Ra’du Ayat 28: Menjaga kesehatan Mental dengan Berzikir

Muslimah Daily

Dua Pendapat Imam As-Syafi’i Mengenai Air Musta’mal Dua Pendapat Imam As-Syafi’i Mengenai Air Musta’mal

Dua Pendapat Imam As-Syafi’i Mengenai Air Musta’mal

Ibadah

Sekjen IIFA: Syariat Islam Terbentuk Dari Fondasi Kemaslahatan Sekjen IIFA: Syariat Islam Terbentuk Dari Fondasi Kemaslahatan

Sekjen IIFA: Syariat Islam Terbentuk Dari Fondasi Kemaslahatan

Berita

Prof. Dr. Nasaruddin Umar: Syariah Bukan fenomena Agama Tetapi Fenomena Ekonomi Juga Prof. Dr. Nasaruddin Umar: Syariah Bukan fenomena Agama Tetapi Fenomena Ekonomi Juga

Prof. Dr. Nasaruddin Umar: Syariah Bukan fenomena Agama Tetapi Fenomena Ekonomi Juga

Berita

Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A. : SHARIF 2024 Membahas Prinsip Syariah yang inklusif Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A. : SHARIF 2024 Membahas Prinsip Syariah yang inklusif

Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, M.A. : SHARIF 2024 Membahas Prinsip Syariah yang inklusif

Berita

Apakah Komentar Seksis Termasuk Pelecehan Seksual?

Diari

Jangan Insecure, Mari Bersyukur

Muslimah Daily

Pentingnya Self Love Bagi Perempuan Muslim

Diari

Trending

Jangan Insecure, Mari Bersyukur

Muslimah Daily

anjuran menghadapi istri haid anjuran menghadapi istri haid

Haid Tidak Stabil, Bagaimana Cara Menghitung Masa Suci dan Masa Haid?

Ibadah

Siapa yang Paling Berhak Memasukkan Jenazah Perempuan Ke Kuburnya?

Ibadah

keadaan dibolehkan memandang perempuan keadaan dibolehkan memandang perempuan

Adab Perempuan Ketika Berbicara dengan Laki-Laki

Kajian

Pentingnya Self Love Bagi Perempuan Muslim

Diari

Sya’wanah al-Ubullah: Perempuan yang Gemar Menangis Karena Allah

Muslimah Talk

anak yatim ayah tiri luqman hakim mengasuh dan mendidik anak anak yatim ayah tiri luqman hakim mengasuh dan mendidik anak

Hukum Orangtua Menyakiti Hati Anak

Keluarga

ayat landasan mendiskriminasi perempuan ayat landasan mendiskriminasi perempuan

Manfaat Membaca Surat Al-Waqiah Setiap Hari

Ibadah

Connect